Sejarah

Ilmu Sejarah UNAIR (Rizal)

Ilmu Sejarah UNAIR (Rizal)

Hallo, perkenalkan saya Rizal Djati Dwisepta, jurusan Ilmu Sejarah UNAIR, Angkatan 2018. Pada kali ini saya akan memberikan informasi mengenai jurusan Ilmu Sejarah yang ada di Universitas Airlangga. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Apa yang di pelajari di Ilmu Sejarah UNAIR?

Jurusan Ilmu Sejarah memang jurusan pilihan terakhir bagi para pejuang PTN yang tidak diterima dijurusan favorit dan bergengsi khususnya rumpun Soshum. Namun, jangan salah jika kita berkuliah di jurusan Ilmu Sejarah dapat mempelajari ilmu dari berbagai aspek di jurusan yang lainnya. Pada dasarnya semua ilmu pasti punya sejarahnya masing-masing. Peran sejarah merupakan suatu kunci ilmu utama yang harus dipelajari. Dalam jurusan Ilmu Sejarah Unair banyak sekali pembelajaran, tidak hanya tatap muka saja. Akan tetapi kita bisa mempraktikan secara langsung dengan mengunjungi situs-situs bersejarah. Seperti mengunjungi candi, museum, dan monumen.

Pembelajaran di lapangan dilakukan pada semester 2 hingga 4  dengan mata kuliah yang beragam. Perlu kita ketahui di jurusan Ilmu Sejarah Unair memiliki fasilitas museum sendiri yang bernama Museum Sejarah dan Budaya. Terletak di lantai 2 Fakultas Ilmu Budaya, Kampus B Unair. Jadi jangan salah bahwa mempelajari Ilmu Sejarah tidak hanya fokus mengarah kajian masa lalu melalui buku-buku bacaan saja. Namun bisa juga meluangkan waktu untuk travelling ke tempat-tempat bersejarah yang menambah ilmu serta pengalaman.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Selain itu, banyak anggapan orang lain bahwa kuliah di jurusan Ilmu Sejarah bakal lulusnya lama? Anggapan itu sama sekali tidak benar. Banyak tuh alumni dari Ilmu Sejarah Unair yang lulus tepat waktu, tergantung masing-masing individu juga.  Kalau kita kuliah di Ilmu Sejarah ingin lulus tepat waktu saatnya belajar bersungguh-sungguh dari semester awal hingga akhir. Ketika kita sudah belajar bersungguh-sungguh, menyukai sejarah sesuai dengan passionnya masing-masing, nanti akan lancar sampai sidang skripsi.  Banyak juga mahasiswa Ilmu Sejarah Unair yang berprestasi sesuai passionnya masing-masing. Bahkan sampai ke negara lain untuk mengikuti lomba ataupun konferensi internasional. Ada juga beberapa dosen Ilmu Sejarah Unair yang memiliki karir pendidikan hingga ke negara lain juga.

Mata kuliah Ilmu Sejarah UNAIR dan Dosen favorit?

Banyak sekali mata kuliah yang dipelajari di Ilmu Sejarah Unair dari semester awal hingga semester akhir. Baik itu mata kuliah teori ataupun praktik di lapangan. Pada semester pertama awal masuk biasanya mata kuliah sifatnya umum lanjutan dari SMA dan sebagai pengantar saja. Diantaranya mata kuliah Agama Islam I, Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, Pancasila, Bahasa Inggris I, Pengantar Ilmu Budaya, Pengantar Ilmu Sejarah, Sejarah Eropa Klasik, dan Pengantar Sejarah Indonesia. Lalu semester 2 hingga semester 7 mata kuliah yang dipelajari sudah memiliki fokus kajian masing-masing. Sistemnya tidak mata kuliah paketan sehingga bisa memilih mata kuliah serta jam kuliahnya saat menyusun Kartu Rencana Studi. Kemudian saat semester 8 mahasiswa sudah saatnya fokus melakukan skripsi. Sudah tidak banyak lagi mata kuliah yang harus dipelajari kecuali untuk melakukan perbaikan nilai mata kuliah bisa dilakukan saat semester akhir.

Terdapat beberapa mata kuliah yang melakukan praktik dilapangan pada semester 2 hingga 4. Seperti mata kuliah Sejarah Nirleka sampai Abad ke-16 mengunjungi situs-situs candi atau tempat museum purbakala di Sangiran, lalu mata kuliah Museologi mengunjungi tempat-tempat museum bersejarah, dan mata kuliah Metode & Praktik Penelitian Sejarah mengunjungi perpustakaan atau tempat arsip untuk mencari keberadaan sumber sejarah sebagai bahan penelitian. Dosen favorit yang ada di Ilmu Sejarah Unair disukai oleh para mahasiswanya antara lain Ikhsan Rosyid, S.S., M.A, Dr. Samidi, M.Hum, Dr. Purnawan Basundoro, S.S, M.Hum,  dan Dr. Sukaryanto, M.Si. Namun, salah satu dosen favorit bernama Dr. Sukaryanto, M.Si meninggal dunia beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 7 Juli 2020 sehingga para mahasiswa-mahasiswi merasa kehilangan terhadap beliau yang merupakan dosen favorit dan terbaik di Ilmu Sejarah Unair.

Apa tantangan terbesar kuliah di Ilmu Sejarah UNAIR?

Jurusan Ilmu Sejarah memang banyak yang diremehkan oleh masyarakat sekarang ini dan menganggapnya salah persepsi karena buat apa kita mempelajari ilmu tentang masa lalu. Namun yang perlu diketahui bahwa belajar sejarah tidak semudah apa yang dibayangkan dengan menghafal kemudian mengingatnya, akan tetapi belajar sejarah merupakan suatu tantangan terbesar karena pada saat melakukan suatu penelitian sebagai penunjang tugas mata kuliah atau menyusun proposal hingga skripsi nantinya kita akan dihadapkan dengan sumber – sumber sejarah baik itu primer maupun sekunder dan tidak mudah untuk mencari sumber yang relevan dengan judul yang kita buat serta disisi lain banyak sumber – sumber sejarah terutama arsip mengalami kemusnahan oleh perkembangan zaman sehingga menjadi suatu tantangan terbesar untuk lebih mengkaji sumber – sumber apa yang kita dibutuhkan dan terhindar dari anakronik atau ketidaksesuaian zaman.

Saat praktik di lapangan kunjungan ke museum

Apa tips buat kalian khususnya mahasiswa baru yang sudah kuliah di jurusan ini?

Kenali dan sukai jurusan Ilmu Sejarah pada saat awal masuk dengan menyesuaikan passion kalian karena sejarah bisa dipelajari dari segala aspek, walaupun banyak dari kalian khususnya maba yang kuliah di Ilmu Sejarah dengan keadaan terpaksa karena pilihan terakhir dan tidak diterima di jurusan bergengsi yang lain akan tetapi lama kelamaan merasakan ketertarikan pada jurusan ini.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek kerja dan alumni biasanya kerja dimana?

Prospek kerja kedepannya bagi lulusan Ilmu Sejarah Unair tidak hanya menjadi guru atau tenaga pengajar saja, akan tetapi banyak alumni dari Ilmu Sejarah Unair yang sudah bekerja dalam berbagai bidang diantaranya jurnalis, pegawai bank, tour leader, anggota DPRD, dan masih banyak yang lainnya. Perlu diketahui juga bahwa jurusan tidak menjamin prospek pekerjaan dimasa yang akan datang karena tergantung prinsip masing – masing individu ketika sudah berusaha semaksimal mungkin, memiliki semangat yang tinggi, pantang menyerah, dan jujur pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal juga, namun disisi lain dengan berusaha perlu juga berdoa kepada tuhan yang mengatur rencana hidup kita suatu saat nanti.

Rencana dan Harapan Setelah Lulus Nanti?

Semoga jurusan Ilmu Sejarah Unair semakin berkembang dengan prestasi yang meningkat disetiap tahunnya sehingga menjadi jurusan yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa – mahasiswi yang berkuliah di perguruan tinggi negeri. Dan rencana setelah lulus kuliah nanti kalau di kasih rezeki oleh tuhan ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 dan berwirausaha dengan bisnis yang sudah dijalankan saat ini sehingga bisa membahagiakan kedua orang tua juga.

Kode konten: X347

Komen dibawah! 3

  1. Feby

    Maaf kak mau nanya, untuk memilih matkul saat semester 2-7 itu bagaimana ya kak, semisal milih A itu nanti kedepannya gimana atau B gimana dan apakah saat memilih dari semester 2 seterusnya itu harus saling terkait?

  2. Sabrina Aulia Putri

    Maaf kak Rizal saya mau bertanya, aku salah satu siswa peraih SKS di sekolah, aku dari jurusan MIPA , tetapi semakin kesini semakin menyadari kalau passion saya di hafalan, dan amat sangat menyukai Mapel sejarah sedari kelas 10. Pertanyaan sayaa, apakah siswa dari MIPA misal mendaftarkan SNMPTN jurusan pendidikan sejarah apakah berpeluang besar?
    Semisal tidak, tolong beri saya saran kak bagaiamana menyiapkan lintas jurusan
    Sekian Terimakasih, semoga dijawab kak

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *