Sejarah, Universitas Negeri Yogyakarta

Ilmu Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta (Pras)

Ilmu Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta (Pras)

Halo sobat intipers! Aku Sultan Prasasti dari Ilmu Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta seperti apa?

Dari SMA SMP temen-temen sudah belajar sejarah, jelas dari awal sampai akhir kita belajar sejarah, Kalo dulu kita berpikir belajar sejarah satu, sejarah indonesia atau sejarah tertentu, tapi kalo di ilmu sejarah kita belajar lebih luas, termasuk sejarah benua amerika, austalia, asia timur, asia barat, asia tenggara dsb. Secara garis besar selain belajar sejarah kita belajar pendekatan budaya, sosial, ekonomi, dan politik.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta?

Ga sengaja, karena waktu SMA aku ikut program kemendikbud jadi perwakilan DIY, jadi salah satu ambasadornya sejarah tingkat nasional, karena temen ku merekomendasikan ke jurusan sejarah dan akhirnya mendaftar jurusan ini, mitosnya ngapain belajar ilmu sejarah ngebosenin dan ketemu artefak, padahal sebenernya belajar sejarah ga cuma dengerin, banyak pelajaran lainnya, belajar sejarah susah karena banyak hafalan, kalo di kuliah ga akan terjadi, sejarah bukan ke hafalan tapi analisis.

promo-web

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Tugas khas jalan-jalan, ada beberapa matakuliah. Baik sebagai matakuliah atau kita jalan-jalan individual, kalo tugas kita harus cari sumber, foto, arsip. Kita seolah-olah jadi fotografer, gaide night at museum. Arkeologi dan sejarah bedanya, mereka membahas benda-bendanya, kalo sejarah ke naskah dan bagaimana cerita itu di bangun.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Secara langsung ga ada, cuman di jurusan ilmu sejarah di beberapa kampus di Indonesia itu mereka punya bidang khusus, dilihat dari dosen ahlinya. Kalo UNY lebih banyak kajian ke sejarah dan budaya, keraton, tari dsb. Kalo UI lebih ke sejarah politik, UNDIP sejarah maritim dsb, tiap kampus punya kecenderungan masing-masing. Tapi tidak menutup kemungkinan kita tetep belajar juga secara keseluruhan, seperti di tempatku kita belajar politik hubungan internasional, kesehatan dsb.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN, SBM, mandiri. Kalo UNY jalur mandiri beragam, ada prestasi unggul, aku termasuk yang masuk jalur prestasi unggul, masukin sertifikat, ada jalur akademik, ada yang pake skor UTBK, ada yang jalur portofolio, dan ada juga lewat tes. Lebih lengkap bisa di akses di pmb.uny.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta?

Aku dari IPA dan ngerasa salah masuk jurusan, dan aku ga terlalu suka sejarah. Dulu pengen sempat ingin pindah, setelah dipikirkan tidak worth it, dan ga jadi pindah. Bagi temen-temen yang kaya gitu vari pasion kamu dimana, di sejarah kamu bisa ketemu banyak hal, politik, lingkungan, ekonomi, aku suka musik jadi lebih mendalami sejarah musik, kesenian, kita bisa aja belajar yang lain. Di sejarah ini bisa menuntun kita ke mana. Semangat yang penting.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Tenaga pengajar, dosen, tenaga arsiparis, balai pustka, balai cagar dsb, bisa kerja di kantor arsip, museum, bisa jadi tour gaide, pemandu wisata karena kita belajar juga dari sejarah yang jadi pariwisata, ada yang kerja di POLRI TNI, ada juga yang di kementrian luar negeri. Kakak tingkat kebanyakan kerja di media sebagai jurnalis, ada beberapa media yang sekarang juga fokus di sejarah, Tirto, Historia. Prospeknya luas, kita belajar sesuai moto membaca, menulis, dan diskusi.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencana mau lanjut studi ngambil master di musik agar linear sama sejarah, aku ingin menggambil penelitian tentang musik baik di Indonesia maupun luar, karena masih belum banyak sejarahwan musik juga.

Kode konten: C351

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *