Tafsir, Universitas Islam Negeri

Ilmu Tafsir UIN Khas Jember (Maulidatul)

Ilmu Tafsir UIN Khas Jember (Maulidatul)

Halo sobat intipers! Aku Maulidatul Maghfiroh jurusan Ilmu Tafsir UIN Khas Jember angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Ilmu Tafsir UIN Khas Jember itu seperti apa?

Jurusan ilmu Al-quran tafsir itu adalah sebuah program studi yang dimana kita itu fokus pada pengkajian tafsirnya, jadi tujuan dari jurusan ini itu tidak hanya ingin membentuk mahasiswa menjadi mufasir saja, jadi kita banyak juga banyak mengkaji penelitian yang terkait tafsir agar mampu menyelesaikan problem yang sedang atau terjadi di masyarakat.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Ilmu Tafsir UIN Khas Jember?

Kalau alasanku sih simpel, jadi dulu aku santri dan fokusnya ke Al-qur’an jadi pikiranku langsung terfous untuk melanjutkan perguruan tinggi Al-qur’an. Awalnya aku gak tau apa itu jurusan ini, jadi untuk menjawab rasa penasaran aku jadi langsung aja ambil jurusan ini. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Berhubung ini adalah jurusan yang langka, jadi disini ada mata kuliah wajib dan umum. Mata kuliah umum ini  ada yang berhubungan dengan agama tentunya, dan juga tidak jauh dari Al-qur’an kaya ilmu fiqh, ilmu kalm, ilmu hadits, filsafat, dan bahasa arab. Kalau mata kuliah yang wajib atau yang menjurus ke jurusanku ada berhubungan dengan Al-qur’an ada ulumul Qur’an, kaidah, tafsir, metode istinbab hukum, ada tahfidz Al-qur’an dan haditsnya.

Kalau tugas dari awal aku semester 1-4 itu tugas itu gak ribet banget kaya jurusan yang lain. Waktu aku lihat jurusan lain tiap hari ada deadline tugas, tapi kalau jurusan aku itu ada tapi gak ribet banget. Kalau tugas makalah itu hectic banget, karena waktu kita pembuatan makalah cari referensinya itu yang susah, harus dari kitabnya.

pmb2-min

Jadi waktu penafsiran itu kita perayat, dulu aku pernah buat tugas yang kita bikin judul sendiri jadi kaya kita mengajukan judul sempro, dan kita ambil satu ayat dan di paperkan ayat tersebut dijelaskan gitu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasi yang harus memilih itu gak ada, tapi jurusan kita itu konsentrasinya ke penafsiran Al-qur’an. Kalau adik tingkat ada, tapi kalau di angkatan aku itu belum bisa.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk berhubung kita kampus perguruan tinggi keagamaan islam jadi ada tiga yaitu SPANPTKIN, UMPTKIN, dan jalur mandiri. 

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Tafsir UIN Khas Jember?

Jadi tips dari aku, kalian bakal menreima banyak tantangan karena dulu ada yang bilang ‘kalian harus bisa menguasai hafal 30 juz, harus bisa bahasa arab yang fasih, baca kitab kuning’ bener kita harus menguasai tiga itu, tapi kalian jangan khawatir, di kelas aku juga 90% belum hafal 30 juz, bahasa arab ini nanti kita langsung interaksi banahsa arab, baca kitab yang gak ada harakatnya, itu udah makanan sehari-hari. Kalau referensi kita juga dari kitab kuning, darisitu kita harus bisa baca kitab kuning.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja dari yang say aliat alumni yang udah lulus ini seperti yang aku liat, dosen saya pernah bilang kenapa ambil jurusan ini? Lulusan jurusan ini belum mendominasi kerja dimana, perusahaan belum menerima. Faktanya kita mahasiswa tafsir bisa menjadi peneliti, penulis, dosen, ulama, menteri, karena kita dari awal belajar agama.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau harapanku gk jauh dari kata pengen bermanfaat bagi masyarakat, karena aku kalau lulus jadi mahasiswa tafsir, pengen sukses dalam hidup, jadi disini aku bener-bener pengen bermanfaat bagi masyarakat. 

Kode konten: C420

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *