Ilmu Tanah

Ilmu Tanah Universitas Lampung (Arul)

Ilmu Tanah Universitas Lampung (Arul)

Halo sobat intipers! Aku Manarul Hidayat dari Ilmu Tanah Universitas Lampung angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Tanah Universitas Lampung seperti apa?

Ilmu tanah adalah ilmu yang mempelajari tentang tanah, biasanya orang awam mikirnya ilmu tukang gali kubur, padahal ilmu tanah itu sangat penting sekali dan sangat berguna di kehidupan masyarakat sekarang. Ada dua cabang dari ilmu ini yaitu Fedologi dan edafologi.

Ilmu tanah secara fedologi arrtinya ilmu tanah yang mempelajari tanah sebagai objek biologi, kita belajar biologi, baik multi mineral tanahnya, sebaran reaksi mineral, dan batuan. Secara edafologi artinya ilmu tanah sebagai pendukung atau pemangku kehidupan, jadi seperti pemanfaatan ilmu tanah, seperti pada aspek pertanian, cara kita mengelola tanah, perlakuan kita supaya subur. Berhubung ilmu tanah ini di Fakultas Ilmu Pertanian, kita mempelajari tanah sebagai media tanam supaya subur, tanah di Indonesia sendiri banyak yang subur, ada macem-macem.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Tanah Universitas Lampung?

Pada saat SMA, saya pernah daftar sekolah ikatan dinas, namanya Sekolah Tinggi Pertanahan Negara atau STPN di Yogyakarta, namun hanya diploma 1, ada diploma 4 namun persaingannya ketat, nah saya mencari apa yang ebrkaitan dengan tanah, akhirnya saya memilih ilmu tanah, ternyata di CPNS ada kuota sangat banyak terutama di Lampung dan Palembang BPN atau Badan Pertanahan Negara, disana memberikan peluang pada lulusan S1 ilmu tanah.

Secara agama, saya agama islam, pernah di katakan di dalam Al-Qur’an, kita itu diciptakan oleh tanah dan maka akan kembali pada tanah, jadi kalo kita mempelajari tanah, sama saja mengamalkan AL-Qur’an dan Sunnah, bagaiaman tanah terbentuk, bagaimana tanah itu menciptakan kita, dan itu memang benar, pada saat belajar ilmu tanah, aspek kelimuan dan agama sangat betul sekali.

Pada saat turun lapang kita buat kaya kuburan, 1.5 x 2 m, disitu kita liat. Kalo secara keilmuan, dari tanah nya kita liat batuannya. Jurusan ilmu tanah ini saya banyak turun lapang, 2 tahun lalu saya ke krakataw sebelum erupsi dan setelah erupsi, kemudian kita juga ke gunung Tanggamus, melihat bagaiaman gunung tersebut terbentuk, lempeng tektonik bagaiaman caranya. Pernah juga magang di salah satu Kecamatan untuk mengetahui perubahan alih fungsi lahan.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Semeseter 1  dan 2 masih belajar seperti SMA, namun semester 3 sudah masuk ke pertanian, kemudian 4 dan 5 mulai menjurus ada fisika, kimia, biologi, tanah. Mata kuliah favorite saya yaitu fisika tanah, kimia tanah, biologi mineralogi, dan lain-lain.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada banyak, ada fisika tanah, biologi tanah, genesis dan spesifikasi tanah, survey tanah dan  pemetaan lahan. Fisika tanah cenderung pada irigasi, bagaimana tanah ini, teksturnya apa, strukturnya apa, kadar PHnya berapa, bisa menentukan irigasinya sekian, secara kimia misalnya PHnya sekian, ini cocok di tanami tanaman apa. Terus biologi berkaitan dengan kesuburan tanah menurut aspek fisika dan kimia. Genesis dan spesifikasi tanah itu ada mineraloginya, mineral nya sekian-sekian. Kalo suvey tanah dan pemetahan lahan, lebih ilmu terapannya, pengelompokan kimia, fisika, biologi, bagaiaman kita memetakan tanah sesuai fungsinya, ini untuk perkebunan, pembagunan, sekian irigasinya. Konsetrasi di semester 5 karena sudah ada metodelogi penelitian. Saya ngambil genesis bidangnya mineralogi.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPT, SBMPTN, SMPTN Barat atau mandiri. SNMPTN cara masuknya manfaatkan prioritas pilihan pertama,contohnya masuk ke ilmu tanah di UNILA atau IPB kita lihat akreditasinya dulu, bisa kita pilih yang di IPB pilihan satu dan UNILA pilihan dua atau di tuker pilihan satu UNILA dan piihan dua IPB. Tes mandiri kita tes lagi, UNILA masuk SMPTN Barat khusus universitas di Sumatera yang membuat asosiasi. Ilmu tanah kuotanya tiap tahun naik, tahun kemarin 50 orang, tahun sekarang 60-70 karena prospek kedepannya banyak di cari.

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Tanah Universitas Lampung?

Kalian harus jadi manusia yang lapangan, artinya kondisi fisik dan mentalnya juga di siapkan, kalo kalian udah seperti itu masuk ilmu tanah karena banyak ke lapangan juga. Kalo kalian pas SMA suka fisika, biologi, kimia dan bingung penerapannya masuk ilmu tanah, karena kepake sekali ketika kuliah.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak, kita bisa jadi konsultan, di bagian bangunan sipil, perkebunana, pertanian, dan banyak, tergantung kita mau kemana. Rata-rata banyak yang kerja di perkebunan dan instansi pemerintah BPN, perkebunan seperti Sinar Mas. Selain memberikan rekomendasi kita bisa melakukan evaluasi tanah.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Planning pertama saya inggin jadi dosen, karena beasiswa di bidang ilmu tanah terbuka sekali. Kedua kalo saya ga lanjut pendidikan, pengen kerja di instansi pemerintah.

Q&A

  • Jurusan ilmu tanah ini bisa kerja di pertambangan ga?

Jawaban: bisa karena pada lahan pasca tambang kita akan mengidentifikasi tanahnya gimana, analisis tanahnya kita berikan rekomendasi, misal jika tanah tambangnya sudah mati bisa jadi lahan perkebunan sawit, kemudian ketika akan menggali tambang kita bisa juga, karena di ilmu tanah ada mata kuliah yang mempelajari itu, ada beberapa alumni bekerja di Kementrian SDM, bagian aspek pertambangan, bisa kerja disana yang penting banyakin soft skillsnya.

Kode konten: C562

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *