Ilmu Tanah

Ilmu Tanah Universitas Syah Kuala (Jorgi)

Halo sobat intipers! Aku Jorgi Mikentona dari jurusan Ilmu Tanah Universitas Syiah Kuala angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, Jurusan Ilmu Tanah Universitas Syiah Kuala itu seperti apa?

Merupakan salah satu jurusan dari fakultas pertanian yang mana membahas yang berhubungan dengan tanah, contohnya seperti kesuburan tanah, lapisan-lapisan tanah, dan proses-proses alam yang ada kaitannya dengan tanah.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Ilmu Tanah Universitas Syiah Kuala?

Sejujurnya kalau ditanya kenapa bisa milih ilmu tanah ini pertama itu menjadi pilihan kedua waktu daftar, dan jurusan ini direkomendasikan oleh kakak saya, jadi pas pilihan pertama udah stuck dan pilihan kedua masih bingung, kemudian jurusan ilmu tanah ini di rekomendasikan sama kakak saya sendiri. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau sejauh yang saya tau, mata kuliah yang khasnya itu adanya praktikum, praktikumnya sangat banyak sekali, bisa dibilang jurusan pertanian, susah tapi ada gampang-gampangnya. 

Praktikum di Ilmu Tanah Universitas Syiah Kuala

Ada banget, untuk semester satu masih mata kuliah yang dasar kaya matematika dasar, biologi dasar, fisika dasar, dan ada tiga praktikum yang harus kita ikuti. Untuk semester dua ini ada juga praktikumnya tapi mata kuliahnya sudah mulai fokus ke jurusan ilmu tanah. 

pmb2-min

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada konsentrasi tapi di semester lima atau enam keatas, untuk konsentrasi secara rincinya saya belum terlalu tau.

Ada tips buat temen-temen yang bingung memilih jurusan?

Kalau dari saya pribadi, yang pertama itu ingatin dulu sama diri sendiri kita itu minatnya dimana, kita sendiri yang mencocokkan dengan jurusan-jurusan yang sudah. Lebih terkhususnya ilmu tanah, kalau teman-teman emang suka yang main ke lapangan atau langsung kerja ke lapangan, konservasi, itu rekomendasi banget untuk memilih ilmu tanah. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk prospek kerja dari jurusan ini dari dosen-dosen yang sudah menjelaskan kebanyakan itu menjadi tenaga pendidikan, contohnya seperti dosen. Kemudian yang kedua menjadi peneliti, dna yang ketiga menjadi pegawai negeri sipil di kantor perkebunan dan pertanian. 

Q&A 

  • Perbedaan ilmu tanah dengan pertanian?

Kalau ilmu tanah ini lebih fokus ke masalah-masalah tanah, kaya kesuburan tanah, dan masalah-masalah yang ada di tanah, contohnya seperti misalnya suatu perkebunan itu airnya mengalir banyak, jadi kita sebagai orang yang bekerja disitu harus mengetahui apa yang akan kita lakukan, contohnya seperti ada drainase dan irigasi, seperti yang kita ketahui, drainase ini mengurangi air dari permukaan tanah untuk supaya tanah dapat bekerja tanpa adanya sesuatu yang membuat tanaman itu rusak. 

Kode konten: C330

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *