Teknologi Pangan

Ilmu Teknologi Pangan UNS (Rizca)

Ilmu Teknologi Pangan UNS (Rizca)

Hai intipers. Perkenalkan nama saya Rizca Febry Tiana. Saya adalah mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang bertempat di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Saya mengambil program studi Ilmu Teknologi Pangan UNS dan Juli 2020 ini saya selesai ujian semester ke-4. Di sini saya ingin membagikan pengalaman saya dalam perkuliahan, selamat membaca.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di jurusan Ilmu Teknologi Pangan UNS?

Seperti namanya, jurusan ini mempelajari tentang berbagai macam hal mengenai pangan. Pangan adalah sesuatu yang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Setiap orang berapapun usianya, apapun kedudukannya, dan bagaimanapun latar belakangnya pasti butuh makan untuk melanjutkan hidupnya. Tak jarang slogan yang menjadi andalan dari mahasiswa jurusan ini adalah “Selama manusia masih butuh makan, maka mahasiswa teknologi pangan selalu dibutuhkan”. Jurusan ini secara garis besar mempelajari bagaimana hasil panen dari suatu tempat diolah sehingga dapat menjadi makanan yang siap dikonsumsi. Proses pengolahan itu yang sangat diperhatikan agar konsumen menerima makanan yang tidak hanya lezat, tetapi juga bermanfaat bagi tubuh.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Dasar teknologi dalam jurusan ini meliputi pengetahuan tentang teknologi mesin atau alat yang digunakan untuk pengolahan hasil tani dan juga teknologi untuk mendeteksi kandungan dari bahan pangan tersebut. Jurusan ini sering dianggap berisi pengetahuan soal masak memasak bahkan disamakan dengan jurusan tata boga. Padahal, jurusan teknologi jelas berbeda dengan jurusan tata boga maupun jurusan gizi. Dalam teknologi pangan sendiri lebih berfokus bagaimana cara pengolahan pangan modern dan skalanya industri. Berbeda dengan tata boga dan gizi yang lebih fokus pada olahan rumahan ataupun skala yang lebih kecil, terutama jurusan gizi yang fokus dengan kesehatan seseorang.

Ada mata kuliah apa saja dalam Ilmu Teknologi Pangan UNS?

Ilmu teknologi Pangan UNS di semester 1 dan semester 2, mahasiswa masih diberikan pengetahuan secara umum seperti sekolah menengah tetapi lebih mendetail seperti kimia dasar, matematika dasar, biologi sel, dan fisika dasar serta mata kuliah umum seperti pendidikan kewarganegaraan, bahasa, pendidikan agama, dan ilmu budaya dasar. Mulai semester 3, mata kuliah yang diajarkan sudah menjurus pada ilmu pangan seperti kimia pangan, pangan dan gizi, mikrobiologi pengolahan pangan, analisis sensoris, analisis pangan, ilmu pengetahuan bahan, manajemen pangan halal, pangan fungsional, dan lain-lain. Jurusan ini juga terkenal dengan laporan praktikum yang selalu menjadi hal wajib setiap semesternya. Laporan praktikum ini merupakan hasil dari pembelajaran praktikum yang dilakukan setiap semesternya. Praktikum yang dilaksanakan sangat membantu mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat secara langsung. Hal yang paling ditunggu-tunggu setelah praktikum ada sampel makanan yang sisa dan dapat dinikmati bersama teman-teman karena  biasanya dari banyak sampel yang dibawa yang dipakai hanya sebagian kecil saja.

schooters

Mata kuliah pangan dan gizi

Ada 2 mata kuliah yang menjadi  favorit saya yaitu pangan dan gizi  serta manajemen pangan halal. Pangan dan gizi mempelajari tentang suatu kandungan dalam produk pangan. Di mata kuliah ini, semua kandungan tersebut dibahas secara detail misalnya mengenai karbohidrat, protein, lemak, dan berbagai macam vitamin. Bukan hanya mempelajari kandungan terhadap makanan, tetapi juga mempelajari bagaimana ciri khas dari masing-masing nutrient tersebut sehingga didapatkan pengolahan yang tepat pada suatu bahan makanan. Mata kuliah ini membuat saya menjadi lebih peka terhadap makanan yang saya konsumsi. Contohnya saya tahu bagaimana cara menghitung kebutuhan pangan harian seseorang berdasarkan berat badan dan tinggi badan masing-masing sehingga didapatkan status gizi yang baik dan juga tidak berlebihan atau kekurangn berat badan.

Mata kuliah manajemen pangan halal

Mata kuliah favorit saya yang kedua adalah manajemen pangan halal. Disana mempelajari mengenai syarat-syarat pangan halal, standar mutu, dan juga membahas pengolahan makanan yang menyebabkan pangan tersebut menjadi tidak halal. Mata kuliah ini membuat saya lebih hati-hati dalam mengonsumsi suatu produk, apalagi yang belum berlabel halal MUI. Beberapa produk pasaran juga ternyata ada yang menempelkan saja lambang MUI dan bukan merupakan label yang sah. Banyak hal yang menarik dari mata kuliah ini dan dosennya juga sangat terbuka dengan berbagai macam pendapat serta pertanyaan dari mahasiswa.

Kegiatan praktikum

Tips bagi Kalian Mahasiswa Baru Jurusan Ilmu Teknologi Pangan UNS

Praktikum dalam jurusan ilmu teknologi pangan menjadi hal yang sangat penting diperhatikan karena skill ini nantinya yang akan digunakan hingga pasca kampus. Pembagian waktu dalam mengerjakan tugas tentunya mulai dilatih dari sekarang. Laporan praktikum seharusnya menjadi bahan penilaian untuk diri sendiri apakah sudah memahami praktikum yang telah dijalankan. Jangan sampai karena terlalu banyak tugas menyebabkan kata “yang penting jadi” menjadi suatu andalan tanpa paham apa yang sudah dituliskan. Pengetahuan soal teknologi pangan tentunya akan sangat dibutuhkan baik nanti kalian bekerja ataupun sekadar untuk pengelolaan bahan di rumah. Ilmu tersebut dari awal semester juga sudah dapat diaplikasikan di rumah seperti pengetahuan cara menyimpan buah pisang agar tidak mudah busuk dapat ditutupi atau dibalut dengan alumunium foil sehingga memperlambat proses pembusukan. Hal-hal sederhana tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Kuncinya adalah belajar lalu praktikan.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek Kerja Lulusan ITP UNS

Alumni ilmu teknologi pangan UNS tersebar dalam berbagai lingkup pekerjaan. Ada yang bekerja dalam skala industri, pemerintahan, peneliti, dosen, hingga menjadi wirausaha. Contoh dalam pemerintahan, yaitu dalam BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Tugasnya meliputi pengawasan produk makanan yang beredar di masyarakat dan  menjamin keamanannya. Skala industri seperti pabrik-pabrik makanan maupun snack yang banyka terdapat di pasaran, jabatannya dapat menjadi tim Quality Control dan Research&Development. Kedudukan tersebut bertanggung jawab penuh mengenai kualitas makanan yang diproduksi agar selalu terjaga mutunya hingga sampai ke tangan konsumen. Lulusan ITP UNS juga dapat menjadi seorang pengusaha kuliner yang tentunya bukan hanya mengetahui ilmu usaha saja, tetapi juga paham bagaimana suatu makanan dapat berkualitas baik untuk diberikan pada konsumen.

Harapan dan rencana saya setelah lulus

Saya berharap untuk bisa melanjutkan studi S2 dengan beasiswa dan juga sembari bekerja. Mengapa saya ingin lanjut S2? Jawabannya sederhana karena saya masih muda. Saya ingin waktu muda saya dipenuhi dengan pembelajaran untuk bekal saya di masa depan. Saya juga berniat untuk dapat mengajar mahasiswa atau lebih tepatnya menjadi seorang dosen dan peneliti.  Hal tersebut bertujuan agar ilmu yang ada pada diri saya dapat bertahan lama dengan dibagikan kepada orang lain. Itu juga menjadi dorongan saya untuk selalu meng-upgrade diri menjadi lebih baik lagi setiap harinya.

Kode kontenL X348

Komen dibawah! 19

  1. mega urjuwan

    Kak mau tanya dong,aku kan dari smk nie kak,nah kalo mau masuk jurusan ini tu apa aja sih kak yg harus di pelajari?btw aku smk jurusan tata boga kak

    • Rizca

      Haloo mega, wah kalau di teknologi pangan cukup luas ya pembelajarannya tapi kami lebih berfokus ke yang berbau eksakta. kamu bisa mulai nyicil nih mendalami biologi, fisika, dan juga kimia yang palinh sering ada. Tenang ajaa, nanti di semester mendekati akhir kamu bebas milih mau fokus di mana antara 3 hal yang aku sebutin tadi tapi bukan brarti kalau milih fisika gaakan ketemu biologi yaa karen di teknologi pangan, 3 hal itu saling berkesinambungan. Semoga menjawab ya! semangat!

  2. Khoirunnisa

    Hallo Kak. ITP itu ketat banget gk Kak seleksinya?
    Bikin laprak pasti ada bagian serunya, menurut Kakak apa?
    Maaf Kak, UNS ada program beasiswa untuk mahasiswa ITP gk?
    Pelajaran Fisika nya harus diperdalam banget gk Kak? Aku kurang paham di Fisika

    Maaf pertanyaannya banyak banget, terimakasih Kak.

  3. Rizca

    Halo nisaa, aku coba jawab satu-satu yaa. Untuk ITP sendiri khususnya di UNS memang tergolong program studi yang tingkat keketatannya tinggi, bisa dicek yaa lebih tepatnya berapa untuk keketannya di website resmi. Oiya walaupun tinggi, tapi yakinn ajaa bisa diterima yaa. Bagian seru waktu mengerjakan laprak ituu saat kita jadi tahu sesuatu yang memang jarang orang lain tahu soal makanan, jadi berasa kalau makan sambil ingat-ingat ilmunya. Untuk UNS sendiri banyak beasiswa yang dapat diikuti, beasiswa itu tidak hanya untuk prodi ITP sajaa bahkan semua prodi berkesempatan ikut. Fisika di ITP memang diperlukan, tapi percayalah ini agak berbeda kok dengan SMA jadi bisa banget diperdalam lagi saat kuliah. Semoga membantu yaa!

  4. nissa

    Hallo kak aku dari smk jurusan agribisnis pengolahan hasil pertanian pengen banget nerusin ke jenjang yg lebih tinggi liwat jalur snmptn kira2 sy ada peluang ga ya kak untuk masuk ke uns jurusn itp? Trimakasih

    • Rizca

      Halo nissa! kalau untuk peluang masuk itp pasti ada ya ? kamu bisa tanya-tanya guru kamu untuk jalur snmptn tahun ini bagaimana, soalnya kalau periode saya dulu itu smk belum bisa ikut jalur snmptn. semangat ya!

  5. Rizca

    Halo nissa! kalau untuk peluang masuk itp pasti ada ya 🙂 kamu bisa tanya-tanya guru kamu untuk jalur snmptn tahun ini bagaimana, soalnya kalau periode saya dulu itu smk belum bisa ikut jalur snmptn. semangat ya!

  6. Indri

    Hallo kak, kalau misalnya mau ambil uns semua terus pilihan pertamanya tekpang, enaknya pilihan keduanya apa ya kak yang hampir mirip sama tekpang?

    • Rizca

      Halo Indri! Untuk hal itu baiknya cari tahu dari diri sendiri dulu yaa, minat ke mana. Contohnya suka masak ya bisa tata boga atau gizi atau kalo suka berhitung bisa juga masuk ke teknik kimia atau teknik lain karena teknologi pangan juga beberapa mempelajari hal yang berbau teknologi. Pilihan ke-1 atau ke-2 tergantung passing grade jurusan itu dan kampusnya yaa biar aman. sering cari-cari info di internet atau pun konsultasi ke guru BK juga bisa. semangat indri!

  7. Erlin

    Halo kak Rizca, itp lebih dominan apa ya kak? Matem, fisika, kimia atau bio? Aku takut keteteran dan ga bisa ngikutin. Oiya kak, katanya tekpang itu banyak laprak, terus bagi waktunya gmn ya kak? Terimakasih sebelumnya ?❤

  8. nadya

    hi ka! mau tanya untuk jurusan tekpang ini paling prefer lebih ke kim bio atau bio fisika ya? makasi ka

  9. Luthfianna Putri

    Kak saya dari salah satu SMA jurusan MIPA di DIY. Seumpama saya snmptn ambil tekpang uns yang luar daerah dengan nilai yang sedang, kemungkinan untuk lolosnya kecil atau besar ya kak?

    • Rizca

      haii lutfianna! wah untuk snmptn sekarang dan snmptn di periodeku dulu sepertinya sudah berbeda ketentuannya ya. kalau dulu, zonasi tidak berlaku. bisa coba tanya ke guru BK atau tempat bimbel kamu nih untuk lebih jelasnya dan yakinnya hehe semangat!

  10. Ova

    Kak mau nanya, jika lewat jalur SBMPTN passing gradenya berapa? Dan kira-kira nilai rata-rata UTBK berapa?

  11. Ova

    Kak mau nanya, jika lewat jalur SBMPTN passing gradenya berapa? Dan kira-kira nilai rata-rata UTBK berapa?

    • Rizca

      Halo ova! makasih buat pertanyaannyaa, kalau untuk passing grade SBMPTN bisa coba carii di sumber2 terpercaya yaa biasanya ada banyak ituu hehe karena untuk angkatan aku dulu belum adaa UTBK nihh. mohon maaff yaaa kalau belum memuaskan jawabannyaa, bisa banget nanyaa juga sama bimbel biasanya punya data yang akurat. semangat ya!

  12. siskaf

    hai kak aku mau tanya. ada ga si kesulitan kakak selama kuliah di itp uns? kalo ada boleh tau apa aja? terus gimana kakak mengatasi kesulitan kakak itu?
    Terima kasih banyak kak, maaf pertanyaannya banyak ^^

  13. Mido

    Maaf kak mohon jawab ini ya please, saya dari jurusan IPS nah mau ke jurusan ITP kan di Ujian Mandiri Boleh tuh milih ini saya mo linjur kira2 apakah recomendet atau malah justru nanti sulit untuk bergaul dengan yang lain dan apakah angkatan kaka ada yg dari IPS mohon penjelasanya kak ,terima kasih

  14. Yunita

    Halo kak.. Aku mau nanya, aku kan lulusan jurusan tataboga apakah UNS menerima lulusan tataboga di jurusan Tekpang jalur SBMPTN? Terimakasihh

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *