Informatika, Telkom University

Informatika Telkom University (Dewa)

Halo sobat intipers! Aku Dewa Made Wijaya dari Informatika Telkom University angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Informatika Telkom University?

Ngomongin tentang Informatika pasti banyak stigma yang bilang lulusannya bisa jadi hacker. Padahal kita belajar suatu memecahkan permasalahan dan memainkan logika kita. Logika kita dibentuk untuk solve proble seefisien mungkin dan menekan biaya, tapi kita tetap mendapat goalsnya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Informatika?

Untuk alasan sendiri aku itu kalau dibilang nyasar sih ngga juga ya. Tapi aku pernah ambis untuk mendapat suatu program studi. Teman-teman yang ga lolos SNM maupun SBM pasti frustasi banget sama kayak yang aku alami. Aku research jurusan apa sih yang cocok untuk aku. Aku sebenarnya lebih suka matematika dan yang membutuhkan analisis. Aku konsul ke tempat aku bimbel dan aku disarankan untuk masuk Informatika. Untuk kampusnya sendiri aku sempet bingung sih. Aku mikir panjang mau kemana dan akhirnya aku sadar ini bukan tentang dimana kamu berada, tapi bagaimana cara kamu menjalankan keputusan yang udah kamu pilih.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Informatika?

Kalau mata kuliah khas mungkin lebih ke coding. Di Tel-U sendiri ada tugas besar dimana kita harus menyelesaikan kasus yang nyata, lalu kita harus menyelesaikan kasus ini dengan program. Bisa dengan codingan atau membuat website. Khasnya disana sih. Kalau di SMA kan cuma ada UTS, UAS. Kalau kuliah kagetnya disini ada codingan, gimana aplikasi dan penggunaannya. Awalnya aku buta banget tapi dengan adanya circle belajar kitab isa menyelesaikan tugas besar. Yang bikin kaget lagi ada kalkulus dan logika matematika. Sebenarnya lebih mirip matematika cuma lebih ke integral. Di semester 1 kita dapet kalkulus. Naik ke semester selanjutnya ada kalkulus 2 dan bikin aku mikir wah kejutan apalagi nih. Makin naik semesternya maka akan makin kompleks materi kuliahnya.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Informatika Telkom University?

Untuk kelompok keahliannya ada banyak banget. Ada laboratorium-laboratorium untuk kita ngembangin hard dan softskill. Aku sendiri menjabat sebagai asisten software engineer. Selain itu ada data analyst, multimedia dan lainnya. Ada beberapa lab misalnya untuk software engineer akan ada spesifikasi mobile innovation mislanya membuat UI/UX dan program untuk business analyst.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuknya sendiri ada banyak. Aku sendiri masuk lewat jalur rapor dan kalian gaperlu tes lagi. Aku sempet nyoba jalur prestasi akademik, kita cuma menggunakan nilai rapor aja dan tentunya ada nilai kriteria minimalnya. Kita gaperlu tes apa-apa lagi, Cuma nilai rapor dari semester 1-5 aja. Yang menarik lagi ada jalur beasiswa. Misalnya teman-teman terhalang ekonomi jangan patah semangat, ada jalur beasiswa.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Sebenarnya aku sendiri sempat mikir aku salah jurusan deh kayaknya. Aku sempet ngerasa kesulitan berada di Informatika ini. Tapi setelah aku pikir lagi setelah aku liat jurusan yang lain aku mikir kuliah tuh ga ada jurusan yang mudah. Menurut perspektif aku kuliah gaada yang santai-santai aja. Kita butuh usaha dan survive dengan pilihan kita. bukan tentang apa yang kita ambil tapi tentang bagaimana menjalankan apa yang kita ambil. Kita sebenarnya harus punya circle yang solid dan positif serta suportif sih. Kita sebenarnya harus pilih-pilih temen yang cocok sama kita. Teman akan membantu kita belajar bareng. Kita bisa bertukar ilmu dengan mereka. Karena menurut aku sometime penting banget, pertemanan akan menuntun kalian buat mencari tau siapa sebenarnya diri kalian. Kedua, jangan berpikir kalian salah jurusan. Kalian pasti bisa. Karena semua orang pasti ngerasa kayak gitu. Kalian gausah takut. Percaya bahwa kalian bisa dan jangan dengerin omongan orang. Setelah dijalani pelan-pelan pasti akan terasa ga seseram yang ada dimindset kita. Terakhir, belajar berkamuflase sih. Aku pribadi masih bingung nih aku cocoknya di hal ini atau itu. Jadi aku belajar menyesuaikan diri dengan banyak kondisi. Aku belajar membangkitkan skill.

Prospek kerja dan alumni jurusan Informatika Telkom University seperti apa?

Nah sebenarnya kalau ngomongin IT itu berbicara teknologi ya, hamper semua perusahaan butuh ahli IT dan kebutuhan kita berhubungan sama data. Akan dibutuhkan tuh data analyst, interpreter data, pengolah data dan kita gabakal lepas dari website dan Google. Informatika ini juga ada UI/UX dimana kita akan mengembangkan website. Kita bisa membuat aplikasi apa yang kita mau. Contohnya zaman sekarang udah banyak aplikasi untuk kehidupan sehari-hari seperti Gojek, Grab atau lainnya. Aku sempet membaca nih, alumni Informatika kebanyakan kerja di e-commerce seperti Lazada dan Shopee, bahkan Pertamina. Kita akan dibutuhkan untuk pengolahan data serta maintenance aplikasi itu sendiri. Ketika kalian pengen berbisnis menggunakan IT maka kalian bisa dalami business analyst.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Kalau ngomong masalah rencana aku pengen Cumlaude, karena itu bakal jadi salah satu kebanggaan dan personal branding diriku sendiri. Aku pengen kerja di e-commerce seperti Tokopedia dan Lazada. Aku juga pengen banget kerja di BUMN seperti Pertamina. Aku juga mau bekerja atau belajar ke luar negeri untuk improving skill Bahasa Inggrisku. Sebetulnya ini harapan yang besar namun nothing impossible, kita jangan takut untuk bermimpi. Karena mimpi ini akan menjadi motivasi kita untuk maju.

QnA

  1. Informatika belajar ngebobol Wi-Fi ga kak?

Kalau masalah itu sebenarnya stigma ya. Sebenarnya jawabannya adalah bisa. Kita belajar cyber security atau keamanan sistem. Kita belajar membangun jaringan yang aman. Sebenarnya lebih kearah illegal karena WiFi kan data pribadi ya. Cuma kalu profesionalnya kita gaboleh melakukan ini karena ini data pribadi. Sebenarnya ada codingan sendiri tapi ini jangan disalahgunakan ya.

  1. Tips sukses menurut kakak?

Ngomong masalah sukses, sukses menurut orang itu beda ya. Menurut aku pribadi, setiap semester itu aku  punya goals yang harus aku capai. Kita dibilang ambis ya memang kita harus ambis. Misalnya aku gamau ambis di akademik aja maka aku akan ikut kepanitiaan, organisasi maupun kegiatan non akademis lainnya. Ketika kalian berhasil mencapai goals, kalian akan memikirkan next stepnya apa dan hal ini akan menjadi kebiasaan terus-menerus. Percuma kita pengen sukses tapi masih males-malesan. Kalau kita cuma mau sukses hanya karena melihat kesuksesan orang lain itu ga worth it sih. Sebenarnya pola pikir orang berbeda dan kesuksesan itu beda-beda. Kita gaboleh cepet puas, kita harus terus menggali potensi dalam diri kita.

Kode konten: C984

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.