Informatika

Informatika Universitas Udayana (Winda)

Informatika Universitas Udayana (Winda)

Halo Intipers. Perkenalkan saya Ni Wayan Windayani, teman-teman akrab memanggil saya dengan nama panggilan Winda. Saya merupakan mahasiswi jurusan Informatika Universitas Udayana (UNUD) angkatan 2019. Pada artikel ini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui selama 2 semester di jurusan Informatika. Yuk, simak pengalaman saya dan semoga bermanfaat ya! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Informatika Universitas Udayana?

Informatika merupakan disiplin ilmu komputer yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi (Wikipedia). Sesuai dengan definisinya, kita akan lebih banyak belajar komputasi, pemrograman web dan jaringan. Untuk mendalami kompetensi tersebut, dasar yang harus dikuatkan di semester awal adalah bidang matematika dan logika. Tidak dapat dipungkiri, banyak di luaran sana yang mengira jurusan ini belajar tentang bagaimana mengoperasikan komputer dan membongkar isi komputer tersebut. Dalam dunia IT, terdapat beberapa jurusan yang memiliki materi sejenis dalam pembelajarannya. Misalkan saja di UNUD, terdapat jurusan Informatika dan Teknologi Informasi. Perbedaannya, Informatika lebih cenderung bagaimana cara membentuk atau membuat suatu sistem, sedangkan Teknologi Informasi cenderung mempelajari tentang bagaimana mempercantik tampilan sebuah sistem. Ibarat membangun sebuah rumah, Informatika yang membuat tata letak bangunannya dan Teknologi Informasi sebagai desainer untuk interiornya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Mata Kuliah Informatika dan Dosen Favorit di Informatika Universitas Udayana

Di Informatika banyak sekali mata kuliah yang dipelajari, seperti Algoritma & Pemrograman, Logika Informatika, Struktur Data, Sistem Digital, Kalkulus, Matematika Diskrit, Aljabar Linear Elementer, Statistika Dasar dan masih banyak lagi. Tugas khas yang mencerminkan jurusan saya adalah coding. Kemudian, setelah 2 semester mengikuti kuliah, mata kuliah yang menjadi favorit saya adalah Logika Informatika dan Algoritma & Pemrograman. Saya tertarik dengan Logika Informatika karena materi ini yang paling saya pahami di semester awal. Belajarnya tentang premis, pernyataan dan kesimpulan. Intinya mempelajari materi ini sangat membantu saya untuk melatih logika saya.

Selanjutnya, saya menyukai Algoritma & Pemrograman karena benar-benar menantang saat belajar. Mengenal apa itu algoritma, pseudocode, kalimat deklaratif, flowchart dan mempraktekkan langsung ke dalam bahasa C menjadi sesuatu yang benar-benar baru bagi saya, tetapi saya sangat menikmati proses belajarnya. Dengan menggabungkan tatap muka dan daring, dosen pengampu Algoritma & Pemrograman membuat saya setiap hari harus belajar karena di akhir minggu selalu ada kuis yang harus saya kerjakan dan di akhir semester diberikan projek berkelompok yang benar-benar membuat saya belajar banyak. Dosen favorit saya hingga semester 2 ini adalah Pak Gusmul karena beliau mampu memaparkan teori dan mengajak praktikum dengan cara yang menurut saya sangat mudah untuk dimengerti.

Konsentrasi di Informatika Universitas Udayana

Terdapat 9 konsentrasi atau jalur di Informatika UNUD. Konsentrasi tersebut yaitu Text Mining, Management Pengetahuan, Multiple Intelligence Research (MIR), Multimedia, Keamanan Digital, Jaringan Sensor Nirkabel, Komputasi, Big Data dan UI UX. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Text Mining: menambang data yang berupa teks dimana sumber data biasanya di dapatkan dari dokumen, dan tujuannya adalah mencari kata-kata yang dapat mewakili isi dari dokumen sehingga dapat dilakukan analisa keterhubungan antardokumen.
  • Management Pengetahuan: system yang mendukung penciptaan, pengambilan, penyimpanan, dan penyebaran keahlian dan pengetahuan yang dimiliki perusahaan.
  • Multiple Intelligence Research (MIR): mempelajari hal yang berhubungan dengan musik atau audio.
  • Multimedia: penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu dan koneksi sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
  • Keamanan Digital: suatu bentuk konsep dan upaya dalam memberikan perlindungan terhadap aset dan informasi digital yang dimiliki suatu individu dan kelompok.
  • Jaringan Sensor Nirkabel: suatu jaringan nirkabel yang terdiri dari kumpulan node sensor yang tersebar di suatu area tertentu (sensor field).
  • Komputasi: bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains).
  • Big Data: menggambarkan volume data yang besar, baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur.
  • UI UX: singakatan dari User Interface dan User experience yakni merupakan sebuah tampilan visual dalam sebuah aplikasi atau alat pemasaran digital dalam bentuk website yang dapat meningkatkan brand yang dimiliki oleh bisnis atau perusahaan yang anda miliki.

Tips-Tips untuk Maba Informatika Universitas Udayana

Setiap mata kuliah di semester awal akan banyak mempelajari teori dan praktikum coding. Untuk teori, banyaklah belajar dari sumber yang diberikan dosen ataupun sumber yang diperoleh sendiri. Setiap mata kuliah satu dengan yang lain akan berhubungan sehingga setiap mata kuliah yang diberikan harus dipahami dengan baik. Untuk praktikum coding, di awal saya banyak belajar bersama kakak tingkat dan jangan pernah malu bertanya jika memang sudah tidak bisa dipelajari sendiri. Dalam membuat sebuah program, logika programnya yang biasanya sulit untuk diselesaikan. Untuk codingnya akan lebih mudah jika logika program sudah ditemukan. Latihan coding juga perlu dilakukan untuk membiasakan diri. Terakhir harus siap dengan segala error yang terjadi ketika membuat program dan biasanya membutuhkan waktu untuk menemukan solusinya. Tetapi, semuanya akan terasa menantang dan seru untuk dikerjakan.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek Kerja setelah Lulus dari Informatika UNUD

Menjadi lulusan Informatika tentunya bisa bekerja di bidang manapun. Namun, secara garis besar lulusan informatika bekerja sebagai programmer, teknisi jaringan dan database administrator, teknisi komputer, pengajar IT dan sebagainya. Kalau mau melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya juga bisa dan nantinya dapat berprofesi sebagai dosen. Membuka usaha di bidang IT juga saya sarankan di tengah perkembangan digital di masyarakat. Menjadi ASN juga bisa, terbukti dari seleksi PNS tahun 2019 juga banyak lembaga yang memerlukan lulusan informatika dengan gelar S.Kom.

Rencana dan Harapan setelah Lulus

Untuk sekarang saya masih menikmati masa kuliah saya dan belum terlalu memikirkan tentang rencana setelah lulus. Hal ini dikarenakan saya masih mencoba banyak hal untuk menemukan skill yang memang benar-benar harus saya kembangkan. Namun, pernah terpikirkan oleh saya untuk bekerja di bagian networking atau frontend developer. Rencana pendidikan ke jenjang berikutnya saya ingin melanjutkan bidang Computer Science di National University of Singapore.

Kode Konten: X329

Komen dibawah! 2

  1. Sri Kartini

    Kak aku siswa sma kls xii masih bingung mau nyari jurusan apa lagi cari informasi mengenai jurusan* yang ada di unud
    Saya mau tanya apa yang memotifasi kakak awalnya kuliah jurusan informatika trus kakak belajar teknologi informasi dari mulai kuliah jurusan informatika atau memang sudah punya minat
    Terakhir susah gk sih kuliah jurusan informatika? Sekian…

    • windayani

      Hallo Sri! Sebelum kuliah di Unud, aku dulu kan mengambil jurusan TKJ.
      Motivasinya pengen belajar lebih lanjut tentang teknologi sih. Kenapa Informatika? Karena aku pengen nyoba teknologi di bagian yang berbeda. Pas aku SMK kan dapet coding cuma dikit banget. Makanya aku berminat buat masuk ke Informatika Unud. Menurut aku belajar itu susah dan gampang. Susah kalo kita ngga mau belajar dan gampang kalo kita mau belajar.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *