Informatika

Informatika UTY (Nadiavara)

Informatika UTY (Nadiavara)

Hay Intipers! Perkenalkan nama saya Nadia Varayandita Ingrida, mahasiswi S1 Informatika UTY (Universitas Teknologi Yogyakarta) angkatan 2017. Saya ingin membagikan pengalaman berkuliah di jurusan Informatika,Yuk Intipers simak dengan seksama yaa!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa itu Informatika ?

Jurusan Informatika sangatlah luas bahkan kita bisa belajar pengembangan teknologi dalam dunia Kesehatan,Ekonomi,Data,Artificial Intelligent,WEB dan masih banyak lagi  yang dapat mendukung aspek kognitif dan sosial.Kamu akan cukup banyak berkutat dengan pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer. Pada dasarnya, kamu akan menjadi penerjemah suatu ide yang harus dituangkan dalam bentuk digital menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Dalam prosesnya, kamu akan banyak membuat flowchart alias bagan alur bagaimana sebuah sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsi dan logikanya. Tentu saja, ketelitian dan keuletan menjadi karakter paling dasar yang harus kamu miliki.

Slide5

Lalu apa bedanya Informatika,Sistem Informasi dan Teknik Komputer?

Anggapan sebagian orang pasti jurusan ini sama saja,tentu saja berbeda ya Intipers namun ketiga jurusan ini ada dalam satu kesatuan yaitu pengembangan Teknologi Informasi.Sistem Informasi berfokus pada pengolahan informasi dalam pengembangan proses bisnis agar menjadi suatu sistem yang efektif dan efisien.Teknik Komputer disiplin ilmu yang mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai dari mendesain, membangun, mengimplementasikan, dan memelihara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware)  kurang lebih seperti itu yaa Intipers.Nah,sedangkan Informatika merupakan jurusan yang berfokus pada pengembangan software dengan kecerdasan buatan dan jaringan komputer dan berfokus pada kinerja subsistem.

Mata Kuliah Informatika UTY serta Dosen Favorit?

Mata kuliah Informatika UTY setiap naik tingkat semester pasti akan dipelajari berlanjut contohnya Sistem Cerdas maka di tingkat selanjutnya apabila saya mengambil konsentrasi berbasis AI/Sistem Cerdas akan ada mata kuliah bernama Logika Fuzzy dan sebagainya.Pada semester awal nanti akan diberi pengenalan logika yaitu  Algoritma dan Pemrograman,selain itu ada lagi mata kuliah Kalkulus,Matematika Diskrit,Aljabar,Statistika Teknik,Mikroprosesor,Pemrograman Berorientasi Objek,Struktur Data,Jaringan,Pemrograman WEB dan Mobile,Bahasa & Automata dan masih banyak sekali.Intipers pasti akan bertemu dengan Matematika tentunya, jangan khawatir sangat menyenangkan belajar Informatika karena kita akan mengetahui sisi lain dari Matematika dalam kehidupan manusia yaitu perkembangan Teknologi Informasi.

WEB dan Mobile merupakan konsentrasi yang saya ambil selain itu ada 2 lagi konsentrasi yang berfokus pada Sistem Cerdas dan Keamanan Jaringan,WEB dan Mobile merupakan konsentrasi yang saya ambil selain itu ada 2 lagi konsentrasi yang berfokus pada Sistem Cerdas dan Keamanan Jaringan,mata kuliah favorit saya  adalah Rekayasa WEB karena bisa belajar mendesain WEB semenarik mungkin atau kurang lebihnya ya saya suka seni hehehe .Kalau dosen favorit saya Pak Facrhie dan Bu Enny  lalu masih banyak lagi karena menurut saya beliau beliau ini bisa menyampaikan hal rumit menjadi hal yang sederhana sehingga mudah dicerna oleh mahasiswa-mahasiswanya dan bagi saya semua dosen akan memberikan ilmunya yang terbaik bagi kita dengan sepenuh hati.

Konsentrasi di Informatika UTY?

Konsentrasi di Informatika UTY ada 3 yaitu Sistem Cerdas(AI),WEM (WEB & Mobile) dan Kemanan Jaringan.

Sistem Cerdas merupakan bagian dari bidang Ilmu Komputer/Informatika dan Rekayasa Cerdas untuk pengembangan berbagai metode bekemampuan tinggi yang diilhami oleh fenomena alam untuk menyelesaikan berbagai masalah kompleks di dunia nyata.

WEM (WEB & Mobile) merupakan pengembangan software aplikasi,desain,pengaplikasian database pada sistem yang digunakan untuk menginformasikan kepada banyak orang.

Keamanan Jaringan yaitu konsentrasi yang berhubungan dengan security yang merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengamankan kinerja dan proses komputer.

Tips-Tips untuk MABA Jurusan Informatika UTY

Mata kuliah di jurusan Informatika sangat erat kaitannya dengan keseharian kita. Banyak sekali yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan teknologi yang semakin maju. Semakin hari teknologi semakin dibutuhkan. Tantangan sudah pasti ada jadikan itu sebagai acuan disaat kalian bekerja nanti. Di era teknologi seperti ini pastinya di negara kita dibutuhkan generasi muda yang ingin terus maju dan berkembang untuk negara Indonesia. Perbanyak relasi,perbanyak belajar.

Ikut Organisasi dan Magang

Selain itu, tips selanjutnya adalah ikuti organisasi/magang yang kita banget. Ada banyak kegiatan yang ditawarkan di universitas. Diantaranya mengikuti kegiatan himpunan Jurusan, UKM, Magang, Pertukaran Pelajar, Kunjungan Industri, Seminar dll. Ikuti kegiatan-kegiatan tersebut dan jangan takut untuk keluar dari zona nyaman dengan menjadi ketua bidang, ketua acara, dsb. yang  mengasah soft skill serta menambah pengalaman berkesan yang akan kita kenang setelah lulus. Tips yang terakhir, ikuti kegiatan yang menurut kamu sesuai dengan kemampuan yang ingin kamu tingkatkan. Jangan ambil terlalu banyak kesempatan/kegiatan! Mungkin pada awalnya, kamu bingung untuk mengambil kegiatan apa yang akan diikuti, pada keadaan tersebut boleh saja kamu ambil banyak kegiatan untuk menyeleksi mana yang paling sesuai dengan diri kamu. Biasanya hal ini terjadi ketika masih semester awal.

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana?

Sepengetahuan saya, sebagian besar alumni lulusan Informatika UTY kebanyakan bekerja sebagai WEB Developer (Back-end,Front-end maupun FullStack,bekerja di Bank,Perusahaan,Android Developer,Blogger,IOS Developer,Designer Grafis,WEB Designer dan Jasa Hosting,Rumah Sakit dan masih banyak lagi.

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Banyak sekali harapan setelah lulus,tentunya adalah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan jurusan yang kita inginkan.Membangun relasi tentunya masih akan tetap saya lakukan untuk menunjang pengetahuan dan pengalaman.Pastinya perkembangan teknologi kedepan akan semakin maju,mulai dari saat ini belajar dan bila gagal maka belajar lagi.Usaha tidak akan menghianati hasil.

Kode konten: X406

Komen dibawah! 8

  1. Dio

    Kak kalau kita belum mengenal sama sekali tentang teknik informatika, apakah kita bisa mengikuti sistem belajarnya di teknik informatika

    • nadiavara

      Hay Dio!
      Tentu saja bisa,maka dari itu pentingnya mengenali prodi yg akan kita ambil.
      Banyak sekali sumber belajar yg bisa kita jadikan referensi.Tenang saja,ketika dikelas pasti akan diajarkan dari dasarnya kok.

  2. Yamanaka Ino

    Kak bahasa pemrograman yang dipake kedepannya apa aja ya ?

    • nadiavara

      Hay Yamanaka!
      Biasanya akan diajarkan bahasa pemrograman seperti HTML/CSS,Javascript,PHP,Java,Phyton,C# dan masih banyak lagi.
      Untuk Pemrograman Mobile/Android akan diajarkan menggunakan Kotlin juga..

  3. Mei

    ka kalo buat maba yg ga terlalu mengenal seputar komputer dan IT, apa bisa mengikuti perkuliahan besok? apa engga keteteran atau kesulitan kedepannya? tp saya minat di IT kaa, gmn menurut kaka, ada saran atau yg lainnya?

    • nadiavara

      Halo Mei ,terimakasih yaa sudah membaca artikelnya Alangkah baiknya kenali prodi yang kamu minati terlebih dahulu Tidak ada salahnya jika kita belajar ,banyak referensi sumber belajar baik jurnal maupun buku..tidak akan ada kesulitan selagi kita suka pasti akan dengan mudah mempelajarinya,banyak banyak relasi seputar dunia IT jika kamu sangat berminat pada prodi Informatika..semangat yaa 🙂

  4. Soden

    Tahun lalu daftar di uty dg pilihan SI, TI sama Komputer tapi ketrima di SI, padahal pengen web nya😁

    • nadiavara

      Hallo Soden terimakasih yaa sudah membaca artikelku 😊 Sebenarnya dalam belajar web baik back-end ,front -end maupun fullstack dapat dipelajari meskipun bukan jurusan Informatika,biasanya *Sistem Informasi** mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan Teknologi Informasi dalam suatu organisasi*,CMIIW😄 Semangatt yaa!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *