Tips

Kumpulan Istilah Dalam Perkuliahan, Maba Wajib Tahu!

Kumpulan Istilah Dalam Perkuliahan, Maba Wajib Tahu!

Banyak istilah dalam perkuliahan yang perlu Kamu ketahui ketika menjadi seorang mahasiswa. Mungkin beberapa istilahnya sudah pernah Kamu dengar tetapi belum tahu apa maksudnya. Agar penasaran Kamu terbayarkan, maka simak beberapa istilah dalam dunia perkuliahan berikut ini!

Istilah Penting Saat Kuliah

Ketika Kamu kuliah, maka banyak istilah yang akan ditemui. Tentunya Kamu perlu mengetahui apa maksud dari istilah yang perlu diketahui. Simak beberapa istilah yang paling sering ditemukan ketika menjadi mahasiswa.

1. Beban studi

Istilah ini biasanya lebih dikenal dengan SKS atau Satuan Kredit Semester. Artinya adalah jumlah SKS yang bisa Kamu ambil selama masa studi dan biasanya akan dibagi menjadi beberapa semester.

2. Cuti akademik

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Kamu juga bisa mengajukan izin tidak mengikuti kegiatan akademik karena berbagai alasan. Biasanya Kamu bisa mengajukan cuti akademik sebelum perkuliahan dimulai. Cuti akademik hanya bisa diambil sebanyak dua kali selama masa studi.

3. Dosen pembimbing atau penasehat akademik (PA)

Kamu akan memperoleh dosen pembimbing sebagai tempat berkonsultasi akademis selama masa kuliah. Termasuk juga untuk menyusun rencana studi dan memberikan pertimbangan terkait beban studi yang akan diambil.

4. Gelar akademik

Istilah ini akan Kamu peroleh ketika sudah menjadi lulusan perguruan tinggi. Gelar akademik akan dicantumkan pada ijazah Kamu nantinya dilengkapi dengan identitas diri.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

5. Indeks prestasi kumulatif (IPK)

IPK pastinya salah satu istilah perkuliahan yang paling sering diketahui. IPK sendiri merupakan keseluruhan nilai dari beban studi yang diambil selama masa studi dengan minimal 144 SKS.

6. Indeks prestasi semester (IPS)

IPS adalah nilai yang Kamu peroleh di setiap semesternya. Bisa juga dijadikan acuan keberhasilan mahasiswa dalam suatu program semester yang dipilih pada saat penyusunan rencana studi.

7. Kalender akademik

Kalender akademik bisa dibilang sebagai jadwal belajar Kamu selama satu semester. Hal ini memuat waktu untuk penerimaan mahasiswa baru, masa perkuliahan, ujian dan jadwal libur.

Baca Juga: Mengenal Perkembangan Versi IP Address dalam Proses Komunikasi Data

Istilah Penting Dunia Perkuliahan

Selain beberapa istilah dalam perkuliahan yang sudah disebutkan adalah sebagaian kecil dari banyaknya istilah yang ada. Berikut ini beberapa istilah perkuliahan lainnya yang juga penting untuk diketahui.

1. Kartu rencana studi (KRS)

KRS berisi tentang banyaknya SKS yang bisa Kamu ambil selama satu semester mendatang. Jumlah SKS yang bisa Kamu ambil akan ditentukan oleh nilai IPK semester sebelumnya.

2. Kartu hasil studi (KHS)

KHS adalah sebutan untuk hasil belajar Kamu selama satu semester. KHS ini akan menunjukkan hadil belajar Kamu selama satu semester sesuai dengan SKS yang telah diajukan pada KRS.

3. Kuliah kerja nyata (KKN)

KKN salah satu istilah yang tidak asing di kalangan banyak orang. Kegiatan ini masuk kategori kegiatan kurikuler yang akan dilaksanakan di luar kampus atau di lingkungan masyarakat.

4. Praktek kerja lapangan (PKL)

PKL adalah kegiatan praktek secara langsung di dunia kerja. Kamu akan mendapatkan pengalaman yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Kamu bisa membandingkan teori dalam perkuliahan dengan keadaan di lapangan.

5. Program semester pendek

Program semester pendek biasanya akan dilaksanakan pada liburan semester genap. Tujuannya untuk memperbaiki nilai mata kuliah yang ditempuh atau untuk lulus kuliah lebih cepat.

6. Skripsi

Skripsi adalah bagian wajib bagi mahasiswa S1 sebagai bentuk laporan tugas akhir agar memperoleh ijazah. Dalam pengerjaannya, mahasiswa akan dibimbing oleh dosen pembimbing.

7. Kartu tanda mahasiswa (KTM)

Jika Kamu di SMA mendapatkan Kartu Siswa, maka KTM juga serupa dengan kartu tersebut. KTM biasanya diperlukan untuk menggunakan berbagai fasilitas kampus secara gratis.

Sebelum memilih untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, banyak istilah yang perlu Kamu pahami. Jadi, siapkan dirimu dari sekarang sebelum bisa melanjutkan pendidikan ke jurusan impianmu!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.