KKN

Items That Must Be Carried During KKN

Barang-barang Apa Saja yang Wajib Kamu Bawa Selama KKN

Bagi kalian yang saat ini merupakan mahasiswa semester akhir, pasti udah gak asing dengan istilah KKN. Yups, Kuliah Kerja Nyata. KKN sendiri adalah salah satu mata kuliah yang mendorong mahasiswa untuk terjun ke lapangan dan melihat potensi apa saja yang dapat dikembangkan oleh mahasiswa tersebut untuk memajukan lokasi KKN yang dipilih. Pelaksanaan KKN kurang lebih satu bulan, guys. Mahasiswa yang tergabung juga dari berbagai jurusan yang berbeda-beda. Bisa dibilang bahwa KKN ini merupakan salah satu sarana untuk mendapatkan channel lebih banyak, sekalian mendapatkan gebetan baru, katanya….

Di sini, aku akan sedikit membagikan pengalaman KKN yang telah aku lewati tahun lalu di salah satu desa yang berada di Kabupaten Malang dan barang-barang apa saja yang harus dibawa selama KKN. Check this out!

Tahun lalu, saat bulan puasa lebih tepatnya, aku menjalani mata kuliah KKN bersama sembilan belas mahasiswa lainnya dari berbagai jurusan yang berbeda-beda. Satu sama lain tidak pernah mengenal sebelumnya, jadi gak heran kalau saat rapat pertama kali di Fakultas Ilmu Pendidikan semuanya canggung. Awalnya, aku males banget harus ikut KKN yang lokasinya bisa dibilang jauh dari rumah dengan durasi yang cukup lama menurutku, yaitu satu bulan. Ditambah aku gak kenal siapa-siapa di sana. Dengan berat hati, akhirnya aku berangkat. Dari yang awal-awal aku males banget, sampai rasanya aku gak rela KKN ini berakhir. Kenapa aku gak rela KKN ini berakhir? Next time aku akan bagikan pengalaman aku di tulisan selanjutnya.

promo-web

Selama KKN itu, aku sering banget ngeluh dalam hati tentang barang yang seharusnya aku bawa ke lokasi KKN tapi aku lupa. Entah itu barang yang bisa digunain secara personal atau bersama-sama. So, buat kalian yang akan menjalani masa-masa KKN, baca tulisan ini sampai habis, siapa tahu kalian perlu. Hehe….

  1. Sikat gigi: The basic, guys. Satu bulan kalian akan tinggal di tempat yang mungkin belum pernah kalian kunjungi, kalau bisa bawa sikat gigi lebih dari satu. Karena apa? Karena, kalau kalian cuma bawa satu sikat gigi, kemungkinan besar sikat gigi kalian akan keselip di mana-mana dan bisa aja hilang. Jadi, untuk mengantisipasi hal tersebut bawalah sikat gigi dua buah untuk jaga-jaga.
  2. Pasta gigi: Pasangannya sikat gigi pasti pasta gigi dong, ya. Tuh, sikat gigi aja punya pasangan, masa kalian gak punya pasangan? Nah, untuk pasta gigi ini kalian lebih baik bawa pasta gigi yang ukuran besar. Karena apa? Karena, biar gak bolak-balik indomaret kalau pasta gigi kalian habis. Sekalian kalau ada teman yang kehabisan pasta gigi dan pasta gigi kita masih banyak, kita bisa bantu teman kita yang sedang kesusahan. Hitung-hitung amal, ya.
  3. Sabun batangan: Untuk kalian yang kebiasaan memakai sabun cair, mending kebiasaan itu diubah kalau kalian mau KKN. Alesannya cuma satu, BERHEMAT!
  4. Shampo: Dari pengalaman aja nih, guys. Dulu, waktu KKN aku bawa shampo botolan yang tanggung. Eh, baru dua minggu shampo aku habis. Padahal biasanya shampo botolan yang di rumah bisa sampai satu bulan baru habis. Jadi, aku inisiatif untuk bawa shampo dalam bentuk sasetan selama KKN. Alesannya apa? Masih sama, BERHEMAT!

Oke, sekian dulu, guys! Sebenarnya masih banyak yang pengen aku sharing ke kalian. Karena, waktu luang aku di tempat kerja gak begitu banyak, jadi aku cuma bisa sharing segitu dulu. Hehe….

See you!

With love,

Bunga

 

Kode Konten : KL022

 

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *