Tips

Jakarta Creative Hub, Dari Nongkrong Hingga Bangun Start-Up Sendiri

Jakarta Creative Hub, Dari Nongkrong Hingga Bangun Start-Up Sendiri

Belakangan ini pemerintah gencar membangun fasilitas pusat pengembangan indutri kreatif, yakni creative hub. Terlebih di pusat ibu kota, kamu bisa kunjungi Jakarta Creative Hub, dari nongkrong hingga bangun start-up sendiri!

Bagi mahasiswa seni maupun yang bergerak di dalam industri kreatif, berkumpul bersama komunitas dan berbagi ilmu dengan lainnya menjadi hal yang menyenangkan agar kesenian terus hidup. Sebelum berkunjung ke sana, simak di bawah ini serba-serbi dari Jakarta Creative Hub.

Apa sih Jakarta Creative Hub?

Jakarta Creative Hub

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Sebelumnya kit acari tahu apa creative hub itu sendiri. Menurut British Council creative hub sebagai ruang fisik maupun virtual yang menggabungkan orang-orang dengan kewirausahaan di bidang industri kreatif maupun budaya.

Creative hub sudah banyak di luar negeri, namun di dalam negeri sendiri baru diadakan akhir-akhir ini sebagai wujud program pemerintah yang menggalakkan sektor industri kreatif. Nah salah satunya Jakarta Creative Hub (JCH) yang ada di Jakarta Pusat.

Di JCH sendiri menyediakan tempat untuk diskusi, perpustakaan, seminar, serta pelatihan yang berhubungan dengan seni. Misalnya saja kriya, arsitektur, fashion, desain produk, dan desain komunikasi visual, hingga diajarkan cara memasarkan hasil karya kamu nantinya bisa didapatkan di JCH.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Fasilitas yang Tersedia

Jakarta Creative Hub

Ruang Kelas

JCH memiliki fasilitas baik ruangan maupun alat yang menunjang. Misalnya saja tiga ruang kelas A, B, dan C. Kelas ini biasanya digunakan untuk acara seminar, workshop, pelatihan, maupun pameran.

Marketplace

Selain itu ada juga area makerplace atau bengkelnya JCH. Makerplace JCH dibagi menjadi tiga area yaitu area fashion, area lab digital, dan area perkayuan.

Jika kamu punya KTP Jakarta, kesempatan untuk melihat prototipe karya warga Jakarta. Bahkan juga bisa menyaksikan alat-alat canggih yang digunakan dalam bengkelnya.

Co-Office

Jika kamu berencana untuk membangun start-up di bidang kreatif, kamu bisa menempati fasilitas kantor yang ada di JCH! Di sana menyediakan setidaknya 12 kantor dalam co-office yang siap ditempati untuk kamu dan rekan kerjamu. Namun sebelum itu ada syarat yang harus dipenuhi, salah satunya wajib memiliki KTP Jakarta.

Perpustakaan

Di sini kamu juga bis membaca koleksi buku-buku di JCH. Meski belum banyak koleksi yang dimiliki, perpustakaan ini tetap bias menjadi sumber penambah wawasan kamu mengenai industri kreatif.

Kafe

Di dalam JCH juga ada terdapat kafe yang tak jauh dari pintu masuk. Kamu bisa sambil berdiskusi hebat di atas meja kafe tersebut sambil menyeruput kopi yang nikmat.

Pelatihan yang Ditawarkan

Jakarta Creative Hub

JCH menawarkan dari pelatihan berbasis soft skill seperti marketing dan public speaking, hingga pelatihan berbasis hard skill berupa workshop penggunaan peralatan canggih di makerspace.

Baca juga:

Lebih dari Sekedar Nongkrong

Jakarta Creative Hub

JCH dibangun dengan gaya interior yang modern. Jauh dari kesan monoton, JCH bisa jadi tempat kamu dan teman-temanmu mulai mengekspresikan diri dalam seni hingga membangun misi yang lebih ambisius.

Jakarta Creative Hub bisa jadi alterntif kamu untuk mengembangkan minat dan bakat dalam berseni. Kamu bisa juga mengajak komunitasmu ke JCH ini.

Di sana banyak diadakan seminar, pameran, pelatihan softskill dan hardskill, dan lain sebagainya. Khususnya kamu yang memiliki rencana membangun perekonomian di bidang industri kreatif, JCH bisa membantu mewujudkan cita-citamu.

Minat Jadi Member?

Kamu bisa mendaftarkan diri untuk menjadi anggota JCH untuk menikmati fasilitas yang ada. Kamu bisa datang langsung ke kantornya untuk mengisi formulir.

Namun jika kamu memilih untuk sekedar “lihat-lihat” dulu, kamu bisa kunjungi JCH secara gratis.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.