Tips

6 Jalur Masuk Perguruan Tinggi yang Wajib Kamu Ketahui!

6 Jalur Masuk Perguruan Tinggi yang Wajib Kamu Ketahui!

Terdapat banyak sekali jalur masuk perguruan tinggi bagi kamu yang bercita-cita masuk jurusan impian, Intipers!
Mungkin selama ini kamu belum tahu berbagai jalur yang bisa kamu coba daftarkan selain SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri.

Nah, kali ini Intip Kuliah akan spill 6 jalur masuk perguruan tinggi yang bisa kamu jadikan strategi agar bisa masuk ke jurusan atau kampus yang kamu cita-citakan. Check it out!

6 Jalur Masuk Perguruan Tinggi yang Wajib Kamu Ketahui!

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

SNMPTN merupakan jalur masuk di mana kamu hanya perlu memasukkan nilai rapor selama kamu menempuh pendidikan selama sekolah. Tetunya kamu juga bisa memasukkan prestasi non akademik sebagai nilai SNMPTN.

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

SNMPTN akan diurus oleh pihak sekolah, sehingga kamu hanya perlu menyetorkan berkas dan data yang diperlukan ke pihak sekolah.

Tapi, perlu diingat ya Intipers, jalur ini hanya bisa kamu ikuti satu kali saja setelah lulus. Yakni di tahun kelulusan kamu saja. Karena di tahun selanjutnya adalah giliran adik kelas kamu untuk mendaftar SNMPTN.

Ujian ini juga gratis Intipers! So, jangan sia-siakan dan pilih strategi yang tepat dalam mengambil jurusan dan kampus di SNMPTN ya!

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

UTBK SBMPTN (Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi)

UTBK SBMPTN adalah seleksi masuk perguruan tinggi yang mengharuskan kamu untuk mengikuti ujian terlebih dahulu. Berbeda dengan jalur SNMPTN, di jalur ini akreditasi sekolah tidak diperhitungkan.

UTBK SBMPTN biasanya memiliki biaya pendaftaran. Sebesar Rp 200.000 untuk kelompok soshum dan saintek. Sementara untuk kelompok campuran, kamu akan membayar Rp 300.000.

Dalam UTBK SBMPTN kamu akan mengerjakan ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

TPS berisi soal Pengetahuan Kualitatif, Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum dan Pemahaman Bacaan dan Menulis.

Kemudian TKA berisi soal sosial humaniora (Soshum) dan sains & teknologi (Saintek) di mana persoalan yang kamu dapat akan tergantung dengan rumpun jurusan apa yang kamu ambil.

Seleksi PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)

Seleksi PTKIN terdiri dari dua jalur, yakni SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) dan UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri).

SPAN-PTKIN dilakukan dengan cara menyeleksi prestasi akademik yakni nilai rapot dan prestasi lainnya tanpa perlu kamu ujian tertulis. Mirip dengan SNMPTN ya, Intipers.

Jika kamu mau ikut SPAN-PTKIN, maka sekolah kamu wajib memiliki izin penyelenggara pendidikan dari pemerintah.

UM-PTKIN adalah jalur yang mengharuskan kamu untuk melaksanakan ujian UM-PTKIN yang terbagi menjadi 3, yakni Tes Kemampuan Dasar (TKD), Tes Kemampuan Bidang IPA dan Tes Kemampuan Bidang IPS. Tesnya akan ditentukan sesuai dengan prodi yang sudah kamu pilih.

Intipers bebas memilih lokasi ujian di salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang ada di seluruh Indonesia.

Untuk UM-PTKIN sendiri, kamu harus membayar biaya pendaftaran ya, Intipers!

Sekolah Tinggi Kedinasan

Sekolah Tinggi Kedinasan merupakan salah satu Sekolah Tinggi yang ramai diperebutkan calon mahasiswa. Tentunya karena jaminan langsung kerja yang ditawarkan setelah kamu lulus.

Meskipun begitu, untuk masuk ke Sekolah Tinggi Kedinasan pun tidak mudah. Tetapi kamu bisa coba nih, Intipers selama kamu mau belajar dengan sungguh-sungguh.

Pertama-tama, kamu harus melaksanakan seleksi administrasi yang mengharuskan kamu menginput data dan berkas yang disyaratkan di seleksi ini.

Kedua, kamu akan melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Ketiga, kamu akan melaksanakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) atau bisa disebut sebagai Tes Potensi Akademik (TKA).

Keempat, terdapat yang namanya tes kesehatan dan kesamaptaan di mana baiknya kamu sudah menjaga kesehatan dan rajin berolahraga beberapa waktu sebelum tesnya tiba.

Kelima, akan dilaksanakan tes wawancara dan psikotes.

Tahapan tes ini berbeda-beda antar Sekolah Tinggi Kedinasan ya Intipers, bisa saja kamu hanya menemui beberapa tes saat mengikuti seleksi di Sekolah Tinggi Kedinasan tertentu.

SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politekni Negeri)

SNMPN adalah jalur masuk perguruan tinggi bagi kamu yang mau berkuliah di Politeknik dan Politani Negeri yang termasuk ke dalam Perguruan Tinggi bidang vokasi.

Pendaftaran ini tidak dipungut biaya alias gratis ya, Intipers! Adapula pengisian datanya dilakukan oleh pihak sekolah. Serupa dengan SNMPTN.

Terdapat banyak sekali Politeknik yang bisa kamu jadikan pilihan, seperti Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Madura, Politeknik Negeri Subang dan masih banyak lagi.

Tercatat ada 44 politeknik yang mengikuti seleksi ini di tahun 2022. Di mana sejak tahun 2021 SNMPN hanya mengadakan seleksi untuk jenjang pendidikan D3.

Kemudian untuk seleksi jenjang pendidikan Sarjana Terapan, diselenggarakan oleh LTMPT melalui SNMPTN.

Pelaksanaan seleksi ini bersifat serentak, Intipers. Jadi jangan sampai kamu kelewatan ya!

Seleksi Mandiri

Seleksi Mandiri bisa diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Biasanya jalur masuk ini dibuka setelah dilaksanakannya SBMPTN, sehingga jika kamu gagal lolos SBMPTN, kamu bisa coba seleksi mandiri.

Jalur seleksi ini untuk ujian dan teknis pelaksanaanya bisa jadi berbeda-beda sesuai dengan kebijakan dan aturan di kampus penyelenggara. Bagusnya kamu belajar soal-soal SBMPTN lagi jika mau lolos di jalur ini.

Namun, ada juga jalur mandiri yang mengambil nilai dari hasil SBMPTN seperti jalur seleksi kemitraan Universitas Airlangga yang bisa kamu lihat lebih lengkap di sini.

Gimana? Intipers mau jadikan jalur mandiri sebagai rencana masuk perguruan tinggi?

Selalu ada 1000 jalan menuju Roma. Jadi kamu bisa sekali manfaatkan berbagai jalan itu untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jika kamu gagal dalam perjalanan, kamu tidak perlu khawatir karena masih ada jalan lainnya yang layak dicoba!

Intipers masih bingung dalam menentukan jurusan yang mau diambil? Intipers bisa banget lihat bedah jurusan di YouTube Intip Kuliah biar lebih yakin.

Atau, kamu bisa juga baca artikel di bawah ini!

Jurusan Sepi Peminat dengan Prospek Kerja dan Gaji Tinggi

Jurusan yang Paling Diminati

Selamat berjuang, Intipers!

Sindy Prisila
Seorang mahasiswi psikologi yang memiliki minat besar terkait dunia copywriting, content writing, dan SEO. Gemar mengeksplorasi berbagai pengalaman terkait psikologi dan dunia literasi.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.