Tips

Rekomendasi Jurnal Gratis Untuk Mahasiswa

Rekomendasi Jurnal Gratis Untuk Mahasiswa

Sebagai mahasiswa, pastinya kita butuh banget jurnal-jurnal sebagai referensi dalam pembuatan tugas. Berbeda banget dengan tugas semasa kita masih duduk di bangku sekolah, di bangku perkuliahan kita tidak bisa asal comot dari beberapa website mengenai tugas perkuliahan, apalagi ketika kita membuat sebuah penelitian. Oleh karena itu, ada beberapa rekomendasi jurnal yang bisa kamu jadikan referensi ketika mengerjakan tugas kuliah.

1. Google Scholar

Website ini merupakan produk dari google, sehingga pastinya jurnal-jurnal disini dapat dijadikan referensi tugasmu. Di dalamnya juga terdapat beberapa jurnal yang relevan dengan mata kuliahmu baik secara internasional maupun nasional, jadi kamu bisa melakukan pencarian sesuai dengan keinginanmu dan membacanya. Jurnalnya juga gratis loh, jadi kamu bisa mengaksesnya sesukamu sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk mengakses websitenya bisa ke link disini : https://scholar.google.com/

2. Perpusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau yang disingkat menjadi Perpusnas adalah salah satu situs yang dikelola sendiri oleh pemerintah Indonesia. Oleh karena itu, kita bisa meminjam buku digital di dalam situs ini secara gratis. Pastinya terdapat beragam jurnal dan e-book yang berguna untuk kita mahasiswa sebagai referensi tugas perkuliahan.

Untuk mengakses situs ini dapat langsung ke link disini : https://www.perpusnas.go.id/

intipkuliah-web1

3. DOAJ

Directory of Open Access Journals atau yang disingkat menjadi DOAJ adalah salah satu situs yang rekomen untuk kamu telusuri. DOAJ sendiri sudah ada sejak 2003 dan sudah terdapat 16 ribu jurnal dan 6 juta artikel dari berbagai negara, sehingga hal ini bisa memudahkan kita untuk mencari jurnal atau artikel yang kita butuhkan. Ada juga beberapa karya ilmiah yang bisa diakses secara gratis.

Untuk mengakses situs ini, dapat langsung ke link disini : https://doaj.org/

4. Sinta

Science and Technology Index atau yang disingkat Sinta adalah situs yang dikelola sendiri oleh Kamendikbud Ristek yang menyajikan jurnal nasional secara akreditasi. Di dalam situs ini, ada beberapa tingkatan yang perlu diketahui, seperti sinta 1 sampai 6. Sinta 1 memiliki peringkat tertinggi dalam jurnalnya, sehingga ada beberapa kelasnya dalam penilaian jurnalnya. Jurnal sinta juga dapat diakses dan dibaca secara gratis, sehingga memudahkan dalam pengerjaan tugas.

Untuk mengakses situs tersebut, dapat langsung ke link disini : https://sinta.kemdikbud.go.id/journals

5. Academia.edu

Mungkin kita tidak asing lagi dengan situs ini, karena di dalam situs ini terdapat beberapa jawaban dari pertanyaan kita, namun ternyata di dalamnya juga terdapat jurnal gratis yang dapat kita baca. Ada beberapa jurnal yang relevan untuk kita jadikan referensi.

Untuk mengakses situs tersebut, dapat langsung ke link disini : https://www.academia.edu/

Nah, itulah beberapa rekomendasi situs yang bisa digunakan untuk mencari jurnal. Namun, ketika kita membaca pasti ada kalanya kita merasa bosan, kami juga ada beberapa rekomendasi kegiatan agar tidak bosan dalam belajar. Untuk rekomendasinya bisa banget dibaca disini.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.