Jurnalistik, Universitas Padjadjaran

Jurnalistik Unpad (Suci)

Jurnalistik Unpad (Suci)

Hai sobat intipers! Perkenalkan nama aku Suci, dari jurusan Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Unpad. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Jurnalistik Unpad?

Jurnalistik itu bicara tentang kewartawanan dan media. Kita bakal belajar komunikasi secara umum di awal semester, mulai semester 2 dan 3 bahasan sudah dikerucutkan ke jurnalistik seperti jurnalistik visual, jurnalistik foto, penulisan berita, dan kajian media. Bisa dibilang jurnal itu merangkum semua ilmu yang ada di Fikom Unpad.

Tugas kuliah di Jurnalistik Unpad kaya gimana?

Kalau bicara tugas terkenal tugas banyak dan hectic. Tugas analisis di kelas, teori dan hal yang dipelajari di kelas akan dipraktikan dengan liputan ke lapangan. Praktik ke lapangan mulai dari semester 1. Pengalamannya pernah waktu itu ada tugas shadowing jadi kita mengikuti keseharian wartawan satu hari penuh, melihat realita profesi wartawan.

Slide3

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Dosen favoritku itu Pa Abi Besman, executive producer Kompas TV, dari awal belajar dengan beliau itu menyenangkan. Beliau bisa menempatkan dirinya sebagai dosen, teman dan seorang atasan. Mata kuliah favorit yang udah aku pelajari itu Kajian Media karena mata kuliahnya keren banget, diampu oleh dosen yang keren banget juga, meskipun emang sulit dan sering ada kuis. Kita bisa dapet ilmu yang banget, sesederhana kenapa orang sayang itu dikasih cokelat, kenapa orang yang mengungkapkan cinta itu dikasih bunga. Jadi, belajar bagaimana industri budaya di media.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Tantangan terberat itu tugas yang banyak banget, harus mendisiplinkan waktu dan menjalin relasi dengan orang lain untuk nanti bisa menembus ke media.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Alumni Jurnalistik Unpad di media ada, bagian researcher ada, jadi akademisi juga ada, sebarannya luas. Prospek kerja setelah lulus gak berarti tok menjadi wartawan, bisa juga press media, content creator, videographer, editor, dan profesi lain di lingkup jurnalistik atau menjadi pengajar.

Tips buat kamu yang udah masuk jurusan ini?

Tips untuk adik-adik, mantapkan lagi mengenai minat untuk masuk dunia jurnalistik, kalau memang iya saran aku banyak baca buku, gak malu untuk bertanya dan juga kritis dalam menanggapi satu hal.

Kode Konten: Y180

Komen dibawah! 18

  1. Riana

    Halo, Kak. Saya alhamdulillah lolos seleksi sbmptn di jurnalistik. Ada buku yang wajib dibaca gitu ga sih sebelum mulai kuliah? Awalnya saya masuk sini karena suka menulis, saya agak takut karena ternyata saya terlalu jarang baca berita dll. R

    • suciwulandari

      Halo Riana, selamat ya sudah lulus di Jurnalistik.
      Untuk semester awal, di jurnalistik kita akan belajar tentang komunikasi secara umum, kamu bisa baca buku pengantar ilmu komunikasi karangan Prof.
      Deddy Mulyana, atau kalau mau menjurus ke jurnalistik langsung, bisa juga baca 9 elemen jurnalisme.

  2. Ferdy Armando

    Kak saya mau tanya, saya kan maba tahun ini di jurusan jurnalistik di Jakarta. Apa harus punya alat tertentu di jurusan jurnalistik seperti kamera gitu kak? Soalnya saya jg dari keluarga yang kurang mampu

    • suciwulandari

      Halo Ferdy, selamat ya sudah jadi maba. Kalau untuk alat-alat seperti kamera tentu perlu, tapi kamu ga harus beli juga, nanti juga bisa pinjem ke temanmu. Aku juga sepeti kamu waktu jadi maba, dan ga mampu bisa beli kamera, tapi masih bisa pinjam ke teman, dan bisa survive kok di Jurnalistik.
      Semangat ya! 😊

  3. Sherly

    Assalamualaikum kak.
    Aku mau tanya kalau di jurusan ini biaya nya banyak gk? Soalnya aku kurang mampu. Trus aku pengen banget masuk jurusan ini sekarang aku kelas 3 sma. Apa ada yang harus aku baca atau search tentang jurusan ini? Aku juga mau nanya kak, gimana cara pendaftarannya untuk jurusan jurnalistik ini? Nanti kalau kita udah keterima tu kita tinggalnya nge kos kak?

    Maaf kak banyak nanya(^.^)
    Terima kasih

    • suciwulandari

      Waalaikumsalam, halo Sherly.
      Aku coba jawab ya, ini aku sharing sesuai pengalamanku kuliah di jurnalistik Unpad

      1. Kalau untuk biaya selama perkuliahan, ini tergantung bagaimana kamu eksplore selama kuliah, kemungkinan biayanya akan banyak tertuju pada biaya liputan seperti transportasi, kalau kamu punya kendaraan pribadi, akan jauh lebih memudahkan juga, ini khusus di Jurnalistik Unpad, ya.

      2. Kalau untuk bahan bacaan, tidak ada batasan buku apa yang harus dibaca, selagi itu ilmu, maka akan terpakai di Jurnalistik, karena di Jurnalistik kita dituntut serba tahu dan membaca. Untuk meyakinkan kamu bahwa Jurnalistik adalah pilihan yang cocok untukmu, mungkin bisa dimulai dari baca-baca hal apa saja yang dipelajari di Jurnalistik, apakah benar sesuai dengan yang kamu inginkan atau tidak.

      3. Cara daftar Jurnalistik Fikom Unpad, bisa lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN/UTBK ya, sama seperti jurusan lain.

      4. Ngekos/engga? Ini tergantung jarak rumah kamu ke kampus seberapa jauh, ini dikembalikan ke diri masing-masing. Kecuali untuk mahasiswa Bidikmisi di Unpad, untuk tahun pertama mahasiswa Bidikmisi diasramakan.

      Semangat ya, persiapkan diri dari sekarang😊

  4. Cahyuni Ayuninda

    Assalamualaikum kak.
    Kak saya mau tanya, kalo di jurusan ini apa harus anak IPS yang bisa masuk jurusan ini kak? Soalnya teman saya pernah nanya kegurunya trus bilang kalo di UNPAD Jurusan ini harus anak IPS, benar gak kak?

    • suciwulandari

      Waalaikumsalam, halo Cahyuni Untuk jurusan Jurnalistik Unpad masuk ke rumpun sosial humaniora (soshum), akan tetapi tidak menutup kemungkinan anak IPA tidak bisa masuk. Anak IPA bisa masuk dengan syarat mengambil rumpun soshum ketika UTBK atau biasa kita kenal dengan istilah lintas jurusan. Tetapi untuk jalur undangan, memang tidak bisa karena masuknya rumpun IPS.

  5. bella savitri

    assalamualaikum kak, saya bella saya kan suka menulis cerita, nah jadi saya bingung saya kurang suka banyak bicara seperti wartawan jadi apakah di jurusan jurnalistik ini tidak semua akan seperti wartawan. adakah ada yang lain yang bagus untuk seorang penulis
    terimakasih kak.

  6. I Gusti Komang Yoga

    Halo kk, perkenalkan nama saya I Gusti Komang Yoga saya dari Palembang. Saya ingin bertanya apakah orang cadel bisa masuk ke jurnalis? cadelnya gak terlalu parah sih kk, dan untuk jurusan jurnalistik itu ada di kampus apa saja kk selain UNPAD?

  7. Hadaria putri

    Assalamu’alaikum kk:)
    Saya hadaria putri saya anak SMK.
    Univ fav saya UNPAD .
    Kk bagi tips dong supaya bisa masuk UNPAD . Dan apakah ketika kita jurusan jurnalistik harus bisa bahasa Inggris atau yg lainnya kk?
    Dan ketika jurusan jurnalistik apakah kita harus bisa berbicara seperti wartawan itu ga KK?

  8. Virdiya

    Ka kalo mau masuk ke jurusan jurnalistik, nanti bisa Nyambi sambil kerja nggak?
    Terus harus bisa bahasa Inggris nggak?

  9. Shafa anin

    Hai kak, aku mau tanya tentang persiapan untuk masuk jurusan jurnalistik. Kira-kira hal apa aja yang harus kita persiapin ya ? Karna jujur aku interest bgt ke jurusan jurnalistik.

  10. Revalina Dwi

    Halo kak, saya Revalina.
    Saya ingin masuk UNPAD jurusan jurnalistik tetapi saya tidak terlalu pandai dalam B. Inggris, apakah itu mempengaruhi kak? Dan apa saja yang harus dipelajari agar bisa lolos jurusan ini kak? Terimakasih.

  11. Naila tunnada

    Assalamualaikum kak..kak aku naila dari palembang. Kak aku camaba 2021 mau ngambil jurnalistik uin jakarta tp B. Inggris aku gk terlalu lancar dan bagus bahkan bisa di katakan minim kali kak dan apakah aku bisa masuk jurusan jurnalistik kak?
    Terus aku gak terlalu suka membaca dan menulis kak jadi aku bisa masuk jurnalistik kak? Aku butuh saran dari kakak. Terus kak kalo kita blm bisa menganalisis dg baik dan bicara dg kritis gimana tu kak?
    Soalnya aku takut kalo pas kuliah aku kayak org emang gk tau apa kak. Mohon jawaban dari kakak🙏

  12. Saffanatus saniyyah

    Assalamualaikum,kak gimana kalau tingkat SMAnya itu masuk MA dan disitu jurusannya cuma Ipa dan kitab gak ada Ips, dan saya masuk Ipa.Apa saya bisa masuk jurusan jurnalistik apa nggak kak?

  13. Wildan Anugrah Muhajir

    Hallo selamat pagi ka
    Saya Wildan klo kuliah jurusan ilmu komunikasi bisa ngambil yang kelas karyawan gak ka soalnya sambil kerja 🙏

  14. lukman

    Hallo kak! Saya Lukman, saya mau tanya. Apakah di jurusan jurnalistik akan mempelajari desain grafis ( co : adobe illustrator ) ? Dan apakah Jurnalistik Unpad menerima mahasiswa untuk ekstensi ke S1?

    Semoga Kak Suci berkenan untuk menjawabnya 🙂
    Terima Kasih 🙂

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *