STAN

Jurusan di PKN STAN Terbaru Paling Lengkap

Jurusan di PKN STAN Terbaru Paling Lengkap

Kamu punya ketertarikan untuk masuk ke STAN? Kalau iya, kamu perlu mengetahui jurusan di PKN STAN, nih. PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan Perguruan Tinggi Negeri di bawah naungan Kementerian Keuangan yang mengadakan pendidikan di bidang pengelolaan keuangan negara.

Jurusan di STAN Terbaru Paling Lengkap

1. Jurusan di STAN : Akuntansi

Akuntansi dinilai menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di STAN. Mengapa demikian? Pada dasarnya, lulusan jurusan Akuntansi bisa ditempatkan ke semua instansi karena memang kemampuannya relatif paling umum bila dibanding dengan jurusan lain yang ada di PKN STAN.

Secara garis besar, Akuntansi adalah proses pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan suatu entitas. Di STAN sendiri, jurusan Akuntansi ada dua program, yaitu Diploma III dan Diploma IV. Saat ini ada tambahan jurusan baru untuk Diploma IV Akuntansi Sektor Publik.

Nah apa aja, sih, yang dipelajari di Akuntansi? Secara umum, yang dipelajari di Akuntansi STAN dan di Akuntansi universitas lain nggak jauh beda. Namun, di STAN ada tambahan mata kuliah di bidang pemerintahan seperti Keuangan Publik, Hukum Keuangan Negara, Akuntansi Pemerintahan, dan lain-lain.

2. Pajak

Jurusan PKN STAN yang selanjutnya yaitu Pajak. Di STAN, jurusan Pajak memiliki tiga program studi unggulan, yaitu D1 & D3 Pajak, D3 PBB/Penilai.

intipkuliah-web1

Mata kuliah dari jurusan Pajak di antaranya ada Akuntansi dasar sampai menengah, Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), dan masih banyak lagi.

Sebagian besar lulusan jurusan Pajak akan ditempatkan di Ditjen Pajak.

3. Kepabeanan dan Cukai

Kamu pasti sering mendengar istilah Bea Cukai. Nah, buat kamu yang bermimpi bekerja di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), bisa banget, nih, mulai cari tahu informasi mengenai jurusan PKN STAN yang satu ini.

Buat kamu yang belum paham istilah Kepabeanan dan Cukai, mimin akan coba jelaskan secara singkat. Kepabeanan sendiri merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah serta pemungutan bea masuk dan keluar.

Sedangkan Cukai merupakan pungutan dari negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau  karakteristik yang telah diatur dalam undang-undang.

Di STAN sendiri, jurusan Kepabeanan dan Cukai menyediakan dua program studi, yaitu D3 Kepabeanan dan Cukai dan D1 Kepabeanan dan Cukai.

Jurusan PKN STAN yang satu ini juga merupakan satu-satunya yang menerapkan pendidikan semi militer. Selain belajar di ruang kelas, kamu juga akan menjalani kegiatan rutin, seperti olahraga, dan baris-berbaris. Oleh karena itu, jurusan Diploma III Kepabeanan dan Cukai pada dasarnya dikhususkan untuk para laki-laki. Sedangkan D1-nya boleh diikuti oleh laki-laki dan perempuan.

Kamu akan belajar banyak mata kuliah di jurusan Kepabeanan dan Cukai,  mulai dari pengantar kepabeanan dan cukai, hukum keuangan negara, audit kepabeanan dan cukai I dan II, dan masih banyak lagi.

Sama seperti Akuntansi, Kepabeanan dan Cukai juga masuk ke dalam daftar jurusan yang paling diminati di STAN, lho!

4. Kebendaharaan Negara

Sama seperti Kepabeanan dan Cukai, jurusan PKN STAN yang satu ini juga terdiri dari dua program, yaitu Diploma I Kebendaharaan Negara dan Diploma III Kebendaharaan Negara.

Kalau mendengar kata bendahara tentu kamu enggak asing dengan hal-hal yang berbau uang. Nah, kalau Kebendaharaan Negara ini sendiri akan berfokus untuk mengurus keuangan negara. Jadi, ruang lingkupnya lebih luas nggak cuman sekadar kelas aja.

Ada banyak sekali mata kuliah yang akan kamu pelajari dari Kebendaharaan Negara, mulai dari hukum keuangan negara, manajemen keuangan, pengelolaan keuangan daerah, hingga pelaksanaan belanja negara.

5. Penilai/Pajak Bumi Bangunan

Jurusan PKN STAN yang satu ini hanya ada satu-satunya di Indonesia, di universitas lain belum ada. Jadi, bisa dibilang jurusan Penilai/Pajak Bumi Bangunan (PBB) sifatnya spesialisasi.

Di jurusan ini, secara garis besar kamu akan mempelajari banyak mata kuliah, mulai dari ilmu ukur tanah dan pemetaan, manajemen properti, pemeliharaan bangunan, penilaian sumber daya, hingga perencanaan kota.

Lulusan dari jurusan Penilai/PBB nanti bisa ditempatkan di Ditjen Pajak, Ditjen Kekayaan atau BPKP.

6. Manajemen Aset

Sama seperti halnya Akuntansi dan Kepabeanan dan Cukai, Manajemen Aset juga menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di STAN, lho! Jurusan PKN STAN yang satu ini awalnya tersedia untuk program Diploma III saja, namun sekarang sudah tersedia Diploma IV Manajemen Aset Publik dan Diploma IV Manajemen Keuangan Negara sebagai jurusan baru yang ditambahkan.

Bisa dibilang, jurusan Manajemen Aset ini merupakan jurusan “hukumnya STAN”. Pasalnya, kamu akan berkutak-katik dengan mata kuliah hukum yang nggak bakalan jauh-jauh dari topik masalah piutang lelang negara (bisa jadi juru sita atau juru lelang) serta penilaian aset dan properti.

Dan itulah jurusan-jurusan yang ada di PKN STAN. Kalau kamu ingin berkuliah di sana maka segera persiapkan dari sekarang yuk! Kunjungi juga Instagram Intipkuliah untuk informasi seputar perkuliahan secara lengkap, klik di sini.

 

Baca juga:

5 Universitas Terbaik di Australia

Jurusan Sepi Peminat dengan Prospek kerja dan Gaji Tinggi

4 Program Pertukaran Pelajar Gratis Terbaik

Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.