Ekonomi Syariah, IAIN, UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Yogyakarta, Universitas Islam Negeri

5 Kampus Jurusan Ekonomi Syariah Rekomendasi intipkuliah.com

5 Kampus Jurusan Ekonomi Syariah Rekomendasi intipkuliah.com

Mengingat warga penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam, banyak sekali perbankan Islam, lembaga keuangan, unit usaha, dan lainnya berbasis Islam yang artinya menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam berekonomi. Praktisi-praktisi perbankan syariah pada umumnya berasal dari jurusan Ekonomi Syariah. Unit dan praktisinyapun diprediksi akan terus bertambah dengan pesat. Sehingga peluang untuk kamu dapat bekerja dibidang ini juga sangatlah bagus.

Dalam agama Islam segalanya telah diatur dengan sangat apik tidak terkecuali pula nilai dan hukum ekonomi (jual-beli, utang-piutang, bagi hasil, simpan-pinjam, dll). Subjek-subjek yang dipelajari jurusan Ekonomi Syariah secara garis besar tidaklah berbeda dengan jurusan Ekonomi lainnya, Hanya saja konsep dasarnya berlandaskan hukum Islam yakni Qur’an, Hadits, kaidah fiqih, dan sebagainya. 

Jadi, jika kamu masuk Jurusan Ekonomi Syariah, kamu akan memahami bagaimana pengelolaan keuangan dan bisnis dalam Islam.

 

Yuk lihat kampus-kampus yang menawarkan Jurusan Ekonomi Syariah rekomendasi dari Intipkuliah.com

intipkuliah-web1

1. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Siapa yang tidak kenal dengan UIN, bentuk perguruan tinggi Islam negeri di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam disiplin ilmu keaagaman Islam. Kampus yang membawa nilai-nilai islam ini yang banyak sekali peminatnya. Universitas Islam Negeri Gunung Djati atau lebih dikenal dengan nama UIN Bandung merupakan kampus  yang beralamat di Jl. A.H. Nasution No. 105A, Cibiru, Bandung, Jawa Barat. Universitas Islam Negeri Gunung Djati terdapat jurusan Ekonomi Syariah dalam naungan Fakultas Syariah dan Hukum dengan predikat Akreditasi ‘A’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau yang biasa kita sebut dengan BAN-PT dan akreditasi diberikan pada tanggal 5 Mei 2020 lalu. 

Visi prodi Ekonomi Syariah Sunan Gunung Djati adalah menjadi program studi Ekonomi Syariah yang unggul dan kompetitif berbasis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah di Asia Tenggara 2025.

2. Institut Agama Islam Tazkia

Jurusan Ekonomi Syariah

Gedung Kampus Institut Tazkia Sentul, Jawa Barat

Sebelumnya namanya adalah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia kemudian beralih status menjadi Institut Agama Islam (IAI) Tazkia yang telah diresmikan pada tanggal 22 Mei 2019 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 449 tahun 2019.

Secara Institusi, IAI Tazkia ini berfondasikan Ekonomi Syariah, mulai dari teori hingga praktik keilmuan Ekonomi Islam. Sehingga tentunya Institut Agama Islam Tazkia memiliki Jurusan Ekonomi Syariah yang berada dibawah Fakultas Hukum/Syariah juga telah terakreditasi A oleh BAN-PT sejak 2019 lalu.

Dan dengan bangganya Institut Agama Islam Tazkia telah mendapatkan penghargaan kelas dunia sebagai kampus penyedia pendidikan keuangan syariah terbaik di dunia. Penghargaan ini diberikan langsung dari Global Islamic Finance Award 2 tahun berturut-turut (2020-2021). Prestasi IAI Tazkia ini mengungguli berbagai lembaga pendidikan yang tersebar lebih dari 60 negara. 

Wah keren sekali ya sobat intipers!

3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

jurusan ekonomi syariah

Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Jogja

Perguruan Tinggi Islam Negeri pertama di Indonesia yakni Universitas Sunan Kalijaga (disingkat : UIN SUKA) berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Sleman yang bernuansa asri dan dingin. Sama seperti UIN Bandung, UIN Sunan Kalijaga juga menawarkan prodi Ekonomi Syariah yang berada dalam naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Hebatnya prodi Ekonomi Syariah ini telah berhasil meraih akreditasi program studi dengan peringkat A dari BAN-PT 2021 sampai dengan masa aktif sertifikat akreditasi yakni 5 tahun dengan artian hingga tahun 2026. Ini adalah lonjakan yang bagus dikarenakan hasil penilaian akreditasi yang pertama pada tahun 2014 baru meraih pada peringkat B.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Duh, siapasih yang tidak kenal dengan Institut Pertanian Bogor, kampus yang awalnya hanya berkecimpung pada perkembangan pertanian dan pengembangan pedesaan, saat ini telah melakukan banyak perubahan dan kemajuan. Salah satunya dengan memperluas keilmuwan dengan menyediakan berbagai macam fakultas dan prodinya.  

IPB membuka program studi Ekonomi Syariah dibawah Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM). Prodi Ekonomi Syariah di IPB dilatarbelakangi oleh pendekatan kebijakan ekonomi konvensional bagi para petani tidak setara atau tidak adil, karena tidak memedulikan kultur petani. Akreditasi program studi Ekonomi Syariah IPB pada peringkat A tahun 2018 oleh BAN-PT. Serta IPB tercatat sebagai perguruan tinggi negeri kedua yang menawarkan prodi Ekonomi Syariah setelah Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya.

 

Terdapat dalam website LPPM IPB, mengenai prodi Ekonomi Syariah di IPB ini menerapkan kurikulum yang mengintegrasikan kemampuan ekonomi secara komprehensif meliputi Dirosah Islamiyyah dan kuntitatif, sehingga berbeda dengan yang diterapkan pada perguruan tinggi Islam yang lebih menekankan fikih dan syariat. Lulusan S1 Ekonomi Syariah IPB diharapkan mahir fikih dan analisis kuantitatif.

5. Universitas Indonesia

jurusan ekonomi syariah

Universitas Indonesia (UI) termasuk salah satu kampus ternama di Indonesia ini dengan salah satu kekhasannya yaitu jasnya yang berwarna kuning yang biasa disebut jakun juga tidak mau kalah dengan perguruan tinggi lainnya, turut menawarkan jurusan Ekonomi Syariah sejak 2013 dan sayangnya hanya dibuka untuk pendidikan S1 Reguler yang dapat ditempuh melalui jalur SBMPTN, SNMPTN, dan juga SIMAK UI.

Sebelum berakhir, kamu bisa banget intip kisah mahasiswa jurusan Ekonomi di website Intipkuliah.com

Keren-keren Semua ya Intipers. Dari 5 rekomendasi kampus jurusan Ekonomi Syariah, mana nih yang paling memikat hati kamu untuk jadi bagian dari kampus tersebut?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.