Kesehatan Masyarakat

JURUSAN KESMAS BEDA DONG DENGAN JURUSAN KESEHATAN LAINYA (Part 2)

Halo.. Perkenalkan saya Mohammad Muflihuddin Paputungan, saya lahir di Manado 14 Agustus 1998, saya biasa disapa Mufli dan saya merupakan mahasiswa aktif di salah satu kampus yang ada di Provinsi Gorontalo yang dikenal dengan serambi madinah yaitu kampus peradaban Universitas Negeri Gorontalo. Saya akan menceritakan perjalanan saya datang sebagai perantau di bumi serambi madinah untuk melanjutkan pendidikan saya.

Saya pertama kali menginjakkan kaki di Provinsi Gorontalo pada bulan mei tahun 2016, wakttu saya akan melaksanakan tes ujian SBMPTN, dalam seleksi SBMPTN saya mengambil program studi yaitu Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat. Karena dalam pemilihan program studi itu ada 2 pilihan maka saya memilih kedua program studi itu. Setelah saya ikut test. Saya balik ke kota asal saya yaitu di Manado. Kemudian selang beberapa bulan, waktu pengumumanyapun tiba. Dan dengan sangat menyesal hati yang bercampur aduk karena saya dinyatakan tidak lulus dalam seleksi SBMPTN. Namun, saya tidak berputus asa, saya terus mencoba masuk melalui jalur mandiri, yang merupakan jalur terakhir untuk masuk di PTN khsusunya yang ada di Universitas Negeri Gorontalo.

unisa

Sama seperti seleksi SBMPTN, saya juga memilih ke dua Program studi yang sama. Dan selang beberapa bulan, pengumuman tes pun tiba. Dan Alhamdulillah saya dinyatakan LULUS di Universitas Negeri Gorontalo dengan program studi kesehatan masyarakat. Saya memang suka dengan jurusan kesehatan, namu yang saya tahu itu jurusan kesehatan itu ada kedokteran, keperawatan, bidan dan farmasi. Namun, saya lulus di jurusan kesehatan masyarakat yang sebelumnya saya tidak tahu mengenai jurusan tersebut. Tetapi, saya tetap bersyukur karena saya sudah berhasil lulus di jurusan kesehatan.

Setelah lulus di jurusan kesehatan masyarakat, saya mulai mencari tahu seputar informasi mengenai jurusan kesehatan masyarakat di google, dan alhamdulillah saya pun mulai tertarik dengan jurusan ini. Ternyata jurusan kesehatan masyarakat sangat berbeda dengan jurusan kesehatan lainya. Dimana, jurusan kesehatan masyarakat ini atau biasa dikenal dengan KesMas lebih mengutamakan promotif dan preventif. Nah, kan dalam dunia kesehatan itu ada yang dikenal dengan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Nah, untuk Kesmas sendiri lebih ke Promotif dan preventif. Apa itu promotif dan preventif? Itu merupakan salah bentuk pencegahan dan peningkatan kesehatan masyarakat agar masyarakat tidak sakit melalui promosi kesehatan. Misalnya nih, Bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat, makanan yang bergizi  dan lain sebagainya. Dan yang lebih penting jurusan kesmas itu TIDAK memegang suntik ataupun obat karena itu, mereka hanya fokus di promosi dan peningkatan kesehatan masayarakat.

Setelah beberapa bulan saya belajar di Program studi kesehatan masyarakat, saya mjulai menyadari bahwa mencegah suatu perilaku yang tidak baik untuk kesehatan itu penting daripada mengobatinya, karena dengan mencegah kita dapat mengurangi angka kematian dan ekonomi kita tidak menurun. Dan ada juga yang membuat saya terpukau dengan jurusan kesmas ini, di jurusan ini ada yang dikenal dengan istilah MIRACLE seperti kita ketahui bahwa MIRACLE artinya Keajaiban. Ya, Kesmas merupakan Keajaiban tuhan untuk mencegah masalah kesehatan yang sering diderita manusia. “MIRACLE” yang merupakan singkatan dari Manager (manajer), Innovator (pembaharu), Researcher (peneliti), Apprenticer (mampu belajar dalam tim dan mampu bekerja cepat), Communitarian (merakyat), Leader (memimpin) dan Educator (pendidik). Untuk bisa menjadi Miracle, seorang ahli kesmas harus mempunyai basic public health skills. Terdapat beberapa fungsi ilmu kesehatan masyarakat, yaitu mengkaji dan memantau masalah kesehatan di masyarakat atau kelompok berisiko dalam upaya mengidentifikasi masalah dan menetapkan prioritas masalah, memformulasikan kebijakan kesehatan, dan menjamin agar masyarakat memiliki akses yang tepat terhadap pelayanan yang cost effective.

pmb2-min

Saya makin sadar bahwa jurusan kesehatan masyarakat sangat berbeda dengan jurusan kesehatan yang lain, jurusan kesehatan masyarakat multidisiplin ilmunya, karena kenapa? Di jurusan kesehatan masyarakat terdapat 8 Pilar yang akan mahasiswa pilih nanti ketika mereka duduk dibangu perkuliahan semester 5.
8 Pilar atau biasa kita sebut dengan peminatan atau konsentrasi, apa aja sih 8 pilar itu? Pilar itu yaitu Kesehatan lingkungan, Epidemiologi, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Administrasi Kesehatan, Gizi masyarakat, Biostatistik, Promosi Kesehatan dan Kesehatan Reproduksi. Sangat banyak kan? Itulah Kesmas sangat Multidisiplin keilmuanya. Dan sekarang, saya sudah masuk semester 7 dan sudah di fase semester akhir dan mengambil peminatan Epidemiologi. Untuk tahun saya peminatan, yang terbuka adalah Kesling, K3, Manajemen RS, Gizi dan Epidemiologi.

Nah kenapa saya memiliki peminatan ini karena Epidemiologi merupakan ilmu yang biasa disebut Mother of Public Health. Epidemiologi tidak hanya mempelajari distribusi penyakit dan faktor faktor penyebab penyakit, tetapi juga mengkaji segala macam masalah kesehatan. Seperti pernyataan dari  WHO berikut ini “Epidemiology is the study of the distribution and determinants of health-related states or events (including disease), and the application of this study to the control of diseases and other health problems.”

Dalam epidemiologi itu kita lebih fokus untuk mencari tahu apa penyebab Masalah kesehatan. Misalnya nih, dalam suatu desa telah terjadi wabah atau kejadian luar penyakit diare, maka dari situlah mahasiswa epidemiologi turun langsung ke lapangan untuk mengidentifikasi apa yang menjadi penyabab masalah kesehatan itu di daerah tersebut, sehingga mereka dapat melaporkan hasil survey yang telah mahasiswa epidemiologi ambil untuk di beritahukan ke dinas kesehatan atau puskesmas yang ada di daerah tersebut. Dengan demikian, ketika sudah diketahui penyebabnya maka dengan mudah dapat mencari solusi untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang ada di daerah itu.

Itulah cerita saya masuk di Jurusan Kesehatan Masayarakat Universitas Negeri Gorontalo sejak tahun 2016 sampai sekarang. Saya sangat bangga masuk di jurusan ini, dan dapat mengaplikasikan ilmu kesmas yang saya dapat di bangku perkuliahan melaui program belajar lapangan 1,2 dan 3. Karena mahasiswa kesmas tidak hanya diam di kelas tetapi juga selalu berkecimpung atau berinteraksi langsung dengan masyarakat. Karena kita S.KM = SehatKan Masyarakat. Terimakasih, Semoga menginpirasi teman-teman semua..

Wassalamualaikumm Warrahmatullahi Wabarakatuh…

CP :

Instagram : @mufli_paputungan

No tlp : 085298649738

Email : muflipaputungan@gmail.com

 

Kode Konten : KL013

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *