Bisnis

Jurusan Kuliah Bisnis Digital dan Peluangnya di Masa Depan 

Jurusan Kuliah Bisnis Digital dan Peluangnya di Masa Depan 

Jurusan Kuliah Bisnis Digital dan Peluangnya di Masa Depan 

Sobat Intipers, SBMPTN 2022 merupakan salah satu dari 3 jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berdasarkan pada hasil ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan telah dilaksanakan dalam dua gelombang pada 17-23 Mei 2022 untuk gelombang pertama dan 28 Mei-03 Juni 2022 bagi gelombang kedua. Jumlah pendaftar SBMPTN tahun 2021 mencapai 777.858 orang. Sementara tahun ini naik menjadi 800.852.  

Selain kuota penerimaan yang bertambah, hal lain yang menyebabkan meningkatnya jumlah siswa pendaftar SBMPTN yaitu pembukaan beberapa jurusan baru oleh sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN). Salah satunya adalah Jurusan Bisnis Digital, seperti apa jurusan kuliah ini? Yuk simak sampai akhir! 

Jurusan Kuliah Bisnis Digital  

Perkembangan teknologi yang pesat membuat masyarakat bergantung pada teknologi. Tercatat pada 2020 transaksi e-commerce di Indonesia bisa melampaui 130 milliar dollar atau 1.755 triliun.Hal ini merupakan peluang yang besar untuk memasuki dunia Bisnis Digital. 

Jurusan Bisnis Digital merupakan jurusan yang mempelajari ilmu bisnis yang digabungkan dengan teknologi digital. Jurusan ini dikembangkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia di bidang penguasaan market place, big data, hingga artificial intelligence. 

Selain itu, jurusan Bisnis Digital mempersiapkan kita untuk berbagai peran pekerjaan dalam lingkup bisnis digital, seperti pemasaran digital, transformasi digital, sistem perusahaan, pengembangan aplikasi, analisis bisnis, manajemen umum, kepemimpinan, serta konsultasi dan kontrak di semua sektor dan industri. Kita juga akan mengembangkan keterampilan, pengetahuan, alat, dan teknik yang diperlukan untuk transformasi digital. Kurikulum yang luas mencakup segala hal mulai dari inovasi dan hambatan digital hingga pemasaran digital.  

intipkuliah-web1

Jurusan bisnis digital

Lalu, apa saja ya mata kuliah yang diajarkan dan kampus yang memiliki jurusan ini? Terus bagaimana prospek karier kedepannya? Tenang, Sobat Intipers akan dapat jawabannya secara lengkap di sini! 

  • Mata Kuliah Jurusan Bisnis Digital 

Saat berkuliah di jurusan ini, kita akan memperoleh mata kuliah antara lain: 

  1. Pengantar Bisnis
  2. Perilaku Konsumen 
  3. Pemasaran Internet 
  4. Statistika 
  5. Hukum Bisnis 
  6. Pengantar Manajemen 
  7. Akuntansi Manajemen 
  8. E-Commerce Business 
  9. Database 
  10. Analisa Bisnis Digital 
  11. Matematika Bisnis 
  12. Strategi Bisnis Digital dan Implementasi 
  13. E-Marketing & E-CRM 
  14. Sistem Informasi Manajemen 
  15. Etika Bisnis 
  16. Ekonomi Digital Baru       

Universitas dengan Jurusan Bisnis Digital

Universitas Padjadjaran

Para mahasiswa jurusan Bisnis Digital tidak hanya mengikuti perkuliahan dengan pengajar dari FEB Universitas Padjadjaran, namun juga dari beberapa sektor keilmuan antara lain Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Komunikasi. Selain itu kampus ini juga akan menggandeng para praktisi di industri bisnis digital. 

Universitas Negeri Jakarta 

Program Studi (S1) Bisnis Digital Universitas Negeri Jakarta resmi dibuka untuk mahasiswa sejak tahun 2020. Jurusan ini didirikan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar dapat memberikan kontribusi bagi pemangku kepentingan dan menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang digitalisasi bisnis. 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

Untuk menjawab berbagai perubahan yang disebabkan oleh kemajuan teknologi dan informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mendirikan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital pada tahun 2019. Fakultas ini membawahi 6 departemen yaitu Desain Produk Industri, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Manajemen Bisnis, Manajemen Teknologi, dan Studi Pembangunan. 

Binus University 

Program studi Business Creation atau Penciptaan Bisnis yang didirikan oleh Binus University ini dirancang khusus untuk membentuk wirausaha masa depan yang kreatif dan inovatif. Kurikulum dirancang dengan mengombinasikan antara teori dan praktik sehingga siswa direncanakan sudah dapat memulai bisnis baru di tahun ketiga. Sebagian besar materi kuliah disampaikan oleh pengusaha dan pemilik modal yang sudah berpengalaman. 

Prospek Kerja Alumni Jurusan Bisnis Digital 

Meskipun masih terbilang baru, jurusan bisnis digital mempunyai berbagai peluang karier yang menjanjikan. Berdasarkan detik.com berikut ini peluang karier untuk lulusan jurusan bisnis digital:

  1. Digital business analyst
  2. Financial technology analyst
  3. Business intelligence analyst
  4. Human-centered designer
  5. Digital entrepreneur
  6. Professional digital marketer
  7. Digital business consultant
  8. Business intelligence manager
  9. Startup consultant
  10. Financial analyst
  11. Marketing analyst
  12. Data scientist
  13. Data analyst
  14. Startup entrepreneur

Itulah beberapa penjelasan mengenai jurusan bisnis digital, apakah Sobat Intipers tertarik? Semoga artikel ini membantu ya! 

Oh iya, kalau kamu merasa terbantu dan tidak mau ketinggalan update seputar informasi perkuliahan, jangan lupa follow mimin intipkuliah di Instagram dan baca seputar perkuliahan lainnya di sini.

Yuk, tinggalkan komentar kalau kamu merasa artikel ini sangat bermanfaat!

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.