Pariwisata, Tips

Jurusan Pariwisata, Intip Fakta Serunya di Sini!

Jurusan Pariwisata, Intip Fakta Serunya di Sini!

Tidak sedikit pelajar yang menyukai atau memiliki hobi wisata ke beberapa tempat. nah, untuk yang memiliki hobi ini dan sekarang masih bingung mau kuliah di jurusan apa, jurusan Pariwisata bisa banget masuk ke list referensi kuliahmu loh.

Saya Intan Khairunnisa, ingin sedikit berbagi pengalaman selama manjadi mahasiswa jurusan Pariwisata di salah satu universitas negeri. Semoga bisa menjadi secercah cahaya buat kamu yang penasaran dengan jurusan ini.

Apa Itu Jurusan Pariwisata

Jurusan Pariwisata adalah prodi yang mempelajari perjalanan wisata dimulai dari destinasi, transportasi, hingga akomodasi, bagaimana kita mengetahui alur pariwisata dimulai dari proses perencanaan, pengembangan dan pemasaran dalam bidang pariwisata. Jurusan ini memiliki 3 fokus, yaitu Non-pendidikan Manajemen Resort & Leisure, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Industri Katering.

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Baca juga: Dina Wati dari jurusan Manajemen resort and leisure UPI / MRL UPI

Hal Unik di Jurusan Pariwisata

Menggunakan seragam menjadi salah satu keunikan di jurusan ini, jadi kamu tidak perlu pusing untuk memikirkan pakaian. Selain itu, Jurusan Pariwisata dikenal dengan 3G (Gesture, Grooming, Greeting), berseragam rapih, menggunakan heels, ber-makeup, dan paling penting adalah attitude atau bagaimana menjaga sikap dan perilaku yang baik. Berhubung saya diwaktu SMA dulu lumayan tomboy. Hal yang membuat sangat kaget yaitu makeup, beruntungnya punya teman baru yang mau mengajari makeup simple atau natural.

Mata Kuliah Jurusan Pariwisata

Berhubung saya mengambil fokus MRL di jurusan Pariwisata. Mata kuliahnya meliputi perencanaan dan pengembangan pariwisata. Di dalamnya ada beberapa mata kuliah, yaitu, Dasar-Dasar Manajemen Pariwisata, Hukum Bisnis Pariwisata, Analisis Pariwisata, Hospitality, Bahasa lanjutan (Inggris, Jepang dan Mandarin), Geografi Pariwisata, Sosiologi Dan Antropologi, Ekologi Pariwisata, Morfologi dan Hidrologi Pariwisata, Perilaku Konsumen, MICE dan masih banyak lagi.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Pengalaman yang Berkesan

Hal yang berkesan di Jurusan Pariwisata yaitu pada saat ada tugas seminar membahas destinasi pilihan saat praktek. di tempat itu saya meneliti kelayakan objek wisata untuk menjadi tempat wisata berdasarkan beberapa aspek: usaha pengembangan, dampak terhadap lingkungan dan masyarakat.

Pusing sih memang, tapi sangat seru, karena mental kita benar-benar dilatih untuk kerjasama tim, berkomunikasi, bahkan diharuskan menggunakan aplikasi SketchUP dan Arcgis. Berasa jadi anak arsitek banget pokoknya!

Fakta dan Mitos Jurusan Pariwisata

Jurusan yang Kerjanya Jalan-Jalan

Anggapan tersebut salah banget. Memang ada beberapa mata kuliah yang mengharuskan kita praktek keluar alias jalan-jalan, tapi sebenarnya bukan fokus ke jalan-jalannya, tapi ada tugas dan tanggung jawab yang menumpuk dan begadang yang tak kunjung usai.

Menguasai Semua Informasi Tempat Wisata

Banyak sekali yang bertanya hal tersebut. Pada kenyataannya, tidak sepenuhnya tahu tentang semua objek wisata apalagi yang bertanya tentang objek wisata diluar tempat kita tinggal, ada jutaan objek dan destinasi wisata di Indonesia, tidak mungkin kan kita hafalkan satu persatu.

Tips calon mahasiswa Jurusan Pariwisata

  • Fokus Minat

Pastikan kalian memilih fokus yang sesuai dengan minat kalian ya, karena dunia pariwisata sangat luas. Contohnya kalian suka mengatur perjalanan, pilihlah jurusan pariwisata yang fokusnya di Tour and Travel, atau kalian suka dengan hal-hal yang berbau perhotelan dan akomodasi lainnya maka pilihlah jurusan yang sesuai, dan seterusnya.

  • Biaya di Jurusan Pariwisata

Jangan takut dengan biaya berkuliah di jurusan ini, karena kesempatan beasiswa di dunia perkuliahan itu sangat banyak, harus rajin mengecek informasi terbaru tentang beasiswa dan kebijakan keringanan biaya dari prodi atau fakultas.

  • Keahlian Bahasa

Pengen masuk pariwisata tapi tidak bisa bahasa Inggris. Tenang saja, karena dijurusan pariwisata dipelajari public speaking dan bahasa dasar lanjutan untuk memperdalam basic berbahasa Inggris. Selain itu, ada beberapa pilihan bahasa asing lainnya yang bisa dipilih berdasarkan minat.

Prospek Kerja

Prospek kerja untuk lulusan Jurusan Pariwisata ini tidak hanya sebagai Tour guide, loh. kamu bisa menjadi bagian dari Konsultan Pariwisata, Industri Perhotelan, Industri Kuliner, Penyelenggara MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), PNS, hingga menjadi Conten Creator di era digital saat ini.

Sekian penjelasan dari jurusan yang pernah saya ampu. Saya harap dengan tulisan ini bisa memberikan sedikit pencerahan buat kamu yang bingung memilih jurusan kuliah. Segera persiapkan diri dengan membuat list masa depan yang ingin kamu gapai. Kamu bisa mencari daftar kampusnya di sini

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.