Tips

Jurusan Sepi Peminat dengan Prospek kerja dan Gaji Tinggi

Jurusan Sepi Peminat dengan Prospek kerja dan Gaji Tinggi

Pilihan jurusan kuliah kian banyak dan beragam. Mulai dari jurusan kuliah dengan peminat banyak hingga jurusan kuliah sepi peminat. Semua itu dibedakan dari seberapa besar pengaruh jurusan itu di dunia kerja.

Pengaruh dalam dunia kerja ikut menjadikan persaingan ke jurusan favorit akan semakin terasa berat. Namun, buat kalian yang masih bingung atau tidak percaya diri untuk ikut bersaing di jurusan kuliah favorit, ada daftar jurusan kuliah sepi peminat dengan prospek kerja tinggi yang bisa masuk list kamu.

Yuk, simak apa saja jurusan sepi peminat berdasarkan LTMPT dengan peluang kerja yang tinggi.

  1. Sains Data (Data Science)

Jurusan sepi peminat pertama adalah Sains Data, di jurusan ini kamu akan belajar tentang mengolah data terstruktur dan tidak terstruktur. Dr. I Gede Susrama Mas Diyasa, S.T., M.T. mengatakan:

Sains Data dalam era digital dan big data saat ini cukup penting karena begitu melimpahnya data yang tersedia seperti di bidang kesehatan, pemerintahan, bisnis, perbankan, keuangan, manufaktur, pemasaran, dan lain-lain.

Prospek kerja

Sains Data termasuk jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja tinggi di masa depan. lulusannya juga dapat mencoba beragam karier seperti data scientist, data analyst, dan data engineer machine learning engineer, machine learning scientist, arsitek aplikasi dan arsitek perusahaan.

  1. Jurusan Sepi Peminat Desain game

Jika kamu suka main game dan ingin masuk jurusan kuliah sesuai hobi, jurusan ini bisa jadi jawabannya. Itu karena di dalam jurusan Desain Game, kamu gak cuma main game tapi kamu akan belajar game secara art, design, dan programming, teknologi animasi, desain media interaktif, metodologi pengembangan produk dan teknik kewirausahaan.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Jurusan ini di setiap kampus memiliki nama prodi yang berbeda-beda dan memiliki program S-2. Prospek kerja bagi lulusan ini bisa dikatakan sangat dibutuhkan dan dicari perusahaan teknologi dengan gaji yang tinggi.

  1. Kehutanan

Jurusan kuliah sepi peminat yang selanjutnya adalah jurusan kehutanan. Walaupun sepi peminat, jurusan ini punya peluang kerja yang besar. Itu karena, instansi konservasi hutan membutuhkan lulusan jurusan Kehutanan untuk mengelola kawasan hutan Indonesia yang membentang luas. Tidak hanya belajar tentang hutan saja, namun kamu akan belajar mata kuliah tentang ilmu budidaya hutan, manajemen hutan, konservasi hutan, pengelolaan ekosistem hutan, hingga teknologi hasil atau produktivitas hutan.

Prospek Kerja Jurusan Sepi Peminat Kehutanan

Setelah lulus kamu dapat bekerja sebagai konsultan, peneliti, pegawai BUMN, perusahaan perkebunan, wirausahawan, atau pegawai di lembaga kehutanan nasional hingga internasional.

  1. Jurusan Filsafat Sepi Peminat

Mendengar kata Filsafat mungkin sebagian orang sudah berpikir dua kali untuk memilih jurusan ini, karena terlihat rumit dan memerlukan logika berpikir. Itu adalah salah satu penyebab kenapa jurusan kuliah ini sepi peminat. Akan tetapi, di jurusan ini bisa mempelajari banyak hal, seperti cara bersikap kritis untuk menyelesaikan masalah, cara memecahkan masalah dengan akurat dan kreatif, hingga mempelajari perilaku dan fenomena manusia.

Prospek Kerja Jurusan Filsafat Sepi Peminat

Selain itu, prspek karir untuk jurusan ini terbilang sangat bagus, seperti seorang pengajar, penasihat, eksekutif pemasaran, psikoterapis, hingga di industri kreatif.

  1. Ilmu Perpustakaan

Masih banyak orang-orang yang beranggapan lulusan dari ini hanya bisa bekerja sebagai penjaga perpustakaan atau atau berhubungan dengan buku. Namun anggapan itu tidak betul sepenuhnya, karena jurusan sepi peminat ini tidak hanya mempelajari Pengetahuan Perpustakaan saja, loh.

Kamu akan belajar hukum dan teknik yang berkaitan dengan cara mengelola atau menyebarkan informasi, matematika, hukum, sosiologi, filsafat, komputer, dan penerapan ilmu pengelolaan dan manajemen perpustakaan.

Prospek kerja

Lulusan yang dituntut untuk memahami banyak ilmu, membuat kamu bisa bekerja di sektor pemerintahan maupun menjadi seorang pustakawan, kearsipan, administrasi arsip, hingga programmer.

Baca artikel terkait Jurusan Ilmu Perpustakaan dengan Segudang Prospek Kerja

  1. Seni Rupa

Dilansir dari dari CNBC, menurut Bankrate, jurusan kuliah Seni Rupa menjadi salah satu lulusan dengan tingkat pengangguran yang rendah. Seperti jurusan Seni Drama dan Teater tingkat pengangguran sekitar 4,5 dengan gaji tahunan yang besar, dan Seni Visual dan Pertunjukan tingkat penganggurannya adalah 3,6 persen.

Penjelasan tersebut membuktikan bahwa jurusan ini memilki potensi masa depan yang tidak kalah dengan jurusan favorit lainnya. Selain itu, jurusan ini memiliki karir yang paling dibutuhkan di dunia bersamaan dengan meningkatnya dunia kreatif.

Prospek kerja

Kamu bisa menjadi aktor atau aktris, sutradara, produser, pelatih di dunia seni peran, dan mengajar seni peran.

  1. Jurusan Oseanografi

Mendengar namanya mungkin sebagian orang akan terasa asing, karena sebagian dari kita mungkin lebih mengenal jurusan kelautan. Itu benar, jurusan Oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan. Mata kuliah yang dipelajari pun tentang kelautan, seperti ekosistem dan organisme laut, samudra, dan geologi dasar laut. Walaupun hanya mempelajari kelautan,

Prospek Kerja

Prospek kerja lulusan ini banyak dicari dengan gaji tinggi loh. Mulai dari peneliti di lembaga swasta atau pemerintahan, oceanographer, coastal modeler, metocean engineer, offshore navigator, dan oceanographic surveyor.

Kamu udah gak perlu lagi bingung dan takut peluang kecil dalam memilih jurusan, karena masih banyak jurusan sepi peminat yang bisa kamu pilih dengan peluang yang sama besarnya. Hanya perlu persiapkan diri, buat strategi memilih jurusan, dan mulai merencanakan masa depan apa yang ingin kamu raih.

Baca juga artikel menarik lainnya: Siap Bersaing di Tahun 2022 dengan Kuasai 6 Skill Berikut

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.