Kartografi dan Penginderaan Jauh, Universitas Gadjah Mada

Kartografi dan Penginderaan Jauh UGM (Diki)

Kartografi dan Penginderaan Jauh UGM (Diki)

Halo sobat intipers! Aku Diki Akhyar A. dari Kartografi dan Penginderaan Jauh UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh UGM itu seperti apa?

Kartografi dan penginderaan jauh itu mempelajari ilmu, seni dan teknologi tentang pembuatan peta. Belajar menginterpretasi dan mengetahui suatu daerah itu tanpa observasi langsung ke tempatnya. Bisa dibilang spesialisasi khusus peta atau geospasial.

Kalau di UGM jurusan ini jadi bagian dari Fakultas Geografi yang termasuk ke kluster saintek. Selain jurusan ini, ada geografi lingkungan dan pembangunan wilayah. Kalau geografi lingkungan ini kajiannya menggunakan pendekatan geografi secara lingkungan, sedangkan kartografi dan penginderaan jauh itu pendekatan geografi secara spasial atau secara ruang.

Kita di sini belajar fisika dasar, statistika, itu menunjang keahlian juga. kita juga belajar coding.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh UGM?

Awalnya aku dikenalkan oleh saudaraku tentang jurusan ini, terus aku mulai tertarik. Jadi aku mulai searching tentang jurusan ini. Akhirnya aku daftar dan masuk di jalur UTUL UGM.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Di semester 1 itu masih mata kuliah yang dasar. Ada kartografi dasar, fisika, ilmu pengantar kartografi terus ada juga mata kuliah geologi. Kalau yang paling menarik, mata kuliah penginderaan jauh dasar karena kita bealjar warna, citra satelit, spesifikasi sensor satelit. Jadi gak hanya mempelajari apa yang ada di bumi, tapi juga belajar benda-benda yang menangkap bumi, kaya satelit.

Praktikum itu di semester 1 ada 1 wajib, kemudian meningkat terus. Di semester 2 ada 3, semester 3 ada 7 praktikum. Kemudian semester 4 ada 6 praktikum, selanjutnya akan stabil di 5 praktikum. Jadi, di awal memang masih santai karena praktikumnya baru 1, tapi semester 2 mulai terbiasa.

Praktikum di jurusan ini sebenernya ringan, secara praktiknya. Memang pembahasannya perlu detail dan mendalam, tapi proses praktiknya sendiri lebih ringan dari apa yang harus dianalisis, karena kita fokusnya ke analisis spasialnya juga di samping praktiknya.

Praktikumnya ada Kartografi, itu kita belajar unsur-unsur peta, simbol peta, memperbarui peta secara dasar. Kalau Penginderaan Jauh itu belajar tentang citra satelit, sensor satelit, spesifikasi tangkapan hasil satelit.

Ngomongin praktikum, pasti gak jauh sama laporannya. Di Geografi memang dikenal sama laporan praktikumnya yang selain kuantitasnya banyak kualitasnya teruji, karena asisten praktikumnya yang berkualitas. Kalau mengerjakannya biasanya harus fokus ke pembahasan analisis secara spasial, kita gak terlalu membahas penggunaan alat dan bahan secara mendalam. Laporan praktikum apalagi pas di semester 3 itu bisa sehari 1 atau 2, jadi setiap hari itu produktif.

Tugas di mata kuliah biasa itu masih umum aja menyesuaikan. Itu gak akan seberat laporan praktikum, kuantitas mata kuliahnya gak sebanyak kuantitas laporan praktikum.

Kegiatan Praktikum

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Kartografi dan Penginderaan Jauh UGM?

Ada 3 konsentrasi yang bisa dipilih pas mulai menyusun proposal skripsi, tapi kita mulai belajar itu semua dari semester 3.

  1. Kartografi
  2. Penginderaan Jauh, ada penginderaan jauh perkotaan, penginderaan jauh kelautan, dll.
  3. Sistem Informasi Geografi

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada SNMPTN, SBMPTN, UTUL dan jalur prestasi atau PBU. Info lengkapnya bisa akses di um.ugm.ac.id

Kuota penerimaan seangkatan ada 79 orang, normalnya itu sekitar 80 orang. Total seangkatan fakultas geografi itu sekitar 200-250 orang. Untuk seleksinya itu aku rasa peluangnya masih lebih besar, karena orang-orang berpikir fakultas geografi itu hanya mempelajari tentang bumi. Padahal kalau ditelaah lebih dalam, ilmunya lebih luas. Kalau secara umum, apalagi temen temen IPA banyak yang belum tahu kalau Fakultas Gepgrafi itu masuk ke Saintek.

Suka duka di jurusan ini?

sukanya di jurusan ini, seperti mahasiswa pada umumnya ya relasinya banyak. Kakak tingkat sama dosennya itu bisa berbaur, jadi kalau nanya atau diskusi itu gak canggung. Asisten praktikum itu biasanya beda setahun dua tahun aja, jadi ketika diskusi juga kitanya masih enjoy karena gap nya gak terlalu jauh. Prospek kerjanya juga cukup luas karena banyak banget dibutuhin ahli analisis spasial. Kalau dukanya, di sini kamu tuh dituntut produktif, semakin naik semester nanti tuntutan semakin meningkat sesuai standar, tingkat produktivitas juga bakal semakin tinggi. Jadi jam kerja gak teratur jadi kedukaan, bisa jadi ngerjain apa-apa jadi deadline. Kadang kita harus buru-buru dan gak menyempatkan waktu untuk istirahat sama organisasi jadi butuh manajemen.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospeknya di pemerintahan, di badan swasta juga ada. Bisa di BMKG, Badan Informasi Geospasial. Kalau di swasta itu perusahaan yang bergerak di GIS (Geography Information System) itu banyak banget kok. Karena biasanya dari hasil analisis spasial itu bisa ditemukan permasalahan dan bisa dibuat kebijakan baru.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencana sekarang mempersiapkan rencana ke depan. Aktif akademik, misalnya daftar jadi asisten praktikum yang bisa jadi pengalaman dan ketertarikan ketika melamar di perusahaan. Prospek kerjanya nanti sebenrnya mengikuti. Kadang sebelum wisuda juga ada temen-temen yang udah kerja atau udah proyekan. Itu memang karena SDM minim tapi peminatnya banyak. Kadang ada mitos temen-temen KPJ itu lulusnya lama, itu mungkin karena ada beberapa yang fokus proyekan terus karena prospek kerja yang luas dan SDM nya diminati tapi masih minim.

Kode Konten: C147

Komen dibawah! 9

  1. sandbox

    Untuk masuk Kartografi nilai apa yang harus tinggi dalam SBMPTN ya?

    • Diki Akhyar A

      Maaf, kurang tahu kalau untuk sistem yang sekarang, tapi saya rasa nilai di SBMPTN memang harus mengandalkan nilai yang lumayan(?) mengingat jumlah yang diterima terbatas

  2. Salsabilla

    Jurusan kartografi dan penginderaan jauh ini khusus saintek atau bisa soshum juga? Soalnya aku anak IPS milih jurusan ini di SNMPTN

  3. Theopillus Lekitoo

    Selamat siang dek. Saya mau bertanya. Kalo prodi geografi lingkungan ada program magisternya gak? Salam dari papua. Maturnuwun??

    • Diki Akhyar A

      Program studi S2 di Fakultas Geografi ada jurusan Geografi dan jurusan Penginderaan jauh. Jika S2 Geografi Lingkungan, saya rasa bisa masuk ke S2 Geografi. Salam dari Yogya. ??

  4. Diki Akhyar A

    Program studi S2 di Fakultas Geografi ada jurusan Geografi dan jurusan Penginderaan jauh. Jika S2 Geografi Lingkungan, saya rasa bisa masuk ke S2 Geografi. Salam dari Yogya. ??

  5. aisyah

    ka klo dari soshum mau pilih kpj bisa ga? atau peluangnya kecil?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *