Kebidanan

Kebidanan Universitas Singaperbangsa Karawang (Maulidya)

Kebidanan Universitas Singaperbangsa Karawang  (Maulidya)

Assalamualaikum wr wb. Hallo sahabat intip kuliah, perkenalkan nama saya Maulidya Afifah Islamiyati Nurfatoha supaya lebih singkat kalian bisa panggil saya Maul, saya mahasiswa semester 5 Program Studi D3 Kebidanan Universitas Singaperbangsa Karawang saat ini aku adalah Angkatan 14 di Kebidanan Universitas Singaperbangsa Karawang.

Kali ini saya akan sharing mengenai lingkup Kebidanan yang sudah tidak asing di mata umum. Yuk langsung saja simak ceritanya! Ohiya, untuk teman-teman yang ingin sharing masalah kesehatan bisa banget DM aku di Instagram @maulidya.afifah atau komen dibawah ini terbuka 24 jam tetapi gak terbuka balas 24 jam ya hehe.

BIDAN?? APASIH BIDAN ITU? PENOLONG IBU BERSALIN BUKAN?

Ya, betul sekali Bidan adalah provider kesehatan yang salahsatunya memiliki kemampuan untuk membantu persalinan. Menurut Undang-Undang no. 4 tahun 2019 Bidan adalah seorang perempuan yang telah menyelesaikan program pendidikan Kebidanan baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang diakui secara sah oleh Pemerintah Pusat dan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan praktik Kebidanan. Seorang perempuan? Apakah Bidan semua perempuan? Ada gak ya Bidan laki-laki? Jawabannya adalah ada teman-teman tetapi bukan di Indonesia.

Lalu kenapa sih Bidan di Indonesia harus perempuan? Padahal dokter Obgyn aja ada yang laki-laki? Nah ini dia teman-teman istimewa nya seorang Bidan hehe. Hal ini dikarenakan lingkup Kebidanan adalah sepanjang daur kehidupan”WANITA” dan sosial budaya serta kebiasaan keterbukaan di Indonesia yang masih kental. Sehingga agar lebih mudah dalam pelaksanaan dan memberi asuhan Indonesia menetapkan bahwa Bidan adalah seorang perempuan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

SAMA AJA AH BIDAN SAMA DUKUN?!

Beda ya kawan beda . Hal ini seringkali terjadi karena dahulu sebelum adanya Bidan di dunia, setiap orang yang ingin melahirkan akan dibantu oleh dukun/paraji. Namun seiring berjalannya waktu Angka Kematian Ibu dan bayi tinggi karena Dukun/paraji membantu persalinan tanpa memperhatikan kesehatan dan kebersihan. Maka dibentuklah Profesi Bidan di dunia untuk membantu setiap persalinan yang aman sesuai dengan kewenangan dan teori yang ada.
Bahkan sampai saat ini dukun dan paraji masih tetap ada di desa namun masyarakat sudah mulai mempercayai persalinannya di Bidan. Sehingga fungsi dukun/paraji disini hanya sebagai dukungan mental yang sebenarnya dapat membantu melancarkan persalinan.

schooters

SUSAH YA PASTI MATA KULIAH KEBIDANAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG?APA SIH MATA KULIAH YANG SERU?

Jika dipikir susah saya rasa semua mata kuliah di seluruh dunia susah hehe. Total sks di D3 Kebidanan adalah 144 sks. Menurutku, seluruh mata kuliah di kebidanan itu asik banget dan tentunya membuat saya selaku perempuan semakin bersyukur, lebih menghargai orangtua dan menjaga diri dengan baik. Tetapi dari semua mata kuliah ada beberapa mata kuliah khusus yang lebih saya sukai di bandingkan yang lain yaitu Komunikasi Kebidanan karena dalam mata kuliah ini kami dituntut dapat berkomunikasi dengan baik dan tepat.

Pengalaman yang sangat berharga, deg-degan, panik campur aduk lah pokoknya adalah saat praktek kami diminta secara mendadak pada jam teersebut untuk melakukan penyuluhan ke beberapa target seperti SD, SMP, SMA dengan pembawaan materi secara bebas. Dalam praktek ini dosen pengampu sengaja tidak diberi surat dari akademik. Karena jika diterima nya kelompok oleh institusi yang akan diberi penyuluhan maka dapat dikatakan kelompok tersebut berhasil berkomunikasi dengan baik sehingga pihak institusi dapat mempercayai narasumber. Yang kedua adalah mata kuliah Kebidanan Komunitas mata kuliah ini lebih focus kepada praktiknya. Praktik mata kuliah Kebidanan Komunitas ini menarik karena praktiknya menerjunkan kami selaku mahasiswa ke suatu desa. Dimana di desa tersebut kami membantu untuk menemukan masalah kesehatan dan membantu dalam menyelesaikannya. Sehingga bukan hanya ilmu kesehatan yang didapat tetapi di dapatit tetapi juga ilmu-ilmu kehidupan serta kami menjadi lebih mengetahui keadaan kesehatan berbagai desa di Indonesia .

KONSENTRASI KEMANA LULUSAN D3 KEBIDANAN?

Sebagai Bidan Pelaksana. Untuk D3 Kebidanan sendiri dimanapun kuliahnya tidak ada konsentrasi tertentu karena pasalnya lulusan D3 Kebidanan dapat menjadi Bidan Desa dan Bidan yang bekerja di Fasilitas Layanan Kesehatan seperti Rumah Sakit, Klinik dan lainnya serta untuk saat ini sampai tahun 2026 mendatang D3 Kebidanan masih diperbolehkan membuka Praktik Bidan Mandiri.

TIPS UNTUK MABA KEBIDANAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

  1. Memiliki tujuan yang jelas dan keinginan yang kuat
    Dalam Kebidanan Kalian harus benar-benar memiliki tujuan yang jelas. Ingin seperti apa kedepannya. Dan Ingin menjadi Bidan yang seperti apa? Hal ini harus benar-benar dari diri sendri dan harus mantap dari hati. Karena semakin ke depan akan semakin berat tantangannya.
  2. Selalu berpikir positif
    Dengan kalian sellau berpikir positif akan mempermudah kalian dalam melewati setiap tantangannya.
  3. Never Give Up
    Tentunya kalian haru memiliki acuan yang dapat meningkatkan rasa semangat diri. Supaya Ketika kalian merasa Lelah dalam belajar kalian dapat mengendalikan sendiri diri kalian.
  4. Tidak boleh menunda pekerjaan
    Pantangan banget untuk kalian semua menunda pekerjaan jika tidak ingin nangis di jalan. Meskipun pasti ada sih titik dimana kalian nangis karena Lelah sama keadaan hehe. Karena kalau kalian tunda satu tugas siap-siap aja kewalahan di akhirrr. So semangat untuk menyicil segala tugas yang ada.
  5. Jadikan “Time is Learning”
    Jangan lupa setiap waktu, setiap tempat dan setiap keadaan jadikan pembelajaran dan sangkutkan dalam Bidang Kebidanan supaya semakin mantap pemahaman kalian tentang lingkup Kebidanan.
  6. Jangan lupa bersyukur
    Sebenernya ini akan otomatis ada di hati kalian jika semakin dalam kalian mempelajari Ilmu Kebidanan bahkan kalian akan semakin merasa berharga setiap waktunya.
  7. Praktekan segala ilmu yang sudah dipelajari!
    Point penting banget nih buat kalian coba terapin dan praktekin dalam kehidupan sehari-hari segala yang sudah kalian pelajar dalam Kebidanan ini bener-bener akan mempermudah kalian banget.
  8. Berorganisasi
    Ini penting banget untuk mahasiswa kebidanan, dengan berorganisasi mahasiswa kebidanan setidaknya tidak buta sekali tentang birokrasi kampus dan hal lainnya diluar kebidanan. Selain itu, dengan berorganisasi pula dapat mengasah mahasiswa untuk menanamkan rasa sosial yang tinggi yang dimana sejatinya Bidan adalah Social Entrepreuneur.

KEBIDANAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Bidan bukan saja sebagai pekerja fasilitas pelayanan kesehatan dan praktik mandiri Bidan. Bidan dapat membuka praktik seperti Babyspa, Hypnobirthing dan masih banyak yang lainnya serta penulis buku tentang ilmu kebidanan. Untuk lulusan D3 Kebidanan Universitas Singaperbangsa Karawang sendiri ada yang membuka Klinik, Praktik Mandiri Bidan,Baby Spa, Penulis buku Kebidanan, di Dinas Kesehatan, bahkan menjadi Tenaga Kesehatan Luar Negeri.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

RENCANA DAN HARAPAN SETELAH LULUS DARI KEBIDANAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Harapan saya dapat lulus dari Kebidanan Universitas Singaperbangsa Karawang dengan predikat cumlaude dan benar-benar mampu menjadi Bidan yang kompeten. Selanjutnya setelah lulus saya berencana menjadi Bidan di desa-desa terbelakang terlebih dahulu, membantu desa tersebut dalam menyelesaikan permasalahan kesehatannya. Serta dapat menghasilkan inovasi Teknik maupun alat yang dapat mempermudah dan mengurangi keluhan-keluhan yang ada. Dengan adanya pengalaman di desa-desa seperti ini akan mempermudah Indonesia dalam mencapai Indonesia Sehat dan besar sekali harapan saya menjadi Menteri Kesehatan Indonesia. Aamiin yaa Robbal Alamin

Terimakasih teman-teman yang sudah membaca dan menyimak ceritaku semoga terinspirasi dan kalian bisa lebih baik dari aku. Semangat untuk Indonesia Sehat!!
Wassalamualaikum wr wb

Kode konten: X456

Komen dibawah! 2

  1. Noname

    Usia 27 tahun, sudah menikah, bisa gak sih kak baru memulai kuliah kebidanan di unsika ?

  2. Nadia

    Unsika bisa menerima d3 kebidanan dr jurusan ips ga sih ka??
    Semoga dijawab, terimakasih 🙏

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *