Kebidanan, Universitas Padjadjaran

Kebidanan Unpad (Tisa)

Kebidanan Unpad (Tisa)

Halo sahabat setia Intip kuliah. Perkenalkan saya Tisa Layalia Hanifah Ma’ruf, teman-teman bisa memanggil saya Tisa/Icca, mahasiswi jurusan Kebidanan Universitas Padjadjaran angkatan 2017. Di sini saya ingin berbagi pengalaaman kuliah dan berbagai informasi untuk sahabat setia intip kuliah. Tunggu apa lagi, yuk langsung simak pengalaman saya.

Mari Mengenal Program Studi Kebidanan Lebih Dalam

Sampai saat ini bisa dikatakan bahwa bidan merupakan salah satu profesi primadona, khususnya di bidang kesehatan. Sebelum mengenal Program studinya mari kita ketahui siapa itu bidan? seorang perempuan yang lulus dari pendidikan Bidan yang diakui pemerintah dan organisasi profesi di wilayah Negara Republik Indonesia serta memiliki kompetensi dan kualifikasi untuk diregister, sertifikasi dan atau secara sah mendapat lisensi untuk menjalankan praktik kebidanan.

Jadi sebelum menjadi bidan tentunya harus kuliah dulu ya sahabat intip. Oke langsung aja kita bahas ya..

Slide5

Program Studi Kebidanan Unpad ini adalah Sarjana Terapan (D4) dengan cakupan kurikulum pembelajaran teori 50% dan praktik 50 % dengan Akreditasi “A” dan termasuk dalam Fakultas Kedokteran bersama 2 prodi lainnya dan kita kuliah pakai baju bebas lhoo karena selama ini pasti punya pandangan kalau kebidanan itu kuliah pakai seragam.

Lalu apa perbedaan D3, D4, dan S1?

S1 dan D4 adalah berbeda dari segi ‘kegunaan’ lulusannya, namun sama dari segi ‘jenjang pendidikannya, rata-rata untuk D4 biasanya disiapkan untuk praktik dan pendidik, kemudian untuk S1 cakupan teori 75% dan praktik 25%. Kalau D3 masa perkuliahannya lebih singkat dan jika ingin melanjutkan profesi ada tahap penyamarataan atau martikulasi terlebih dahulu dan rata-rata lulusan D3 itu dipersiapkan untuk praktik. Khusus di Unpad Prodi Kebidanan ini adalah D4 dan dibuka hanya untuk lulusan (SMA/MA/Sederajat).

Bagaimana Prosedur Pendaftarannya? Kebidanan Unpad hanya ada satu jalur pendaftaran yaitu Seleksi Mandiri Unpad(SMUP), jadi tidak bisa mendaftar jalur SNMPTN/UTBK. Untuk persyaratan dan alur pendaftaran sahabat intip kuliah bisa langsung akses tautan berikut http://smup.unpad.ac.id/

Belajar Apa Saja di Kebidanan Unpad?

Sahabat intip kuliah kebidanan Unpad selama masa perkuliahan ada 144 SKS yang harus ditempuh seluruh mahasiswa dimana akan dikemas dalam setiap blok. Sistem blok ini mengartikan di setiap semester mahasiswa sudah diatur mata kuliah yang akan dipelajari dan tidak bisa ditambah atau dikurangi. Sitem belajarnya dibagi menjadi Teori dan Praktik. Untuk teori dibagi lagi yang pertama Lecture (penyampaian materi langsung oleh dosen menggunakan metode Student Center Learning). Kedua Tutorial, sistem ini lah yang membedakan dengan institusi lain, dengan tutorial mahasiswa dilatih untuk memperkuat kemampuan analisis terhadap kasus yang diberikan setiap minggunya, kita dibagi dalam kelompok kecil agar diskusi berjalan aktif selain penguatan analisis kita harus mengaitkan kasus dengan teori yang terpercaya yang bersumber dari buku dan jurnal. Ketiga Lab activity, Kegiatan didalamnya membahas teori dan praktik sebagai kompetensi sesuai dengan materi yang sedang dipelajari.

Untuk Praktik ada Skill lab dimana mahasiswa akan dilatih langsung skill terhadap tindakan sesuai materi dengan didukung alat dan bahan di laboratorium. Terakhir ada Praktik lapangan di setiap Semester. Keunggulan dalam praktik ini mahasiswa mampu menerapkan teori dan skill yang telah dipelajari sebelumnya secara langsung ke masyarakat. Lahan Praktik yang digunakan adalah desa, puskesmas dan rumah sakit. Selama praktik mahasiswa bukan hanya menolong persalinan dan bayi, banyak sekali keahlian yang kita lakukan tetapi tetap fokus pada kesehatan ibu dan anak. Daur kehidupan seorang perempuan merupakan tanggung jawab kita sebagai bidan.

Benarkah Kuliah di Kebidanan Monoton, tidak bisa bergaul dan Aktif?

Salah besar jika sahabat intip kuliah hanya berpikiran kuliah kemudian pulang langsung ke rumah atau kotsan. Selama saya kuliah, saya sudah membuktikan bahwa mahasiswa kebidanan itu bisa aktif dan berprestasi. Kegiatan Kemahasiswaan saya ikuti mulai dari semester 1 di prodi, fakultas dan universitas. Jadi tidak monoton hanya bertemu dengan perempuan saja. Keunggulan kebidanan Unpad adalah mahasiswa bisa berinteraksi dengan prodi lain dan tentunya bertukar pikiran dan aktif dalam setiap agenda.

Terus bagaimana caranya untuk berprestasi? Prestasi bisa dicetak sesuai kemampuan kita masing-masing, tidak harus selalu sejalan dengan jurusan kita. Mahasiswa kebidanan bisa berprestasi secara akademik, seni, olahraga, atau lomba ilmiah bahkan bisa sampai ke luar negeri lho. Saya sendiri mampu membuktikan hal tersebut, dengan dukungan dari berbagai asfek saya mendapatkan kesempatan untuk pergi ke Malaysia sebagai perwakilan di Global Goals Summit yang berfokus pada isu SDG’s di awal tahun 2019 lalu. Prestasi lainnya adalah Mahasiswa Kebidanan Unpad sempat menjadi juara 1 debat dan juara 3 tari dalam perlombaan yang rutin diadakan secara Nasional oleh IKAMABI (Ikatan Mahasiswa Kebidanan Indonesia). Jadi jangan beranggapan kuliah kebidanan itu berat dan membosankan yaaaa…

Kuliah Kebidanan itu Mahal ka?

Biaya yang dibayar 10jt/semester dan tidak ada biaya untuk ujian, praktik atau laboratorium karena semua sudah tercover didalam biaya selama satu semester. Masih merasa keberatan? Tenang di Unpad banyak sekali beasiswa yang menunggu. Ada yang langsung dari unpad maupun dari pihak luar unpad karena selalu ada pemberitahuan di akun mahasiswa. Saya saat ini mendapatkan beasiswa bebas biaya kuliah sampai lulus karena mendapat beasiswa dari suatu yayasan dan itu saya dapatkan informasi dari akun “Pacar Unpad” yang biasa memberikan informasi seputar beasiswa bagi seluruh mahasiswa Unpad. Jadi tetaplah semangat mengejar cita-cita, jangan jadikan biaya sebagai beban karena banyak jalan untuk meringankan beban orang tua.

Bagaimana Lulusan Kebidanan Unpad?

Menjadi bidan yang memiliki kemampuan dalam melakukan investigasi, berupa penelitian terapan dalam bidang kesehatan baik secara mandiri maupun kelompok yang bertujuan untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan di bidang kebidanan secara praktis untuk kemaslahatan masyarakat dengan pendekatan kemandirian belajar sepanjang hayat. (Applied Research)

Kompetensi Lainnya

Menjadi bidan yang mandiri, berpikir kritis, dan dapat menyelesaikan masalah. Menjadi bidan yang terampil, cakap, bertanggung jawab, berbudi luhur, dan profesional dalam memberikan asuhan kebidanan dalam bentuk pemberdayaan  masyarakat.

Rencana Setelah Lulus dan Cita-Cita Masa Depan

Setelah lulus, jujur saya ingin lanjut untuk S2 di Luar Negeri dan mengambil jurusan yang bisa mendukung saya untuk mewujudkan mimpi bisa bekerja di Kementerian Kesehatan atau Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak. Mimpi ini sudah disusun sejak semester satu, Negara Impian saya adalah UK dengan tingkat pendidikan kesehatan yang luar biasa. Lulusan bidan sudah banyak sekali dan inilah saatnya menjadi bidan yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Kita mempunyai kesempatan untuk mewujudkan apa yang kita inginkan agar berguna di Masyarakat. Status kesehatan ibu dan anak di Indonesia wajib kita Perjuangkan.

Kode Konten: X224

Komen dibawah! 22

  1. deska

    si kebidanan i unpad jalur lulusan d3 keb apakah sudah ada ?

  2. Syalsa

    Kak aku mau tanya jurusan kebidanan kan di tes nya lewat mandiri tpi itu nilainya bakal d tmbh sama nilai rapot juga?

  3. Nursinta

    Saat daftar itu kan ada D4, apa itu setara sama S1?

  4. Feny marselina

    Assalammualaikum wr.wb selamat malam maaf saya menganggu waktu kk, kk saya mau bertanya apakah di UNPAD sudah ada S1 kebidanan lanjutan dari d3 ? Terima kasih kk atas waktu dan jawabanya wassalammualikum wr.wb

  5. Cut irmaini

    Ass…jika mau menyambung dr lulusan D3 ke S1 bisa kah?

  6. Afifah

    Ka maap saya mau tanya masuk D4 UNPAD kalo lulusan SMK kesehatan bisa ga ka

    • tisalayalia

      Selamat malam, maaf baru membalas.
      Untuk persyaratan pasti, saya belum bisa menjawab. Namun untuk membantu persyaratan dan jalur masuk bisa akses tautan ini smup.unpad.ac.id

      Nanti langsung pelajari saja di bagian Sarjana Terapan Kebidanan yaaa…
      Karena jalur masuknya hanya satu, belum bisa lewat SNMPTN atau SBMPTN.

      Terima kasih.

  7. Nadia Revani

    Ka kira kira nem/ipk yg bisa masuk kebidanan berapa? Saya sedang memantaskan diri:)

    • tisalayalia

      Sesuai pengalaman, untuk nilai rapot semester 1-5 itu siapkan saja min. 8

      Semangat yaaa…

      Jangan jadikan beban karena proses seleksi cukup panjang. Nanti akan ada tes terlebih dahulu kemudian wawancara juga

  8. Atiqul Mutmainah

    Pertanyaannya sama Kya ka Feby sama ka cut

  9. Riana Rahayu

    Kak unpad bandung ada jurusan s1 kebidananya?

  10. Azmi Nida

    Assalamu’alaikum ka, mau nanya kalau masuk kebidanan UNPAD dari SMK Kesehatan bisa ga kak? Terus lewat jalur apa kak?
    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum

  11. Budiarti

    Kalau lanjut dr D3 ke S1 brp tahun? Kisaran biaya berapa?untuk pendaftaran dan tesnya bagaimana?

  12. Lulu

    Kak, untuk seragam kebidanan apakah wajib pakai celana kak?
    (Kl yg pake gamis jg tetap diwajibkan pake celana?)
    Mksh sebelumnya atas tanggapannya

  13. Sarah Devina

    Kak, mau tanya, berarti kalo lwat mandiri ada Uang Pangkal ya? Kira” uang pangkalnya berapa, kak? Makasih sblmnyaa

  14. dudi.burhan

    Anak saya rencana mau masuk D4 kebidanan, apakah ada syarat khusus yang berhubungan dengan tinggi badan, terima kasih atas jawabannya

  15. Ardini Asyari

    Kak, Kalau masuk Keb. Unpad kan UM. Perlu pake nilai UTBK tidak untuk tahun 2020?
    Lalu kuota masuk Keb. Unpad berapa?

  16. Ardini Asyari

    Izin ulang pertanyaan Kak.
    Kak, kalau masuk Keb. Unpad kan UM. Memerlukan nilai UTBK atau tidak? Untuk tahun 2021?
    Lalu, kuota masuk Keb. Unpad berapa?

  17. Tina novianti

    Ka minta kontak wa dong boleh ga pengen tanya2

  18. Cindy Maharani

    Assalamualaikum Kak, izin bertanya. Untuk jalur masuk ke D4 Kebidanan UNPAD kan hanya melalui jalur SMUP, dan saat pendaftarannya diminta untuk mencantumkan kartu peserta UTBK-SBMPTN. Sebelumnya saya sudah mendaftar melalui UTBK di S1 kebidanan unibraw dan unand, tetapi saat itu saya belum tahu kalau S1 kebidanan dengan D4 kebidanan itu berbeda. Pertanyaan saya, apakah saya tidak perlu mencantumkan kartu peserta UTBK saat mendaftar di SMUP, dan apakah saya sebaiknya tidak mengikuti UTBK walau sudah mendaftar (karena jika lolos, takutnya saya tidak bisa mendaftar SMUP, sedangkan yang saya inginkan D4 Kebidanan bukan S1 Kebidanan.) Izin kak, saya lulus SMA tahun 2021 ini, dan saya belum paham tentang D4 dan S1 kebidanan saat mendaftar UTBK.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *