Kedokteran Gigi

Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat (Via)

Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat (Via)

Halo sobat intipers! Aku Annisa Noviany dari Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat seperti apa?

Jurusan di bidang kesehatan terutama di kesehatan oral, maksudnya itu di gigi dan mulut, upaya preventif atau pencegahan, perawatan dan pengobatan untuk penyakit-penyakit yang ada di rongga mulut, dan bisa dibagian etetikanya contohnya bagian ortodonti. Biasanya kaya anak buangan gitu kata orang-orang, dari anak FK ga bisa jadinya lanjut ke FKG padahal ga semuanya kaya gitu, itu salah banget, kami dua jurusan yang sangat berbeda.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat?

Karena ga sengaja, awalnya dulu aku sempet ga pengen kuliah terus dari mamah waktu kecil aku pengen jadi dokter, dokter apa aja, antara dokter gigi, dokter hewan atau dokter umum. Terus sama orang tua ya udah daftar aja kedokteran, awalnya di suruh masuk kedokteran umum dan dari guru-guru, pas jaman ku tahun 2018 pilihan SBMPTN ada 3. Terus katanya yang kemungkinan lulus pilihan petama dan ketiga. Jadinya dari mamah, yang milihin mamah juga, ya udah ambil kedokteran aja di pilihan satu sama pilihan tiga. Karena pilihan kedua kosong jadinya aku ambil kedokteran gigi.

Pas hari SBM itu, aku sempet kecelakaan terus kaya aku inget gini, doa orang yang tersakiti kan akan terkabul. Jadi aku berdoa semoga aku lulus entah pilihan pertama atau kedua. Di saat itu pas aku jatuh aku lebih pengen ke pilihan kedua yang kedokteran gigi soalnya aku membayangkan di kedokteran umum itu mungkin buat aku ribet. Setelah di jalani seneng banget. Aku merasa ada di sini itu sesuai sama apa yang aku pengen. Dari kedokteran gigi ini banyak banget skills lab kaya praktikum, contohnya kaya nambal gigi, buat gigi palsu. Itu seru banget, jadi menikmati.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalo dikulahnya aku ada 3 jenis, kuliah umum, skills lab, sama tutorial. Kalo tutorialnya kita di kasih kasus, kita analisis kasusnya bagaiaman perawatannya, sampai gimana cara kamu menyembuhkan penyakit itu cuman dari kata-kata di kasus tersebut. terus kalo di skills lab banyak bidangnya, jadi kalo setiap bidang nya punya karekteristiknya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Untuk spesialis atau konsetrasi di S1 semuanya di pelajarin, nanti itu banyak banget konsentrasinya di spesialis, ada spesialis bedah mulut kalo kaya perawatan implan gigi, pencabut gigi miring yang bungsu, gigi yang paling belakang, kalo kita yang dewasa awal kan tumbuh dan pada sakit, nah itu yang menangani dari bedah mulut, terus ada yang bibir sumbing itu juga bisa di bedah mulut, terus ada spesialis orto, ini yang bikin bahel, gunannya meratakan gigi atau dibidang estetikanya, terus ada periodonsia itu bagian jaringan gigi, nanti akan mendiaknosis dan mencegah penyankit-penyakit yang berhubungan dengan gusi, struktur penghubungnya.

Terus nanti ada spesialis konservasi gigi, lebih kaya ke bagian estetika yang di gigi bolong, di bersihkan, spesialis ini lebih menekankan bagaimana kita mempertahankan gigi tersebut walaupun sudah sangat jelek. Ada spesialis dari prostodonsia, itu spesialisnya perbaikan gigi atau pergantian gigi yang hilang, seperti penggunaan gigi palsu. Selanjutnya ada kedokteran gigi anak, itu disebut pededontis, nanti akan melakukan perawatan dan pengobatan pada penyakit di gigi, gusi, mulut anak mulai dari usia 1 tahun sampai remaja. Terus ada spesialis untuk penyakit mulut, fokus ke infeksi, tumor, kista, dia yang merawat dan mengobati orang-orang yang mengalami itu. Selanjutnya ada spesialis radiologi, akan membantu interpretasi semua jenis pencitraan gigi, nantikan di foto, nah di foto ini nanti akan membantu spesialis lain untuk mendapatkan diagnosis yang benar. Kalo untuk melanjutkan nanti setelah koas, lulus terus baru bisa ambil spesialis.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 3, kalo di jaman ku namanya SNMPTN kayanya sekarang sama aja pakai nilai raport, terus abis itu ada SBMPTN kalo sekarang UTBK kalo ga salah, jaman ku kan daftar tes terus pengumuman, kayanya kalo sekarang itu tes dulu, dapat nilai terus daftar. Kalo mandiri nanti bisa liat di web resmi universitas, di pmb.ulm.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat?

Memerikan semangat untuk mentalnya, agar siap mental karena kita ga tau akan tertolak oleh dosesn itu sering banget. Terus siapin fisik karena kalo misalnya kita sakit, kita bakalan ketinggalan terus, ketinggalan kuliah, ketinggaan skills. Jadi di mind set ga ada waktu buat sakit. Siapin iman yang banyak karena kita ga bisa mengandalkan orang lain dan diri kita, kita harus mengandalkan Allah. Hal yang utama harus pinter-pinter bagi waktu karena apalagi pendemi, online, kuliahnya kerasa 24 jam. Kalau kita ga pinter bagi waktu akan keteteran. Sekarang untuk bimbingan dari dosen harus nunggu foto. Kalau dulu dateng misi dok ini gimana, sekarang susah, nunggu balesan, kalo ga dibalas nunggu besok.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Bisa di dokter gigi rumah sakit pemerinta, itu jadi PNS, abis itu dokter gigi di rumah sakit swasta, bisa juga di puskesmas, jadi dokter gigi polisi, daftar di militer, kejaksaan, terus bisa juga bikin klinik sendiri, dokter gigi yang jadi dosen itu bisa ambil S2, terus jadi peneliti juga.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku dari awal masuk melihat dosen yang lain, aku pengen banget ambil spesialis penyakit mulut, setelah itu aku pengen jadi dosen, jadi planning ku pengen lulus tepat waktu, ambil penyakit mulut InsyaAllah di Airlangga, terus daftar di PNS mungkin terus jadi dosen.

Kode konten: C459

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *