Kedokteran Gigi, Uncategorized, Universitas Padjadjaran

Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (Echa)

Halo sobat intipers! Aku Echa Carissima dari Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran seperti apa?

FKG hampir sama kaya kedokteran umum, jadi emang sistem belajarnya sistem block, inis istem umum kalo di Fk dan FKG, jadi tiap semesternya kita tiap semesternya ada block-block besar, dimana kita akan membahas materi-materi di dalamnya, jadi kalo misalnya tahun pertama sampai tahun kedua ada block Medical Science atau BMS disini kita akan mempelajari semua hal tentang kedokteran umum, di FKG bukan hanya belajar gigi aja tapi kita juga belajar kedokteran umum, nantinya masuk ke tahun kedua baru kita fokus ke kedokteran giginya berikut praktikum-praktikum terkait.

Jadi buat BMS itu kita ada 5 block dibagi ke dalam 4 semseter, jadi ada 1 semester yang emang beberapa kali bahasnya dan ada juga yang satu kali bahas. Semua orang bakalan setuju kalo stereotipe nya Fakultas Kebanyakan Gadis, karena kebanyakan FKG itu perempuan. Ga menutup kemungkinan juga yang cowo bisa masuk FKG karena juga sebenernya banyak di FKG. Kalo cowo tuh sangat membantu banget, karena kasarnya di FKG itu praktikumnya praktikum kuli. Cowo itu membantu banget, kalo praktikum mereka bakal sangat membantu.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran?

Aku tuh sebenarnya kecemplung masuk FKG, awalnya aku mau masuk FK, kita cuma punya 2 pilihan di SBMPTNnya dan aku merasa lumayan riski kalo masukin FK di pilihan satu dan dua, jadi aku mikir jurusan apa ya yang bisa seengganya mirip sama FK, oh ternyata FKG aja deh dan akhirnya masuk ke FKG, jadi sebenernya tuh se rendom itu, pas di awal itu surprise juga, aku mikirnya ga akan beda, tapi ternyata lumayan beda banget, tapi sekarang enjoy, karena banyak insight baru yang aku dapatin.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Praktikum karena di FKG yang ciri khasnya itu praktikum, contohnya itu seminggu aku kuliah 5 hari dan 3 hari nya lebih dari setengahnya praktikum semua, praktikumnya apa? Banyak banget sebenernya, karena di FKG sendiri spesialisasinya ada 11, jadi ada 11 praktikum di FKG, dan salah satu ciri khas juga di FKG Unpad kita sistemnya tutorial, kita bukan belajar bareng-bareng gitu, tapi kitatuh di bagi ke kelompok-kelompok kecil. Di FKG dibagi kedalam 12 kelompok dan satu kelompoknya ada 10-12 mahasiswa dan kita yang bakal belajar bareng-bareng. kita cuma dikasih satu dosen, terus tiap minggunya kita dikasih kasus baru dan kita yang mecahin sendiri.

FKG Unpad sistemnya student based learning, kita ga diajarin. Kita mengajarkan diri kita sendiri, nanti di akhir baru dikasih kesempatan kalo kita mau nanya. Kalo semester yang berhubungan sama gigi di semester 2 kalo kedokteran yang berhubungan sama kedokteran in general kaya kedokteran umum itu udah ada. Kaya misalnya histologi, anatomi, lihat organ tubuh. Kalo yang berhubungan sama gigi semester 2, itupun ga yang terlalu dalem sih yang simple-simple aja, untuk mempersiapkan diri sebelum masuk ke semester 3, karena nantinya baru mulai bener-bener terjun ke kedokteran gigi yang lebih luas.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi atau spesialisasi sendiri kebetulan FKG Unpad itu adalah salah satu FKG terlengkap di Indonesia, kaya bedah mulut mau itu bedah minor ataupun mayor, yang kedua ortodonsia adalah spesialisasi yang simplenya perkawatan, perbehelan. Terus periodonsia adalah jaringan yang mempelajari di rongga mulut, misalnya ada gusi, tulang dan gigi. Ke empat prostodonsia, yang mempelajari tentang pasca kehilangan gigi, simplenya kaya gigi palsu, gigi tiruan. Ada konservasi gigi, ilmu konservatif, bisa menjaga kesehatan gigi, mempertahankan gigi agar ada di rongga mulut kaya menambal dan lain sebagainnya. Terus ada pedodonsia, ilmu kedokteran gigi anak.

Ada ilmu penyakit mulut, lebih spesifik lagi kaya penyakit myulut yang ada di rongga mulut itu apa aja sih. Terus ada ilmu kesehatan gigi masyarakat, kaya penyuluhan masyarakat. Yang terakhir itu radiologi, kaya rontgen-rontgen dalam gigi. Sebagai mahasiswa pre klinik kita mempelajari semua itu, tapi memang ga sedalam itu.  

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Jalur masuk nya sama kaya jalur masuk PTN pada umunya, yang pertama itu jalur SNMPTN atau jalur undangan dari sekolah atau SMA udah ngumpulin nilai dari semester 1-5 dan ngumpulin berkas-berkas penunjang kita kumpulin aja, kalo sesuai kriteria ya udah masuk aja. Kedua, SBMPTN atau seleksi bersama, ini hampir sama kaya SBM pada umumnya, tapi tiap tahun itu beda-beda pelaksanaan. Kalo berniat masuk PTN harus rajin-rajin follow up SBM tahun ini kaya gimana.

Terakhir, mulai dari 2019 dua tahun yang lalu, Unpad udah mulai ada jalur mandiri, hampir sama kaya PTN lain, namanya itu SMUP. Lumayan complicated, karena kalo di Unpad sendiri seleksi mandiri terdiri dari 3 bagian. Pertama CBT kalo udah lulus kita ada tes Toefl dan ada tes MBTI. Kalo udah lulus baru wawancara, yang membedakan juga kita harus bayar uang pangkal. Itu berbeda-beda tiap fakultas, tapi untuk FKG itu 2019 itu sekitar 200 juta. Biasanya UKTnya akan dapat UKT sendiri. Informasi lebih lanjut bisa di akses di websitenya Unpad dan sosial medianya. Mmisalnya IG Unpad bisa di cari aja.

Ada tips buat mahasiswa baru Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran?

Aku tuh masuk FKG kecemplung di awal. Aku mikirnya FK sama FKG itu mirip, ternyata beda banget. Butuh skills lab, hand skills. Karena aku ga ada persiapan ya jadinya kagok. Nah jadi tips buat temen-temen terutama yang masih Maba atau masih sekolah dipersiapkan sematang mungkin. Cari tau FKG mana, FKG Unpad kaya gimana, kondisi belajar kaya gimana. Kalo udah lebih mempersiapkan lebih enak. Menurut aku juga yang mau jadi Maba harus punya kondisi fisik dan psikis yang kuat karena bukan cuma di FKG, masuk kampus itu lumayan berat. Harus bener-bener di siapin, supaya lebih tahan banting. Kalo kita udah siapkan di awal udah fokus nih sama tujuan kita, jadinya ga bakal gampang menyerah karena kita udah tau tujuan kita maunya itu.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalo di FKG ini kita bakal kuliah pre klinik dulu 3.5-4 tahun, kalo udah lulus pre klinik kita bakal dapat gelar S.KG. sarjana kedokteran gigi, dari sini baru masuk kek klinik atau koas selama 2 tahun atau lebih, nah barulah setelah koas kita bisa kerja lebih luas. Sebenernya ada juga yang dari S.KG ga lanjut ke drg jadi stop aja gitu, itu ga masalah, tapi agak sayang juga.

Kalo kita udah jadi dokter gigi kita sangat luas, kita bisa bikin klinik sendiri kalo ga mau kerja di rumah sakit. Bisa juga kalo ga mau kerja dulu bisa lanjut S2 S3 bisa jadi dosen, peneliti. Banyak sebenernya, kalo mau coba ke tempat lain jadi dokter gigi TNI, Polri itu bisa banget. Jadi sebenernya banyak sih, jadi content creator juga. Kaya misalnya ka Fasya farsya, itukan alumni FKG juga kan.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencanannya pengen nyoba kerja dulu, pengen kerja di rumah sakit dulu, dan nanti baru pengen lanjut spesialis buat ambil spesialis bedah mulut.

Q&A

  • Kalo SMUP anak SMK bisa ikut apa ga terus kalo uang pangkal itu mahal atau ga?

Jawaban: kalo SMK bisa, tapi aku pribadi kurang tau juga, karena setau aku kalo anak SMK mungkin agak sedikit susah kalo mau masuk ke FK atau FKG, tapi ga menutup kemungkinan juga. Kalo uang pangkalnya tadi aku sempet mention bisa sampai 200juta, tiap fakultas beda-beda nominalnya. Ga menutup kemungkinan juga untuk temen-temen yang punya kendala di finansial kaya semacam kasih keterang ke kampus dan nanti di bantu. Ada temenku yang kurang finansial dan ikut jalur mandiri terus di ringanin. Kalo ga salah, kalo ada kendala finansial, uang mandirinya hanya 2 juta. Jadi bedanya jauh banget, ngomong aja ke kampus dan nanti dibantu.

Kode konten: C471

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *