Kedokteran Gigi, Universitas Sriwijaya

Kedokteran Gigi Unsri (Tiara)

Halo sobat intipers! Aku Tiara Tarasati dari Kedokteran Gigi Unsri angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Kedokteran Gigi Unsri seperti apa?

Secara garis besar, jurusan kedokteran gigi menangani kesehatan gigi dan mulut manusia, termasuk melakukan pengobatan dari penyakit yang ada. Tapi uniknya, kedokteran gigi gacuma belajar kesehatan aja, selain ksehatan juga kita harus ada jiwa seni dan engineer. Estetika gigi mulut juga merupakan tugas seorang dokter gigi.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Kedokteran Gigi Unsri?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Alasan aku pribadi itu cita-cita dari kecil, dulu aku mau banget jadi dokter. Awalnya aku daftar dokter umum tapi belum diterima. Lalu aku cari lagi jurusan apa yang kira-kira sesuai dengan minat dan passionku. Aku juga liat dari prospek kerjanya, sistem belajarnya bagaimana. Aku berpikir kayaknya jurusan kedokteran gigi ini cocok sama aku. Pas aku baca di website ternyata dokter gigi jumlahnya masih minim dan kurang sehingga insyaAllah kesempatannya lebih besar.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah di kedokteran gigi gacuma tentang gigi dan mulut. Di semester 1 dan 2 kita belajar mata kuliah kedokteran dasar seperti anatomi dasar, psikologi, kesehatan masyarakat dan fisiologi. Ada juga mata kuliah yang spesifik hanya dipelajari di kedokteran gigi seperti oral biologi, konservasi gigi, penyakit mulut dan radiologi kedokteran gigi.

Apa saja jalur masuk yang ada di Kedokteran Gigi Unsri?

Jalur masuk FKG Unsri sendiri ada 3 yaitu SNMPTN (undangan), UTBK-SBMPTN (jalur tes tulis) dan USNB (Ujian Saring Masuk Bersama) yang merupakan jalur mandiri yang dilaksanakan oleh Unsri. Sekarang jalur mandiri Unsri udah buka loh teman-teman, kalau mau daftar boleh cek di website usnb.unsri.ac.id

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Banyaj yang beranggapan kalau kedokteran gigi itu cabang spesialis dokter umum, padahal kedokteran gigi juga ada spesialis sendiri, seperti orthodonti (contohnya pemasangan behel), periodonsia (untuk penyakit jaringan gusi, konservasi gigi kalau berlubang, tambal gigi), ada prostodonsia untuk membuat gigi tiruan, ada kedokteran gigi anak, lalu ada juga ilmu penyakit mulut dimana ini adalah salah satu favorit aku karena penyakit yang ada dirongga mulut berkaitan dengan apa yang terjadi dibadan kita. Spesialis lain ada radiologi yang membaca pencitraan gigi dan mulut, yang ini seru. Kita jadi kayak punya indera keenam, karena gambar rontgen kan warnanya hitam putih, jadi menantang bacanya. Terakhir ada bedah mulut yang paling lama spesialisnya dan paling lama waktu belajarnya.

Ada tips buat mahasiswa baru Kedokteran Gigi Unsri?

Untuk teman-teman yang udah diterima di kedokteran gigi harus bersyukur karena jalan hidup kita yang terbaik adalah disini. Sebisa mungkin cari temen belajar yang bisa membawa dampak positif untuk kita didunia perkuliahan. Cari organisasi yang satu tujuan dengan profesi kita nantinya. Siapin mental kalau udah masuk, lanjutin sampai selesai. Kita harus bertahan dan harus selalu kuat

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kedokteran gigi pastinya bisa jadi dokter gigi di puskesmas, rumah sakit atau buka praktik sendiri. Biasanya kalau cewe suka buka praktik sendiri nih. Selain itu juga bisa dokter militer, nantinya bekerja dibagian militer atau kepolisian. Ada juga yang lagi hype, yaitu dokter gigi-preneur, kitab isa sambil jadi dokter gigi sekaligus berwirausaha. Atau kita juga bisa jadi influencer yang pembahasan kontennya seputar dunia kedokteran gigi.

Apa rencana dan harapan kak Tiara setelah lulus?

Tentunya perjalananku masih panjang, harapanya bisa lulus tepat waktu biar bisa banggain orang tua karena kuliah di FKG itu mahal. Setelah lulus kalau ada rezeki mau cari beasiswa S2 biar bisa jadi tenaga akademisi. Aku juga punya plan lain yaitu bekerja sebagai dokter gigi di rumah sakit.

Q&A

  1. Apa mata kuliah paling susah di Kedokteran Gigi?

Kalau menurut aku mata kuliah paling susah itu justru yang bukan mata kuliah spesifik kedokteran gigi. Menurutku yang susah itu histologi dan biokimia waktu semester 2. Kalau matkul spesifik kedokteran gigi yang susah seperti oral biologi atau biologi mulut, karena disana ada sistem asistensi jurnal dan makalah disetiap praktikum ada tugasnya, jadi lebih terlihat susah daripada matkul lain

  1. Tips belajar UTBK

Harus siapin dari jauh hari karna materinya dari kelas 10-12 SMA, jadi gabisa kita selesaikan hanya dalam waktu 1-2 bulan, kita harus belajar secara nyicil. Jangan lupa perbanyak doa ya.

  1. Apakah di FKG Unsri dibagi menjadi 2 kampus seperti Fakultas Hukum?

Kalau kedokteran gigi sendiri hanya ada 1 kelas, karena mahasiswanya hanya 86 orang di tiap angkatan. Kuliah dikelas dilaksanakan berbarengan, hanya 1 kelas. Kalau praktikum dibagi jadi kelompok-kelompok kecil.

  1. Alat-alat praktik di Kedokteran Gigi mahal-mahal ya kak?

Bener banget, mahal. Tapi sebenernya kita bisa beli alat second dari kakak-kakak tingkat atau coass, atau pinjam juga bisa. Tapi sebetulnya lebih enak beli second saja sih supaya lebih leluasa karena alat tersebut jadi milik kita sendiri.

  1. Kak apakah kos di Palembang mahal?

Kos disini itu termasuk mahal. Unsri punya 2 kampus, ada di Palembang dan Indralaya. Kos di Palembang bisa 2-3x lipat dari kos di Indralaya.

  1. Apakah kak Tiara mengalami kesulitan untuk kuliah di jurusan Kedokteran Gigi saat masa pandemi?

Awal-awal tentunya sulit karena di SMA biasa tatap muka, tapi kemarin aku masuk pada saat kondisi pandemi, jadi kuliahnya online. Kuliah online banyak tantangannya, misal  kita bisa kelas sambal tidur atau nonton film. Jadi kalau bisa kita yang harus adaptasi biar kuliah kita tetap berjalan lancar

  1. Apakah di Kedokteran Gigi juga mempelajari tentang kesehatan gigi hewan?

Kalau di Indonesia, belum ada kedokteran gigi hewan. Kalau di luar negeri sudah ada fakultas kedokteran gigi hewan. Jadi kita tidak mempelajari tentang kesehatan gigi hewan.

  1. Bagaimana cara kak Tiara meningkatkan motivasi saat lagi capek kuliah?

Menurutku kalau lagi capek kita harus inget tujuan awal masuk kuliah, perjuangan orang tua yang membiayai kuliah dan inget gimana perjuangan kita dulu untuk bisa berkuliah di tempat kita sekarang.

 

Kode konten: C921

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.