Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada

Kedokteran Hewan UGM (Alya)

Kedokteran Hewan UGM (Alya)

Halo sobat intipers! Aku Alya dari Kedokteran Hewan UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik

Secara umum, jurusan Kedokteran Hewan UGM itu seperti apa?

Jadi kedokteran hewan UGM udah punya fakultas sendiri, yang mempersiapkan mahasiswa menjadi calon dokter hewan yang baik. Di sini kita belajar cara merawat hewan agar tidak sakit, kesehatan hewan, dan mendiagnosa penyakit hewan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknologi dan Kedokteran Hewan UGM?

Dulu pilih jurusan ini karena dari kecil aku udah seiring banget nonton National Geographic  dan ada segmen tentang kedokteran hewannya makanya aku pengen masuk situ dan Alhamdulillah kesampaian.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Mata kuliahnya ada makro anatomi, kita harus menghafal tulang, otot, pembuluh darah dan saraf , dll pada hewan. Lalu ada mikro anatomi itu kita mengamati anatomi secara mikroskopis hewan mulai dari sel, jaringan, dll. Ada juga mikrobiologi yang membahas tentang virus, bakteri, protozoa dan jamur. Parasiotologi juga kita belajar tentang parasit yang ada pada hewan. Ada patologi itu ilmu penyakit, ini jadi dasar kita mendiagnosa penyakit hewan. Ada juga nutrisi klinik, yang mengajarkan cara memberikan nutrisi pada hewan sesuai kondisinya. Terus ada juga bedah hewan, dsb.

Praktikumnya kebanyakan di lab atau di peternakan. Kaya mata kuliah ilmu peternakan umum itu harus ke peternakannya. Paling berkesan sejauh ini banyak banget, tapi matkul ilmu peternakan umum bener bener harus ke peternakan ayam terus ke kandang sapi yang ada di kampus. Belajar menghandle sapi di sana. Pas pertama kali banyak banget yang takut, awal-awalnya emang takut tapi lama-lama bakal terbiasa. Kalau takut terus kita harus inget-inget aja alasan kita pengen masuk jurusan ini.

Salah satu kegiatan praktikum

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Kedokteran Hewan UGM?

Gak ada konsentrasi, kita mempelajari semua hewan domestik, kaya hewan ternak dan kesayangan.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuk di UGM ada SNMPTN. SBMPTN sama jalur mandiri, UTUL UGM. Kalau di kedokteran hewan nanti kita bisa sekelas sama mahasiswa yang dari Malaysia, jadi bisa nambah relasi.

Kuota penerimaan seangkatan sekitar 200orang tapi semakin ke sini kuotanya dikurangi juga sama pihak kampus. Meskipun kuotanya banyak, peminatnya juga banyak.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Banyakin baca dan belajar, karena ada pre test dan post test ketika praktikum. Kalau pretest nya di bawah standar itu gak boleh ikut praktikum. Praktikum ini hampir ada setiap hari makanya harus belajar. Kalau bisa jangan pernah bolos.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak banget, ga cuma praktik, buka klinik. Menurut OIE (kaya WHO nya kedokteran hewan) ada 33 ranah kerja dokter hewan. Bisa jadi peneliti, dosen, kerja di perusahaan pengolah produk hewani, kerja di peternakan, di bandara, tempat karantina. Dokter hewan itu dibutuhkan banget karena hanya ada 12 universitas yang membuka prodi ini, sedangkan kebutuhan di lapangan kerja itu banyak.

Setelah S1 kedokteran hewan akan mendapatkan gelar S,KH. Nanti lanjut program profesi kedokteran hewan selama 1,5 tahun baru dapat gelar dokter hewan. Jadi perjalanannya panjang, harus sabar.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Setelah lulus rencananya mau lanjut S2 dan mau jadi peneliti di lembaga penelitian gitu.

Kode Konten: C153

Komen dibawah! 28

  1. IC

    Kakak waktu itu masuk ke FKH pakai jalur snmptn atau sbmptn? Kalau snm berapa rata² rapot kakak? Dan kalau sbm brp nilainya kak??

  2. Siswadi yusuf

    Mohon penjelasannya terutama mata kuliah yang harus berhadapan dgn anjing dan babi. Karena sebagai muslim kita ada ” ketakutan” dgn hewan ini. Bagaimana cara menghadapi dan membersihkannya. Terima kasih

    • alyaarifqoh

      Hampir mayoritas mahasiswa di FKH UGM adalah muslim dan dosen di FKH UGM mayoritas adalah muslim jadi ga perlu takut ya. Karena di awal kuliah kita diajarkan bahwa semua hewan adalah makhluk ciptaan Tuhan dimana kita sebagai manusia harus menjaga dan merawat segala ciptaan-Nya. Setiap kali kita habis praktikum atau bersentuhan dengan anjing/babi kita diwajibkan untuk menyucikan diri sesuai dengan aturan Islam bagj yang muslim. Di onlineshop atau ada sesama mahasiswa yang menjual sabun yang bahannya dari tanah, nah ini memudahkan banget buat kita sebagai muslim untuk membersihkan diri.

  3. yifa

    apakah kedokteran hewan menerima dari anak SMK jurusan agro?

    • Alyaa Rifqoh Putri Yosyana

      Untuk syarat penerimaan mahasiswa baru prodi di UGM bisa lihat di um.ugm.ac.id ya
      Tapi sejauh ini di FKH UGM belum ada yang dari SMK jurusan agro.

    • alyaarifqoh

      Untuk syarat penerimaan mahasiswa baru prodi di UGM bisa lihat di um.ugm.ac.id ya
      Tapi sejauh ini di FKH UGM belum ada yang dari SMK jurusan agro.

  4. Indah Dwi Arnasyah

    Assalamualaikum kak mau nanya.kira-kira kuota buat FKH UGM jalur mandiri berapa orang ya kak? terimakasih kak

  5. Ismunandar

    Mbak mau tanya lulusan D3 agribisnis peternakan konsentrasi kesehatan hewan bisa nggak lanjut Sarjan kedokteran hewan klo bisa apakah kita harus mulai dari semester awal belajar nya atau mulai dari semester 4 atau 5? Terimakasih ?

    • Alyaa Rifqoh Putri Yosyana

      Di FKH UGM belum bisa menerima ekstensi dari D3 jadi kalau masih mau di FKH UGM harus ikut seleksi penerimaan mahasiswa baru dari awal

  6. Nesa

    Ka kalo masuk kedokteran hewab harus dari Sma ipa juga ya ? Tidak bisa Ips ? Makasi ✨

    • Alyaa Rifqoh Putri Yosyana

      Iya harus dari sma ipa karena di peraturan SNMPTN, UTBK, dan UM UGM persyaratannya harus dari SMA IPA. Karena kalau dari SMA IPS, di kuliahnya nanti susah karena semuanya berhubungan dengan IPA seperti Biologi, Kimia, Matematika

  7. Alyaa Rifqoh Putri Yosyana

    Untuk pembelian buku ga wajib ya, karena buku semua bisa didapetin yg softfile/e-book gratis kok. Biaya lain yang dibutuhin yang wajib ada pembelian jas lab untuk praktikum dan seragam wearpack untuk praktikum lapangan.

    • Oji

      Kak kalo buta warna parsial boleh gak masuk fkh ugm?soalnya pas aku cek diwebnya gak ada tulisan mutlak gak boleh bwp…jdi rada ambigu,pdhl aku pengen banget masuk fkh…sekian:)

      • Alyaa Rifqoh Putri Yosyana

        Untuk lebih pastinya mungkin bisa ditanyakan ke admin um ugm nya ya, tapi memang kalau buta warna kedepannya akan lebih kesulitan di proses kuliah karena ketika praktikum seperti mata kuliah mikroanatomi, patologi, dll kita dihadapkan dengan preparat yang diharuskan mahasiswa untuk membedakan tiap preparatnya dari warnanya begitu. Dan ketika nanti menjadi dokter hewan salah satu cara untuk mendiagnosis penyakit adalah dari preparat yang kita dituntut untuk membedakannya dari warnanya

  8. Erizka Wiandra Lestari

    Kak, apakah FKH UGM menerima siswa dari SMK jurusan keperawatan hewan?

  9. Misha

    Untuk biaya mandiri apakah ada spt biaya gedung nya kak? Lalu untuk snm dan sbm ada tidak? Terima kasih kak

    • Alyaa Rifqoh Putri Yosyana

      Untuk di ugm jalur ujian mandiri tidak ada biaya gedung dan biaya tambahan lainnya ya. Untuk jalur ujian mandiri biayanya hanya ukt per semester saja sesuai dengan golongan pendapatan orangtua

    • Alyaa Rifqoh Putri Yosyana

      Untuk jalur snm dan sbm juga sama, yaitu hanya membayar ukt per semester yang sesuai dengan golongan pendapatan orang tua saja. Untuk mengetahui ukt tiap fakultas sesuai dengan golongan pendapatan orangtua dapat dilihat di um.ugm.ac.id

  10. PADMARINI HAFIDZA DARMANINGTYAS

    Halo Ka. Izin bertanya, aku mau daftar fkh ugm di cbt nanti. apakah ada biaya khusus untuk praktikum akhir dsbnya? misal alat2 untuk praktikum dsbnya. Terimakasih Ka

    • Alyaa Rifqoh Putri Yosyana

      Untuk kebutuhan praktikum biasanya perlu membeli: jas lab, wearpack untuk praktikum lapangan, dan minorset alat bedah. Untuk rentang harga pastinya pertahun harganya berubahubah jadi nanti akan diinfokan kalau sudah diterima di fkh ugm.

  11. Burhanudin

    permisi kak, boleh diberikan rekomendasi buku” yang harus dipersiapkan saat kuliah untuk fkh tidak?

    • Alyaa Rifqoh Putri Yosyana

      Untuk buku, semua buku tentang veterinary/kedokteran hewan bisa digunakan untuk acuan. Bisa didownload gratis di vetbooks.ir atau cari di sumber lain

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.