Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada

Kedokteran Hewan UGM (Alya)

Kedokteran Hewan UGM (Alya)

Halo sobat intipers! Aku Alya dari Kedokteran Hewan UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Kedokteran Hewan UGM itu seperti apa?

Jadi kedokteran hewan UGM udah punya fakultas sendiri, yang mempersiapkan mahasiswa menjadi calon dokter hewan yang baik. Di sini kita belajar cara merawat hewan agar tidak sakit, kesehatan hewan, dan mendiagnosa penyakit hewan.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknologi dan Kedokteran Hewan UGM?

Dulu pilih jurusan ini karena dari kecil aku udah seiring banget nonton National Geographic  dan ada segmen tentang kedokteran hewannya makanya aku pengen masuk situ dan Alhamdulillah kesampaian.

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya ada makro anatomi, kita harus menghafal tulang, otot, pembuluh darah dan saraf , dll pada hewan. Lalu ada mikro anatomi itu kita mengamati anatomi secara mikroskopis hewan mulai dari sel, jaringan, dll. Ada juga mikrobiologi yang membahas tentang virus, bakteri, protozoa dan jamur. Parasiotologi juga kita belajar tentang parasit yang ada pada hewan. Ada patologi itu ilmu penyakit, ini jadi dasar kita mendiagnosa penyakit hewan. Ada juga nutrisi klinik, yang mengajarkan cara memberikan nutrisi pada hewan sesuai kondisinya. Terus ada juga bedah hewan, dsb.

Praktikumnya kebanyakan di lab atau di peternakan. Kaya mata kuliah ilmu peternakan umum itu harus ke peternakannya. Paling berkesan sejauh ini banyak banget, tapi matkul ilmu peternakan umum bener bener harus ke peternakan ayam terus ke kandang sapi yang ada di kampus. Belajar menghandle sapi di sana. Pas pertama kali banyak banget yang takut, awal-awalnya emang takut tapi lama-lama bakal terbiasa. Kalau takut terus kita harus inget-inget aja alasan kita pengen masuk jurusan ini.

Salah satu kegiatan praktikum

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Kedokteran Hewan UGM?

Gak ada konsentrasi, kita mempelajari semua hewan domestik, kaya hewan ternak dan kesayangan.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuk di UGM ada SNMPTN. SBMPTN sama jalur mandiri, UTUL UGM. Kalau di kedokteran hewan nanti kita bisa sekelas sama mahasiswa yang dari Malaysia, jadi bisa nambah relasi.

Kuota penerimaan seangkatan sekitar 200orang tapi semakin ke sini kuotanya dikurangi juga sama pihak kampus. Meskipun kuotanya banyak, peminatnya juga banyak.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Banyakin baca dan belajar, karena ada pre test dan post test ketika praktikum. Kalau pretest nya di bawah standar itu gak boleh ikut praktikum. Praktikum ini hampir ada setiap hari makanya harus belajar. Kalau bisa jangan pernah bolos.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak banget, ga cuma praktik, buka klinik. Menurut OIE (kaya WHO nya kedokteran hewan) ada 33 ranah kerja dokter hewan. Bisa jadi peneliti, dosen, kerja di perusahaan pengolah produk hewani, kerja di peternakan, di bandara, tempat karantina. Dokter hewan itu dibutuhkan banget karena hanya ada 12 universitas yang membuka prodi ini, sedangkan kebutuhan di lapangan kerja itu banyak.

Setelah S1 kedokteran hewan akan mendapatkan gelar S,KH. Nanti lanjut program profesi kedokteran hewan selama 1,5 tahun baru dapat gelar dokter hewan. Jadi perjalanannya panjang, harus sabar.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Setelah lulus rencananya mau lanjut S2 dan mau jadi peneliti di lembaga penelitian gitu.

Kode Konten: C153

Komen dibawah! 3

  1. IC

    Kakak waktu itu masuk ke FKH pakai jalur snmptn atau sbmptn? Kalau snm berapa rata² rapot kakak? Dan kalau sbm brp nilainya kak??

  2. Siswadi yusuf

    Mohon penjelasannya terutama mata kuliah yang harus berhadapan dgn anjing dan babi. Karena sebagai muslim kita ada ” ketakutan” dgn hewan ini. Bagaimana cara menghadapi dan membersihkannya. Terima kasih

  3. yifa

    apakah kedokteran hewan menerima dari anak SMK jurusan agro?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *