Kedokteran Hewan

Kedokteran Hewan Unair / Universitas Airlangga (Rikho)

Kedokteran Hewan Unair / Universitas Airlangga (Rikho)

Hai sobat Intipers. Perkenalkan saya Rikho Dwi Nindiarto, biasa dipanggil Rikho. Saya mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Airlangga atau Kedokteran Hewan Unair angkatan 2016. Kesempatan kali ini saya ingin membagikan pengalaman kuliah saya setelah tujuh semester di jurusan Kedokteran Hewan. Jadi, mari kita kupas satu persatu ya sobat. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok,pastiin kalian baca sampe beres dulu artikel ini.

Apa yang dipelajari di Kedokteran Hewan Unair / Kedokteran Hewan Universitas Airlangga ?

Layaknya dokter pada manusia meski beda pasien yang ditangani, dokter hewan juga diajarkan mengenai bagaimana prosedur pemeriksaan fisik atau kesehatan pasien secara benar dan sesuai standar operasional guna mengetahui kondisi pasien. Tantangan bagi seorang dokter hewan adalah si pasien tidak dapat berbicara, sehingga sulit untuk kita sebagai dokter hewan mengetahui secara langsung dan jelas penyakit apa yang sedang diderita si pasien. Oleh kerena itu, kita menggali lebih dalam mengenai kondisi pasien dari pemilik pasien. Pasien juga beragam, ada pasien ternak besar seperti sapi, kerbau, kambing, ternak unggas seperti ayam pedaging, ayam petelur, hewan kesayangan seperti anjing dan kucing, satwa liar, dan hewan-hewan eksotis seperti iguana.

Selain prosedur pemeriksaan hewan, kita juga diajarkan tentang penyakit-penyakit hewan baik yang menular dan tidak menular. Penyakit dalam juga diajarkan sehingga kita dapat bekal ilmu terkait penyakit dalam yang nantinya bakal dijumpai saat kita menjadi dokter hewan praktisi dan mendapati pasien dengan keluhan tersebut. Terapi dan pengobatan tidak ketinggalan diajarkan untuk mahasiswa kedokteran hewan Universitas Airlangga. Ya, sudah jadi tugas seorang dokter hewan yang bisa mendiagnosa penyakit serta melakukan tindakan terapi. Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya, baik dokter dan dokter hewan sama-sama memiliki tugas untuk mengendalikan penyebaran penyakit.

Slide5

Berbagai asumsi salah yang masih saya jumpai di masyarakat mengenai kedokteran hewan adalah kalau dokter hewan itu tugasnya hanya nyuntik-nyuntik hewan saja, lapangan pekerjaan dokter hewan tidak banyak seperti pekerjaan lainnya. Dokter hewan juga sering dikatakan sebagai mantri hewan. Dokter hewan  secara hukum memiliki wewenang untuk mendiagnosa penyakit serta melakukan tindakan terapi. Sedangkan untuk mantri hewan atau Paramedik Veteriner itu asisten dokter hewan yang membantu dokter hewan saat penanganan kasus tertentu, dan tidak memiliki kewenangan untuk mendiagnosa penyakit.

Bagaimana dengan mata kuliah dan tugas serta dosen favorit?

Mata kuliah kedokteran hewan Universitas Airlangga untuk strata 1 (S1) terbilang banyak, total ada 148 SKS. Mata kuliah yang diajarkan diantaranya Ilmu Bedah Veteriner yang membahas mengenai tindakan bedah untuk kasus-kasus hewan yang mengalami patah tulang, kastrasi hewan kesayangan seperti kucing dan anjing baik jantan atau betina, serta kasus lainnya. Praktikum mata kuliah tersebut mengharuskan membawa pasien untuk dipraktikan bagaimana prosedur bedah sesuai standar operasional. Selain itu ada mata kuliah Ilmu Penyakit Infeksius dan Parasitik. Betapa banyaknya penyakit-penyakit yang dapat menyerang hewan. Melalui mata kuliah ini, saya menjadi tahu bahwa ternyata ada penyakit yang bisa ditularkan dari manusia ke hewan atau bahkan sebaliknya.

Seluruh dosen-dosen di kedokteran hewan Universitas Airlangga banyak menginspirasi dan memotivasi saya selama menempuh pendidikan di kedokteran hewan Universitas Airlangga. Dosen favorit saya adalah Prof. Pudji Srianto, drh., M.Kes. dan Dr. Epy Muhammad Luqman, drh., M.Si., karena beliau-beliau inilah yang memotivasi saya untuk terus semangat menjalani perkuliahan di kedokteran hewan Universitas Airlangga.

Apa saja tips-tips untuk mahasiswa baru jurusan Kedokteran Hewan Universitas Airlangga ?

Pertama, usahakan mencatat materi apa yang disampaikan oleh dosen serta melakukan review materi yang telah disampaikan. Ini sangat membantu kalian dalam belajar karena kita tahu materinya sangat banyak. Kedua, membuat jadwal belajar mandiri, manfaatkan momen tutorial bersama asisten dosen atau belajar kelompok saat ada kesempatan. Ketiga, aktif berdiskusi sesaat setelah perkuliahan atau saat sesi tanya jawab presentasi. Keempat, usahakan mencicil tugas yang diberikan dosen, karena jadwal hari berikutnya biasanya padat oleh praktikum dan tutorial dengan asisten dosen. Kelima, sempatkan di waktu senggangmu untuk berkunjung ke perpustakaan. Disitu kalian bisa baca-baca jurnal, buku materi, dan bahkan skripsi kakak tingkat yang bisa dijadikan referensi untuk penelitian skripsimu mendatang.

Aktif di kegiatan mahasiswa yang diminati

Beragam kegiatan mahasiswa baik di lingkup universitas dan fakultas tersedia untuk kita. Ikuti kegiatan tersebut sesuai apa yang menjadi minatmu. Untuk di lingkup universitas kalian bisa mengikuti kegiatan kerohanian, bela diri, kesenian seperti karawitan, paduan suara, orkestra, ada juga pecinta alam, penalaran, bidang olahraga dan lain sebagainya. Bisa juga aktif mengikuti organisasi seperti badan eksekutif mahasiswa, badan legislatif mahasiswa, dan lain-lain yang bisa melatih jiwa kepemimpinanmu.

Terdapat unit-unit kegiatan seperti bulutangkis, voli, paduan suara fakultas, seni tari, dan sebagainya. Terdapat organisasi minat profesi seperti kelompok minat profesi veteriner ternak besar, pet and wild, unggas dan burung serta kelompok studi mengenai kuda. Ada juga Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan atau yang disebut IMAKAHI sebagai wadah untuk mahasiswa mengedukasi mahasiswa berkegiatan mengenai isu-isu kedokteran hewan. Kegiatan kerohanian pun tersedia juga untuk sarana menambah iman dan siraman rohani mahasiswa. Kegaiatan seperti jurnalis juga ada, kelompok jurnalis aktif untuk meliput serta membantu mengedukasi mahasiswa mengenai ranah kedokteran hewan.

Prospek kerja dan Alumni biasanya dimana Kedokteran Hewan Unair?

Prospek kerja lulusan dokter hewan sebenarnya sangat luas. Di antaranya yang pasti bisa menjadi dokter hewan praktisi di klinik ataupun rumah sakit hewan. Lulusan dokter hewan juga bisa bekerja sebagai dosen pengajar, peneliti, menjadi tenaga medis veteriner di kebun binatang, menjadi petugas di bagian karantina. Dokter hewan serta dokter lainnya pun dapat bertugas sebagai pengendali penyakit terlebih penyakit zoonosis. Alumni sepengetahuan saya ada yang menjadi dosen pengajar, ada yang bekerja di dinas pertanian dan peternakan, menjadi peneliti, pengawas pakan dan obat hewan, serta bekerja di klinik atau rumah sakit hewan.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Harapan dan rencana setelah lulus saya ingin bekerja di salah satu klinik atau rumah sakit hewan sebagai dokter hewan praktisi. Menjadi dokter hewan praktisi menurut saya merupakan pekerjaan yang mulia, apabila pasien dapat sembuh merupakan kebahagiaan bagi kita sebagai dokter hewan karena bekal ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat bagi si pasien dan pemilik pasien. Hal ini sesuai dengan motto dokter hewan yaitu “Manusya Mriga Satwa Sewaka” yang artinya Menyejahterakan Manusia Melalui Kesehatan Hewan”. Ini juga salah satu bakti pada profesi sebagai dokter hewan yang bisa saya rasakan.

Kode Konten: X140

Komen dibawah! 13

  1. Daffa Alif

    Apakah kalau di fkh unair sks nya setiap semester sudah diatur? Atau boleh menambah agar mempercepat kelulusan? Lalu rata rata paling cepat untuk lulus+koas sebagai dokter hewan berapa lama ya? Terimakasih 🙏🏻

    • rikhonindiarto

      Halo Daffa Alif, salam kenal
      Menjawab pertanyaan Daffa, untuk sks setiap semester di fkh unair sudah ada panduannya, mengenai mata kuliah apa saja yang perlu diambil pada semester yang sedang dijalani. Untuk maba, sks nya masih paketan. Lalu untuk semester berikutnya, misal ingin menambah sks diperbolehkan. Tips dari saya, semisal ingin menambah sks, konsultasikan juga ke dosen wali. Rata-rata, untuk lulus+koas kira-kira 5 tahunan, dengan masa studi S1 4 tahun normalnya (ada yang bisa 3,5 tahun) koas dokter (12-18 bulan).
      Semoga menjawab pertanyaannya Daffa.

      Terima kasih,

  2. Fuad

    Assalamualaikum kak, izin bertanya
    1. Bagaimana sistem pembelajaran di masa pandemi ini? Mulai dari tugas, praktek, dan presentasi serta yang kakak sudah rasakan?
    2. Apa suka dan dukanya anak mahasiswa kedokteran hewan kuliah di masa pandemi? Bagaimana cara mengatasi/meminimalisir problem tersebut?
    3. Serta juga bagaimana aktivitas ukm,organisasi, atau kepanitiaan di masa pandemi ini?
    Waalaikumsalam kak… Terimakasih dan maaf mengganggu waktunya

    • rikhonindiarto

      Wa’alaikumsalam, halo Fuad. Salam kenal.
      Menjawab pertanyaan dari Fuad.
      1. Sistem pembelajaran selama masa pandemi dialihkan menjadi pembelajaran secara daring, baik ujian, tugas, dan praktikum. Memasuki semester ganjil tahun akademik 2020/2021 mendatang juga masih menggunakan sistem daring untuk kegiatan pembelajaran.
      2. Suka duka mahasiswa kedokteran hewan selama masa pandemi menurut saya cukup berimbas pada materi kuliah yang dirasa kurang maksimal bila dibanding kuliah secara tatap muka. Waktu diskusi bersama dosen atau teman-teman juga terbatas. Akhirnya dialihkan ke social media untuk diskusi lebih lanjut. Lanjut mengenai praktikum. Ini harusnya wajib didapatkan oleh mahasiswa, oleh karena pandemi ini kami merasakan defisiensi kompetensi. Cara mengatasi pembelajaran masa pandemi, selain ikut kuliah secara daring, bisa juga diskusi bersama teman melalui socail media, bisa juga menggunakan fasilitas seperti Zoom untuk diskusi bersama teman dan dosen. Selain itu bisa juga unduh materi pembelajaran untuk dibaca-baca.
      3. Untuk kegiatan seperti UKM, organisasi/kepanitiaan selama masa pandemi yang mengundang banyak kerumunan orang ditiadakan. Sebagai gantinya, ada sesi seperti kuliah umum dan diskusi.

      Semoga menjawab pertanyaan Fuad . Terima kasih.

  3. Ida

    Assalamualaikum kak, saya izin bertanya, saya ingin masuk kedokteran hewan Unair 2021 jalur SNMPTN, untuk peluangnya bagaimana ya kak?, Apakah sangat ketat?

    • rikhonindiarto

      Wa’alaikumsalam, Ida, salam kenal,
      Mengenai peluang, insha allah, pasti ada Ida.
      Kalau dikatakan sangat ketat saya rasa tidak begitu ketat, Ida. Informasi yang saya dapatkan mengenai keketatan masuk kedokteran hewan unair jalur snmptn tahun akademik 2019/2020, itu sebesar 16,23% . Angka ini termasuk persentase keketatan yang cukup besar, karena kalau persentase keketatan semakin kecil, berarti semakin ketat persaingannya untuk masuk jurusan yang dituju. Untuk lebih lengkapnya, mengenai daya tampung, program studi, dan lainnya, Ida boleh mengunjungi lzman web Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga : http://www.ppmb.unair.ac.id/

      Semoga apa yang diharapkan Ida dapat tercapai, turut mendoakan yang terbaik buat Ida.

      Terima kasih,

  4. Cecil

    Kak, saya tertarik masuk kedokteran Unair tahun ini, apakah dokter hewan sulit mencari pekerjaan setelah lulus? Karena yang saya dengar dokter umum banyak yang kesulitan mencari kerja.

    • rikhonindiarto

      Hai Cecil, salam kenal,
      Mengenai karier lulusan dokter hewan sebenarnya ada beragam pilihan yang bisa dimasuki sesuai passion lulusan dokter hewan yang dikehendaki. Lulusan dokter hewan bisa membuka praktik mandiri atau praktik bersama, selain itu bisa menjadi staff pengajar atau dosen di universitas. Lulusan dokter hewan juga bisa terjun sebagai tenaga medis di pelayanan kesehatan bagi satwa liar, satwa akuatik, ternak besar, satwa ekostis, dan unggas. Bisa juga sebagai peneliti di suatu laboratorium hewan coba, dan masih banyak lainnya.

      Terima kasih,

  5. Putri anjani

    Doain aku ya kak masuk snmptn maupun sbm untuk masuk ke fkh unair 2021 aminn, seperti yang dijabarkan kakak tentang prospek kerja dokter hewan sangat cocok dengan apa yng saya inginkan. Terimaksih juga telah memberikan informasi2 tentang kh di unairsangat membantu sekali

  6. Khoirunisa

    Halo kak
    Kalau ingin menjadi dosen apakah harus lanjut s2 dulu?

  7. Sigit Sa'ad Hibatullah

    Ass. Kak, ijin bertanya kak aku calon maba fkh Unair kak. Dulu kaka’ masuknya lewat jalur apa, kalau semisal kaka’ lewat jalur mandiri kira² berapa biayanya (uang pangkal & sbgnya).

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *