Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Palembang

Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang (Rafika)

Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang (Rafika)

Halo sobat intipers! Aku Rafika Tia Fhadilah dari Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang?

Secara garis besar, jurusan kedokteran belajar tentang ilmu kesehatan. Seluruh mata kuliah yang ada dikedokteran mempelajari bagaimana mengobati seseorang. Tp gacuma mempelajari kesehatan, kita juga banyak dapet pelajaran yang lain seperti bagaimana cara berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang setempat. Disini kita dituntut bagaimana caranya kita sosialisasi ke orang lain agar setelah pendidikan nanti kita bisa mengaplikasikan ilmu kita ke masyarakat luas.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Kedokteran?

Yang pertama emang cita-cita aku mau jadi dokter. Kebetulan aku gaada background keluarga yang berprofesi sebagai dokter. Aku juga mendapat dukungan sepenuhnya dari orang tuaku untuk berkuliah di kedokteran.

Apa mata kuliah khas atau tugas yang ada di Kedokteran?

Kami ada kuliah anatomi dimana kami mempelajari organ manusia baik diluar maupun dalam, lalu ada namanya tugas pengenalan profesi dimana kami diminta mengkaji ulang dan melakukan penelitian terhadap judul kasus yang diberikan oleh dosen. Contohnya ada pemyakit Covid-19 sekarang, kami akan diminta mengkaji tata laksana pengobatan yang baik, bagaimana mencegah, mengobati dan menanggulangi Covid-19 tersebut. Hal ini tiap bulan dilakukan dengan judul kasus yang berbeda-beda.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang?

Dijurusan kedokteran ini kami menempuh 2 tahap, yaitu 3.5 tahun pertama kuliah Namanya pre-klinik, dimana kami mempelajari ilmu dasar kedokteran yang akan diterapkan ke praktik langsung pada tahun berikutnya. Setelah pre-klinik kami melanjutkan coass dimana kami terjun  langsung kerumah sakit selama 2 tahun. Setelah dari situ kami bisa selesai dan menjadi dokter lalu melanjutkan ke internship untuk mengambil gelar kami sebagai dokter.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Disini ada 2 jalur masuk, yang pertama ada jalur nasional, bisa diikuti seluruh Indonesia, namanya SBMPTMU (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah) dan sekarang dibuka 2 gelombang. Jalur kedua ada jalur mandiri yang disediakan oleh kampus sebanyak 2 gelombang juga.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Yang pertama itu siapkan terlebih dahulu nilai kalian. Nilai itu patokan yang penting untuk kita bisa masuk ke kampus ini. Kedua adalah niat dan tekad ingin belajar, ketika sudah diterima berarti itu kesempatan kita untuk belajar. Ketiga adalah kesehatan. Kesehatan sangat penting untuk menunjang kelancaran perkuliahan.

Prospek kerja dan alumni jurusan Kedokteran seperti apa?

Ketika telah menyelesaikan pendidikan, kita bisa menjadi dokter dan bekerja dirumah sakit. Kita juga bisa buka klinik sendiri atau didaerah manapun yang kalian inginkan.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Ketika lulus nanti aku ingin sekolah lagi, jadi tidak hanya stuck sampai sini. Aku ingin lanjut ke sekolah spesialis atau mengambil S2 lainnya. Jadi setelah dokter kita bisa melanjutkan spesialis yang kita inginkan misalnya obgyn atau kandungan, atau spesialis jantung dan spesialis-spesialis lainnya.

Q&A

  1. Bagaimana sistem kuliah di Kedokteran?

Sistem ujian disini ada 4. Pertama ada ujian multiple choice dimana kita menjawab pertanyaan pilihan ganda dengan jumlah soal 100-150 soal yang dikerjakan dalam waktu 150 menit. Materinya mencakup seluruh pelajaran yangg kita pelajari pada blok saat itu. Misal kita ada sedang ada diblok endokrin, pada saat diakhir blok kita akan diuji dalam 150 pertanyaan mengenai endokrin. Ujian kedua adalah OSCE, jadi ada keterampilan klinik yang kita lakukan dimana seluruh ilmu diujikan. Misal cara menyuntik, menginfus, menjahit pasca-operasi. Ketiga ada OSOKA membahas kasus-kasus penyakit dan kita presentasikan didepan dosen. Keempat ada OSP atau ujian praktikum, misalnya anatomi, maka seluruh yang kita pelajari tentang anatomi diujikan dalam satu hari itu.

Kode konten: C945

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.