Kedokteran

Kedokteran Universitas Riau (Nadia)

Kedokteran Universitas Riau (Nadia)

Hallo intipers! Kenalin namaku Nadia Salvira, bisa panggil aku nadia/nad. Aku mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau angkatan 2019. Disini aku mau membagikan sekaligus mau sharing pengalaman kuliah aku di Fakultas Kedokteran. Yuk, simak kisahku! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

SUKA DUKA MENJADI MAHASISWA Kedokteran Universitas Riau

Tentunya, menjadi seorang mahasiswa kedokteran memiliki suka duka tersendiri dan tentunya siap ga siap harus dihadapi dan harus dilewati. Menjadi seorang mahasiswa kedokteran tentunya harus memiliki rasa kemanusiaan dan peduli terhadap sesama. Tentunya seorang mahasiswa harus memiliki sikap ini sejak menetapkan dan memutuskan untuk menjadi seorang dokter. Mahasiswa Kedokteran dituntut untuk selalu peduli pada orang lain. Tidak hanya harus bersimpati, melainkan empati alias cekatan untuk menolong orang yang memerlukan. Selain itu, mahasiswa kedokteran juga akan dituntut untuk terlatih dan tidak gampang panik, meskipun dalam kondisi apapun. Mahasiswa kedokteran tidak boleh panik dalam melakukan tindakan apapun. Selanjutnya, sebagai mahasiswa kedokteran tentunya harus dapat berlatih sabar dan ikhlas. Sebab nantinya, mahasiswa kedokteran harus bisa melakukan pendekatan dengan masyarakat. Dan hal ini ga mudah lho! Dan masih banyak lagi suka dan duka yang dialami oleh mahasiswa kedokteran yang ga bisa aku jelasin satu persatu.

Dibalik banyaknya suka dan duka menjadi mahasiswa Kedokteran, tetap ada pengalaman berharga dan beberapa hal yang bisa mewujudkan beberapa pandangan yang telah diutarakan oleh masyarakat luas. Di setiap aktivitas yang dilakukan oleh dokter, pasti akan ada selalu kisah baru yang berbeda dan menambah rasa syukur apabila memilih profesi ini.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

YUK KUPAS MITOS JADI MAHASISWA KEDOKTERANKedokteran Universitas Riau!

Pasti kalian sering banget kan denger berbagai mitos yang melekat di kalangan masyarakat. Disini aku bakal bahas satu persatu. Yang pertama, anak kedokteran harus kaya raya. Duh, bener ga yaa ini? Jawabannyaaa… Mitos! Yup, ini cuman mitos kok. Pasti temen-temen ada juga nih yang mengurungkan niatnya mau masuk kedokteran karena terhalang biaya. Sekarang udah banyak banget lho beasiswa-beasiswa untuk mahasiswa kedokteran, dan pemerintah juga banyak memberikan bantuan kepada mahasiswa yang kurang mampu. So, jangan khawatir ya, pasti ada jalan kok buat mewujudkan mimpi!

Yang kedua, mahasiswa Kedokteran mudah stress bahkan bisa bunuh diri! Wah serem banget nih, tapi ini mitos ya guys, mitos! Aku sering banget nih denger mitos ini di kalangan masyarakat, temen-temen ga bakal stress kalo bisa memanajemen waktu kalian. Nanti pas awal masuk kuliah mahasiswa baru bakal diajarin kok gimana sih cara belajar di kedokteran, terus gimana sih cara manajemen waktu yang baik, dan masih banyak  lagi. Jadi tenang aja, jangan terlalu dibuat pusing ya guys! Yang ketiga, mahasiswa kedokteran super sibuk dan harus ninggalin hobi. Ini salah besar ya guys! kembali lagi sama manajemen waktu yang baik, dan jangan anggap kalo mahasiswa kedokteran kerjaannya cuman belajar, belajar, belajar. Mahasiswa kedokteran juga rutin mengikuti organisasi loh! Baik itu organisasi di Fakultas, Universitas, maupun Nasional. Jadi jangan salah, anak FK gak cuma belajar aja kerjaannya, kita juga punya hobi yang keren-keren loh hehe.

Kegiatan ke lapangan

TIPS UNTUK MAHASISWA BARU Kedokteran Universitas Riau

Mungkin aku ga banyak ngasih tips buat maba ya. Pertama tentunya persiapin dengan baik, karena dunia perkuliahan ga seindah di FTV hehe. Jangan lupa cari tahu lebih dalam mengenai Universitas dan Fakultas kalian ya, jangan sampai ketinggalan informasi. Kalian juga bisa tanya-tanya lebih banyak lagi tentang kedokteran ke keluarga, saudara, ataupun kenalan kalian, bisa juga kok cari di internet.

Selanjutnya yaitu mahasiswa baru dituntut agar dapat manajemen waktu, kalian harus bisa mengatur waktu dengan baik agar dapat belajar sebelum mata kuliah diberikan dan dapat mengulang kembali mata kuliah yang sudah diberikan. Mungkin waktu bermain kalian gak bisa sebanyak dulu. Kalian harus bisa membuat skala prioritas, harus tau mana yang tidak penting, penting, dan sangat penting.

Kalian juga dapat membuat kelompok belajar agar bisa berdiskusi tentang materi kuliah guna memecahkan tugas praktikum, memecahkan soal bersama-sama dan saling mengingatkan serta memberi semangat satu dengan yang lainnya.

Dan jangan lupa harus banyak-banyak membaca. Kalo kalian udah memutuskan buat menjadi seorang dokter, berarti kalian sudah siap untuk belajar seumur hidup. Ilmu kedokteran selalu mengalami perkembangan.  Oleh karena itu kalian harus banyak membaca untuk update perkembangan ilmu, kalian bisa gunakan internet ataupun media lainnya.

Pasti banyak banget tantangan dan rintangan yang bakal kalian hadapi ke depannya, dan pasti kalian bakal ngerasain lelah, capek, dan ngerasa ga sanggup buat lanjut. Itu wajar kok! Yang penting kalian jangan nyerah! Ingat, kalian sudah ditempatkan Tuhan di posisi ini pasti karena Tuhan tau kamu bisa melaluinya

Dan yang paling penting adalah berdoa. Ini yang paling ya guys! Kalian jangan lupa berdoa, minta restu orang tua agar kuliah kalian dapat berjalan dengan baik.

Pokoknya, persiapin diri dengan matang dan jangan mudah stress ya! Jangan takut dengan mitos-mitos yang beredar, jalani aja dengan sebaik mungkin! Semangat.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

GIMANA PROSPEK KERJA NYA?

Setelah lulus dan memperoleh STR, dokter dapat bekerja di praktek pribadi, klinik, puskesmas, maupun rumah sakit. Ada juga kesempatan untuk menjadi dokter militer bagi yang berminat untuk bergabung dengan TNI/Polri. Untuk yang tidak tertarik pada bidang klinisi dapat bergabung pada manajemen pelayanan kesehatan, dosen, maupun menjadi peneliti di bidang kedokteran.

Kode konten: X335

Komen dibawah! 5

  1. Amelia

    Kan ada yang bilang kuliah kedokteran itu banyak yg bakal dilalui agar bisa jadi dokter. Harus butuh bertahun tahun untuk bisa jadi dokter.itu gimana sih kk?

  2. Nabilla

    Kak,kalau untuk jurusan kedokteran di UNRI,bisanya dari jurusan apa saja kak? Saya sekolah di Madrasah Aliyah, dan disekolah saya ada jurusan keagamaan,dan sekarang jurusan saya sekarang adalah jurusan keagamaan,bukan dari jurusan ipa. Apakah saya bisa lanjut kuliah di kedokteran UNRI kak??

  3. Galih

    kak maaf mau bertanya. rata rata nilai rapot untuk masuk pendidikan kedokteran melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN berapa kak? dan materi yang paling terpenting apa kak untuk utbk sbmptn?

  4. Icha kaniza

    Assalamualaikum
    Mohon informasi nya mengenai beasiswa kedokteran kak🙏
    Terimakasih

  5. Selpia

    Kak mau tanya dong
    Misalnya yah kita dapat beasiswa dari pemerintah itu beasiswa penuh atau gimana?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *