Kehutanan, Universitas Gadjah Mada

Kehutanan UGM (Syafaad)

Kehutanan UGM (Syafaad)

Halo intipers,Perkenalkan nama saya Muhammad Syafaad,biasa dipanggil Syafaad. Saya mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM Angkatan 2018. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah saya selama 4 semester di Kehutanan. Penasaran kan apa aja sih yang ada di kehutanan? Yuk,simak pengalaman saya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

JURUSAN KEHUTANAN UGM? EMANG ADA?

Sebelumnya mungkin sebagaian orang belum tahu apa sih jurusan kehutanan itu? Nah, Jurusan kehutanan itu jurusan yang mempelajari berbagai aspek cara manajemen hutan dengan baik dan benar. Cara melestarikan hutan dengan melihat ekosistem yang ada di dalamnya, mengetahui tingkat pertumbuhan suatu tanaman mulai dari benih hingga tumbuh besar menjadi pohon, dan juga bagaimana Mengelolah hasil hutan tersebut menjadi sebuah nilai tambah dalam memproduksi kayu ataupun non kayu. Di kehutanan sendiri bisa dibilang hampir ilmu yang ada di kehidupan ini dipakai semua, sehingga harus mengetahui dasar-dasar kehutanan. Nah,banyak juga nggak percaya bahwa di UGM itu ada jurusan kehutanannya. Di UGM sebenarnya sudah lama memiliki jurusan kehutanan tetapi, masih dalam lingkup Pertanian dengan prodi kehutanan.

Pada tahun 1963 resmilah kehutanan UGM dibuka. Ada kejutan di Kehutanan UGM sendiri, Bapak Presiden RI Indonesia sekarang Ir.Jokowi Widodo adalah Alumni dari Fakultas Kehutanan. Sejak itu siapa yang tidak bangga bisa masuk di fakultas Presiden. Banyak orang juga nggak tahu emang apa sih yang masuk asyik di kehutanan? Kalau masalah ini banyak sekali saya nggak bisa disebut satu persatu. Salah satunya mendaki gunung sekaligus merasakan pemandangan alam yang sangat indah dan eksotik. Pokoknya ketika masuk di jurusan kehutanan pengalaman yang didapatkan banyak banget.

YANG DIPELAJARI APA AJA SIH DI KEHUTANAN UGM?

Ada banyak banget mata kuliah dan tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Tetapi ada satu Mata Kuliah yang berkesan menurut saya adalah kuliah komunikasi dan informasi kehutanan (KIK) dan ekologi satwa liar (ESL). KIK mempelajari tentang komunikasi. Hal ini tentunya membuat saya heran kenapa komunikasi dipelajari dan yang lebih heranya lagi kenapa komunikasi sangat diperlukan di bidang kehutanan sehingga dibuat mata kuliah sendiri. Jawabanya tidak terpikirkan oleh saya. Terdapat berbagai macam teknik komunikasi yang baru saya ketahui dan sangat berkemungkinan untuk saya agar mencoba mempraktikanya sendiri dalam kondisi tertentu agar ilmu yang saya dapatkan berubah menjadi pengalaman dan pengalaman yang saya bawa bisa berpengaruh pada kelancaran pekerjaan saya.

schooters

ESL mempelajari tentang satwa liar. Saya mempunyai gambaran waktu mendengar ekologi satwa liar karena ruang lingkup kehutanan meliputi satwa liar. Waktu saya mengikuti perkuliahanya, saya baru sadar bahwa mata kuliah ini lebih dari apa yang saya pikirkan. ESL mempelajari tidak hanya satwa liar tetapi juga habitatnya, kondisi lingkungganya, interaksinya dengan makhluk hidup lain, dan pengaruh keberadaanya. Wawasan saya bertambah luas dan bahkan membuat saya malu sendiri karena saya, mahasiswa, menganggap remeh apa yang saya sudah punya gambaran. Pengalaman ini mengajarkan saya untuk memperluas wawasan saya dan memperdetil informasi yang ada sehingga saya tidak lagi kekurangan informasi dan membuat saya mengerjakan pekerjaan saya dengan baik dan benar.Pokoknya seru banget mempelajari matkul ini.

DI KEHUTANAN UGM ADA BEBERAPA PENJURUSAN?

Di jurusan kehutanan yang saya tempuh saat ini, ada empat konsentrasi yang wajib bagi saya untuk memilih salah satunya. Konsentrasi pertama adalah konservasi sumberdaya hutan (KSDH). Konsentrasi ini adalah konsentrasi saya. KSDH ini mengarahkan pada kelestarian sumberdaya hutan dimana yang sangat penting agar sumberdaya hutan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan. Kita belajar membagi sumberdaya hutan menjadi berbagai hal untuk kelangsungan keberadaan hutan yang lestari.

Kedua adalah silvikultur. Silvikultur mengarahkan konsentrasi kelompok pada pembaharuan pembangunan kembali hutan. Pembaharuan ini dikarenakan kondisi moderen dimana telah banyak sekali ilmu pengetahuan mengenai tumbuhan dan teknologi gen sehingga dihasilkan pembaharuan hutan yang lebih efektif dan efisien.

Ketiga adalah manajemen sumberdaya hutan (MSDH). MSDH mengarahkan konsentrasi pada pengelolaan sumberdaya hutan. pengelolaan sumberdaya hutan yang benar dapat menciptakan kegiatan kerja lapangan yang efektif dan efisien sehingga sumberdaya hutan dapat dikelola dengan maksimal. MSDH secara garis besar merencanakan pengelolaan sumberdaya hutan sehingga lebih terencana dengan efektif dan efisien.

Konsentrasi keempat adalah teknologi hasil hutan (THH). THH mengarahkan konsentrasi pada pemanfaatan sumberdaya hutan. THH  mempelajari pada manufaktur bahan dasar hutan dan mengubahnya menjadi berbagai macam hasil produk yang dapat dimanfaatkan secara luas sehingga pemanfaatan hutan dapat lebih menguntungkan.

Kegiatan penanaman bibit pohohn

BUAT KALIAN YANG INGIN MASUK KE JURUSAN KEHUTANAN?

Tips yang saya berikan sebenarnya tidak ada tips. tips ditunjukkan kepada seseorang yang memiliki pola pikir yang sama dengan pemberi tips. hal ini tentunya susah karena seseorang memiliki pola pikir yang berbeda. pola pikir yang berbeda membuat tips itu lebih bermanfaat bagi orang yang berpikiran sama sekaligus lebih menyusahkan bagi orang yang beda pikiran. Disaat mereka sudah menjadi mahasiswa, disaat itulah mereka sudah dikategorikan sebagai pelajar dewasa. mereka harus mencari sendiri jalan keluar dari persoalan mereka sendiri sekaligus merencanakan urusan kehidupan mereka. Dalam menyelesaikan masalah dan merencanakan kehidupan, munculah tips yang bermanfaat bagi mereka sendiri dan tips tersebut akan selalu digunakan dalam kehidupanya sehari-hari. Hal yang saya bisa berikan adalah bantuan saat mereka membutuhkan bantuan seperti bantuan moral dan semacamnya.

 PROSPEK KERJA DIMANA AJA SIH?

Salah satu menjadi Presiden RI sekarang Bapak jokowi Widodo merupakan alumni dari Fakultas Kehutanan UGM. Nah,ini membuktikan bahwa lulusan dari kehutanan sangat berkompeten nantinya didunia pekerjaan. Selain itu tentunya di Instansi kehutanan itu sendiri, ada juga yang bekerja diluar studi kehutanan contohnya bekerja di BPK (Badan Pemeriksan Keuangan), Perusahaan yang membutuhkan keahlian dalam pembuatan peta dan sebagainya. Kebanyakan lulusan Kehutanan berada di Kementerian Lingkungan hidup & Kehutanan.

Inilah menjadi tolak ukur dan sebagai jembatan buat civitas kehutanan yang ada seluruh di Indonesia bahwa peluang kerja dikehutanan itu besar,makanya dari itu sekarang harus meningkat softkill kita nantinya karena itu akan sanagat berguna digunakan baik diinstansi kehutanan ataupun yang lainnya.

 RENCANA LULUS MAU KEMANA?

Rencana lulus kedepan sejauh ini sudah punya gambaran kedepannya mau kemana. Saya pribadi diusahakan untuk mendapat beasiswa lanjut studi S2 diluar negeri tepatnya di Finlandia. Itu masih impian juga sehingga, saya punya rencana kedua yaitu mendaftar di instansi kehutanan pengennya di Kantor Kementerian kehutanan, Sembari saya cari dan mendaftar di BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) dan juga daftar Angkatan juga mudah-mudahan tercapai. Harapan saya sekarang harus berusaha dan meningkatkan softkill dan kapasitas diri untuk mempersiapkan kedepannya sehingga cita-cita yang diharapkan menjadi Menteri kehutanan dapat tercapai.

Kode konten: X262

muhammadsyafaad
Saya Mahasiswa Kehutanan UGM angkatan 2018.Dan saya juga lulusan sekolah kehutanan menengah atas.Dari sini saya ingin lebih banyak explorer mengenai dunia kehutanan itu sendiri lebih dalam walaupun basic sudah ada,tidak akan cukup untuk menggali informasi yang luas dan lebih terperinci sehingga memicu semangat dalam diri hingga pada akhirnya bisa menjadikan hutan indonesia lestari

Komen dibawah! 28

  1. Anisah Zalzabila

    halooo kak, izin bertanya dong, kan di fakultas kehutanan itu kita akan naik gunung gitu? kalo untuk perempuan yg tidak pernah naik gunung itu gimana ya kak? apa nanti akan jadi berat buat yg jarang naik gunung? tapi saya cinta sekali dgn tanaman dan lingkungan hijau. Terima kasih sblmnya kak

    • muhammadsyafaad

      Halo Anisah salam kenal yah dek.wkwkwk, nggk mesti dek.di lingkup kehutanan itu ada banyak banget kegiatan yang menunjang para mahasiswa dalam mengasah dirinya dan mengaplikasikannya selain teori aja di kelas.slah satunya ada silvagama namanya yang memang bagi mahasiswa yang suka mendaki,namun ada banyak banget ada mahasiswa pecinta burung,pecinta Reptil,pecinta pariwisata,pecinta Mamalia dan sebagainya.semoga bisa menjawab yah dek.tetap Semangat?

  2. Diana Nahla

    Assalamualaikum kak,saya Dhiana asal sekolah smkn 1 pagelaran kelas 2smk jurusan kehutanan. Kebetulan saya juga sekola jurusan kehutanan saya ingin bertanya kak ,apa kakak dapat beasiswa dan bagimana agar bisa dapet beasiswa di ugm khususnya fakulitas kehutanan,Dan kakak sudah lulus nanti kerja apa,apakah kakak urh lulus truss pekerjaan kakak apa,Dan Kali boleh tanya Kaka alumni smk kehutanan apa?

    • muhammadsyafaad

      Walaikumsalam Diana,Halo salam kenal yah.terkait pertanyaannya luar biasa banget.Jadi, kak faad dulu itu dapat jalur khusus dari UGM dari sekolah bagi 5 org berprestasi alhamdulillah kk faad salah satunya.namun,tdk semuanya yg akan diambil kemarin ditahun kk faad,hanya kk faad aja yang lolos.dalam hal ini yang menjadi pertimbangan buat lolos adalah prestasi yang menunjang dalam arti yang bisa mengantarkan kmu kesana(UGM).cara mendapatkan Beasiswa banyak banget beasiswa SMA/SMK yang akan dibiaya full org pemerintah di sosmed banyak banget sama sering2 buka website kemendikbud yah biasa info beasiswa banyak kok.

      Setelah lulus,rencananya berharap bisa kerja di kantor kementarian kehutanan,terus mencoba daftar BPK (Badan Pemeriksaan Keuangan) tapi disektor kehutanannya,dan juga mencoba daftar angkatan Udara menjadi Perwira Karir sambil melanjutkan kuliah S2 diluar Negeri insyaallah

      Pokoknya tetap semangat yah,ini memang berat kalau kmu lengah jgn harap kamu bisa dapat apa2,tapi ketika kmu bangun penug semangat hasil yang kamu nantikan bisa kmu nikmati sesuka hatimu.

      Semoga bisa menjawab yah Semnagat Diana!?

  3. Eve Uky Aningtyas

    Boleh tau dong kak, nilai rata-rata raport agar bisa diterima lewat jalur SNMPTN itu berapa ya? Atau nilai mapel apa saja yang penting dan kisarannya berapa?? Terima kasih

    • muhammadsyafaad

      Halo Eve salam kenal yah, Ok jadi terkait maslah SN Prosedur dan penilaiannya masih belum bisa terlalu ditebak.tetapi, mengacu sistem penilaian SN ditahun 2018 itu berdasarkan akumulasi tiap mapel yang diberikan dari smst 1 sampai 5.rata2nya brp kak.jdi usahakan nilai kmu jgn sampai dapat nilai 7,5 pas tapi diusahakan bisa diatas supaya menjadi pertimbangan nilai kmu selama sekolah.kemudian masing2 guru akan merekap nilai seluruh siswa lalu dikirimkan ke pusat.pusat lah yang tentukan.Seperti aja dek semisal masih kurang jelas boleh bertanya lagi,Semabgat yah Eve!?

    • muhammadsyafaad

      Dari sepengalaman kk faad,bahwa SN merupakan nilai yang bisa kita bilang untung2an yang lulus.akan tetapi, yang menjadi patokannya adalah nilai semester 1 sampai 5 kemudian setiap mapel diakumulasi/jumlah dan minimal untuk bisa lolos ke SN 80 lebih.jgn senang dulu karena itu langkah awal semisal nanti kmu pilih jurusan yang bisa dibilang passing gradenya 85,kmu bisa daftar jurusan itu tetapi tunggu teman yang lain siapa tahu nilai diatas kamu dan nanti kamu akan tergeser.

      Makanya dari itu sistem SN masih menjadi perdebatan besar.Kmu harus terap berjuang apapun hasil itulah tolak ukur bagi kmu buat maju

  4. Ghaitsa Zahira

    Assalamu’alaikum kak, saya Ghaitsa Zahira dari kota Medan. Mau bertanya kak, kalo di kehutanan itu ada pembelajaran fisika kimia ga kak? Soalnya saya punya keinginan masuk jurusan kehutanan USU tetapi saya sangat buruk di fisika dan hanya mengerti sedikit tentang kimia. Terima kasih ya kak.

    • muhammadsyafaad

      Pelajaran KIMIA dan FISIKA ada dek namun hanya bagian dasar aja yang akan digunakan,tapi hanya beberapa matkul yang mengarahnya seperti itu contohnya seperti belajar struktur kimia dan fisika pada kayu dan tanaman.tapi,belajarnya seputar kehutanan.nggk susah kok yang seperti kamu duga.Semangat yah justru kamu bisa berkembang karena kk faad tahu kamu bisa,Semangat yah!:)

  5. Rizky wiharma

    assalamualaikum kak, saya siswa kelas 3 SMP mau tanya (msdh) mencakup apa saja?

    • muhammadsyafaad

      Manajemen yah,jadi dari beberapa jurusan yang ada di Kehutanan UGM salahnya satunya itu adalah Manajemen Sumberdaya Hutan.Manajemen hutan memang bergerak gmna mengelola dan merencanakan sedemikian rupa agar hutan dapat digunakan sesuai fungsinya.Nah apa aja sih dipelajari?
      1. EKONOMI SOSIAL KEHUTANAN 2.KOMPUTER DAN BIOMETRIKA 3. PERENCANAAN PEMBANGUNAN HUTAN 4. SISTEM INFORMASI SPASIAL DAN PEMETAAN HUTAN 5. PEMANENAN HASIL HUTAN

      Semoga bisa menjawab yah,Semangat!:)

    • muhammadsyafaad

      Manajemen hutan itu sangat erat kaitannya dengan tata kelola hutan kita jauh lebih terencana.Nah,di Fak.kehutanan UGM sendiri manajemen hutan terbagi atas 5 fokus yaitu

      1. EKONOMI SOSIAL KEHUTANAN 2. KOMPUTER DAN BIOMETRIKA 3. PERENCANAAN PEMBANGUNAN WILAYAH 4. SISTEM INFORMASI SPASIAL DAN PEMETAAN HUTAN 5. PEMANENAN HASIL HUTAN

      Semoga bisa jawab yah 🙂

  6. sara

    kak mau tanya untuk SNMPTN apakah track record alumni mempengaruhi

    • muhammadsyafaad

      Kalau track record pasti dek karena mereka udah bisa menyimpulkan asal muasal univ dia sampai menjadi besar hinggal udah ada alumni terkenal.pak jokowi alumni kehutanan UGM,berarti mahasiswa kehutanan punya peluang juga jadi presiden benarkan.penting dari kk faad

  7. Gustina

    Peluang masuk fak kehutanan ugm apakah berat kak…saya di sekolah biasa2 aja..tapi minat di fak kehutanan ugm

    • muhammadsyafaad

      Namanya persaingan itu pasti ada,namanya susah atau tidak itu hanya perasaan kita saja yang bikin takut untuk maju.masuk di UGM semua orang memimpikannya apalagi gustina calon Gadjah Mada Muda nantinya.usahakan dulu jgn pesimis tetap optimis tidak ada yang berat kalau ada niat pasti bisa,semangat yah dek 🙂

  8. Ratna N

    halo kak! saya minat sekali di kehutanan. tapi saya memiliki ketakutan dengan satwa liar yaitu ular. harus gimana dong ? boleh kasih saran buat aku dong kak. terima kasih..

    • muhammadsyafaad

      halo ratna, baik terimakasih yah sebelumnya. hehehe menarik yah pertanyaannya, jadi dikehutanan itu satwa merupakan salah satu bentuk wawasan yang perlu diketahui terlebih khusus anak kehutanan nih. so, semisal kmu takut jenis binatang reptil contohnya kmu perlu tahu ini ular berbisa apa nggk?. nah hal seperti itu yang kita diajarkan mengatasi sehingga rasa ketakutan pada ular itu hilang nantinya. last, masih banyak kok ilmu kehutanan yang lain yang perlu dipelajari seperti manejemen hutan gmna, analisis pertumbuhan benih gmna, dll. Aamiin semoga kmu lulus yah ratna semangat. DONT GIVE UP AND BELIEVE YOUR SELF! 🙂

  9. Anggi Nastiti

    Assalamu’alaikum, Kak, saya Anggi dari salah satu SMK negeri jurusan Akuntansi di Yogyakarta. Alhamdulillah saya masuk dalam siswa eligible tahun ini. Apakah siswa SMK Akuntansi dapat mendaftar Kehutanan UGM melalui jalur SNMPTN? Saya kemarin sempat mencari informasi dan ada yang mengatakan kalau syaratnya harus SMK yang sebidang, apa itu benar atau semua bisa mendaftar?

    • muhammadsyafaad

      Waalaikumsalam anggi, salam kenal yah sebelumnya dan kk faad ucapkan terimakasih banyak. wahh keren banget kmu yah. So, it’s not impossible. mau jurusan akuntasi, dll. itu nggk masalah dek justru kmu punya sesuatu yang lebih dibandingkan teman2 kamu nantinya dan dikehutanan itu tidak semata mata hanya mempelajari tentang hutan aja akan tetapi belajar mengenai ekonomi nanti ada namanya mata kuliah yang mempelajari ekonomi Valuasi ekonomi kehutanan, analisis ekonomi dsb. So kmu jangan takut kmu coba aja takdir tdk ada yang tahu semua org memiliki kesempatan yang sama. itu sih dari kk faad semoga membantu yah semisal ada yang ingin ditanyakan silahkan. DONT GIVE UP AND BELIEVE YOUR SELF :).

  10. Maria veni saputri

    Halo kak! Saya veni, saya berasal dari salah satu SMK di yogyakarta dengan jurusan Desain interior dan teknik furniture. Namun saya merasa mempunyai rasa simpati dengan alam sekitar, hewan2 satwa2, makhluk hidup, dan saya memiliki niat untuk masuk di fk kehutanan di UGM. Ijin bertanya kak, Apakah siswa SMK jurusan Desain interior teknik furniture bisa masuk ke fk kehutanan ini kak?

    • muhammadsyafaad

      halo maria, sebelumnya salam kenal yah maria. waw hebat banget dan keren parah sih. Nah, ilmu yang jarang dimiliki seperti yang kmu pelajari maria. ini sangat masuk banget dengan kehutanan karena dikehutanan itu ilmu seperti itu berkaitan dengan namanya ” Teknologi Hasil Hutan”. Disitu kmu bakal diajarin tuh gmna memproduksi kayu hingga mendesain hasil kayu sehingga bisa menjadi furniture itu dari segi hasil hutan kayu dan ada juga hasil hutan non kayu seperti mengelola madu, getah karet dan gondorukem dll. so, tepat banget dengan kmu masuk maria. Semangat yah!. apapun hasilnya usahamu lah yang terbaik dan doa yang selalu kamu hanturkan. kk faad tunggu di Fak Kehutanan UGM yah!

  11. Puspa

    Haloo, Kak! Aku salah satu mahasiswi bioteknologi, salam kenal yaa. Aku mau tanya, menurut Kakak kira-kira dalam beberapa tahun kedepan prospek dan peluang yang ada dari lulusan kehutanan sendiri itu menjamin gak ya? Maksudku, bakalan tetep dicari dan dipake gitu seiring dgn berkembangnya teknologi.
    Maaf ya Kak kalau dirasa out of context hehe. Terima kasiih!

    • muhammadsyafaad

      halo juga puspa, salam kenal sebelumnya yah puspa. salah satu kunci indonesia dikenal adalah hutannya, semisal ditanya seperti itu sangat dibutuhkan kedepannya, knp demikian? karena dikehutanan ilmu yang cakupannya luas baik dari segi pertanian, perikanan, dan peternakan semuanya berkesinambungan, ditambah lagi hutan sebagai sumber penghidupan masyarakat indonesia dan sebagai penambah devisa negara baik dari kayu maupun hasil hutan non kayunya. tapi, seiring perkembangannya zaman teknologi di dunia kehutanan sangat mempengaruhi banget contohnya dibidang pemanen hasil hutan yang dulunya menggunakan chainsaw sekarang udah bisa dipangkas dengan memunculkan perhitungan diamater batangnya, tinggi, serta sekaligus memilih kayu yang berkualitas apa nggk? dan adalagi pengeinderaan jauh jadi membuat peta kawasan hutan tdk usah jalan lagi sudah bisa menggunakan drone. Skill baru inilah yang jarang dimiliki anak kehutanan dan wajib untuk kedepannya dipelajari dan alat yang lainnya. bakal banyak banget prospek kedepannya yang tidak mungkin aku sampainkan. pointnya tidak bakal menjadi masalah ketika teknologi semakin berkembang dan maju hutan tetap hutan jika tidak ada hutan dari mana kita hidup. Belajarlah dari hutan karena hutan bisa memberikan pembelajaran dan keindahan yang tak ternilaikan Jangan hanya menikmati keindahan hutan tapi Berbagi waktulah dengan hutan, maka kau akan tahu siapa dirimu yang sebenarnya, Berikan yang terbaik pada hutan dan hutan akan berbaik memberikan terbaik kepada kita. makasih udah tanya yah puspa ini penting juga dan selalu banyak pertanyaan mengenai ini semoga bisa memberikan inside bagi para generasi kedepannya. Semangat! :).

  12. Nurul ummi Khaira

    Assalamualaikum kk faad 😊 Nurul mau nanya kk , kalau masuk jurusan kehutanan apakah sering keluar masuk hutan buat praktek terus apakah kita harus mempunyai fisik yang kuat ? …

    Nurul mau masuk jurusan kehutanan tapi orang tua agak kurang mengizinkan kk soalnya Nurul kadang mudah kelelahan .

    Terimakasih kk😊

    • muhammadsyafaad

      Waalaikumsalam. halo nurul salam kenal yah. Untuk kehutanan sendiri dek itu berbagai macam bidang jadi yang beberapa bidang departemen yang sering masuk hutan, cuman kalau di kehutanan UGM itu sangat dijunjung banget terkait masalah keselamatan dan kesehatan mahasiswa kok. jadi, semua insyallah aman dan safety kok. dan kita ubah stigma bahwa kuliah di fakultas kehutanan itu berat dan byk kegiatan lapangan tdk seperti org lain pikir kok. semangat yah nurul! 🙂

  13. Wilhelmina

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh, kak mau bertanya.
    Saya pesimis banget mau masuk UGM jurusan kehutanan, saya siswa biasa aja tapi aku pengen banget masuk kehutanan.
    Minta tips belajar sama mata pelajaran apa yang harus dikuatkan. Terima kasih kak😊👍

  14. Muhammad Syafaad

    Halo Helmina,Salam kenal yah. Oh iya wah luarbiasa banget kmu udah ada niatan yang bagus bisa masuk Kehutanan. Intinya jangan pernah takut mencoba untuk masuk ke kehutanan UGM karena yang masuk UGM memiliki kesempatan yang sama. Terkadang memang kita mikir yang nggk2 kan yah tapi, niatnya kita dari awal pengen maju pasti ada jalan. Untuk tipsnya.

    1. Biologi difokus full
    2. Matematika Dasar
    3. Perbanyak literasi mengenai lingkup kehutanan juga (opsional)

    Semoga apa yang kamu harapkan bisa tercapai yah, kak faad tunggu di UGM. See you

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *