Kehutanan, Universitas Haluoleo

Kehutanan Universitas Halu Oleo (Aidil)

Kehutanan Universitas Halu Oleo (Aidil)

Halo sobat intipers! Aku Aidil Fitriansyah dari Kehutanan Universitas Halu Oleo angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Kehutanan Universitas Halu Oleo?

Jurusan Kehutanan itu masuk kedalam kelompok saintek yang mempelajari ilmu sains, kimia, fisika dan biologi. Kehutanan itu belajar secara komprehensif tentang fungsi dan penggunaan ekosistem yang ada di hutan, hukum dan kebijakan hutan bagaimana kita mengelola kebijakan hutan. Kita dituntut untuk mencintai hutan, alam, lingkungan sekitar karena kita akan terjun langsung. Sekitar 70% kita akan praktik terjun langsung ke hutan. Menurut saya jurusan ini menarik untuk kalian yg punya jiwa petualang, mencintai alam.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Kehutanan?

Alasan saya pertama pada saat masuk SMA kelas 3, kita past ikan akan mencari info perkuliahan. Saat itu saya ingin mencari jurusan yang belum familiar ditelinga siswa SMA kelas 3 atau jurusan yang minim diminati. Muncullah ada beberapa opsi kayak perpustakaan dan kehutanan salah satunya. Setelah mendapat list, saya mencari info tentang prospek jurusan-jurusan tersebut. Menurut saya, jiwa saya adalah petualang yang mencintai lingkungan dan suka ke alam, saya sepertinya akan cocok ke jurusan Kehutanan. Kita ketahui pak Jokowi adalah alumni jurusan kehutanan dan menjadi orang hebat, itulah juga yang membuat saya tertarik ingin masuk jurusan Kehutanan.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di jurusan Kehutanan?

Secara garis besar jurusan Kehutanan Universitas Halu Oleo disemester 1-4 kita belajar matkul dasar. Ketika sudah masuk semester 5-8 kita sudah disuruh memilih konsentrasi. Ada 4 konsentrasi yaitu silvikutur, manajemen hutan, teknologi hasil hutan dan konservasi hutan. Saya salah satu yang memilih konsentrasi silvikultur atau budidaya hutan. Ketika saya memilih silvikultur saya dituntut mempelajari bagaimana mengelola persemaian, ilmu hama dan penyakit pohon, ilmu dan teknologi benih. Di manajemen kehutanan kita belajar manajemen hutan, menghasilkan ekonomi hutan, inventarisasi hutan. Di teknologi hasil hutan kita akan mempelajari bagaimana menghasilkan madu, rotan, kayu, getah dan apapun yang bisa dihasilkan dengan teknologi. Kalau di konservasi kehutanan kita belajar bagaimana melindungi hutan seperti ekowisata hutan.

intipkuliah-web1

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuknya ada 3 yang bisa kalian coba. Saya merupakan mahasiswa jalur SNMPTN atau undangan. Lalu ada SBMPTN dan seleksi mandiri yang diadakan masing-masing universitas. Jalur masuknya sama seperti mayoritas PTN-PTN lainnya. Peluang kalian masuk jurusan Kehutanan sangat besar dan persaingannya mungkin ketat tapi teman-teman tidak boleh berhenti berusaha karena jalur masuknya ada banyak.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Memang betul dijurusan Kehutanab ini sama dengan Teknik, cukup ketat, mungkin ada senioritas. Disini akan banyak praktikum kelapangan, banyak laporan juga dan mungkin membuat kalian berpikir dua kali. Tapi aku yakin ketika teman-teman sudah memiliki semangat, apapun yang terjadi akan bisa kalian lalui. Karena setiap jurusan ada tantangan sendiri. Balik lagi ke bagaimana teman-teman mengatasi situasi yang akan teman-teman hadapi. Sekiranya ada hal yang menurut kalian tidak benar maka gausah ditiru, misalnya ada senioritas dll. Cari lingkungan yang baik yang menunjang soft skill dan hard skill yang bisa menunjang kelancaran perkuliahan. Ketika teman-teman stress kalian harus ingat tujuan awal kalian untuk kuliah itu apa.

Prospek kerja dan alumni jurusan Kehutanan seperti apa?

Karena jurusan ini mempelajari ilmu hutan dan pohon, setelah lulus nanti kita bisa melamar pekerjaan dimana saja sih baik itu dipekerjaan yang berhubungan dengan kehutanan seperti rehabilitas DAS, rehabilitas pasca tambang maupun diperusahaan non-kehutanan seperti BUMN, bank, swasta. Kalian juga bisa buka usaha seperti usaha kayu, hasil hutan seperti getah, madu bahkan buka usaha meubel juga bisa. Bisa juga menjadi PNS mendaftar di Kementerian Lingkungan Hidup. Bisa juga perusahaan yang bergerak dibidang persemaian permanen yang bergerak untuk membantu perlindungan hutan. Alumni Kehutanan juga bisa bekerja diperusahaan swasta non-kehutanan bahkan didunia politik.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Saya selalu mencari info beasiswa karena ketika lulus nanti saya ingin lanjut studi ke jenjang yang lebih tinggi. Saya berharap ketika saya belum menemukan pekerjaan yang cocok, saya bis amelanjutkan studi S2 saya. Saya minta doanya kepada teman-teman semua dan minta dukungannya agar selalu dilancarkan ketika menjadi alumni segera mendapat pekerjaan yang cocok terlebih melanjutkan studi dengan beasiswa.

Kode konten: C954

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.