Kehutanan, Universitas Sumatera Utara

Kehutanan Universitas Sumatera Utara (Mita)

Kehutanan Universitas Sumatera Utara (Mita)

Halo sobat intipers! Aku Rizmita Kinanti Miranda dari Kehutanan Universitas Sumatera Utara angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Kehutanan Universitas Sumatera Utara seperti apa?

Fakultas kehutanan belajar tentang semua tentang hutan, mulai dari tanaman, hewan bahkan sampai masyarakat di sekitarnya. Untuk temen-temen yang punya hobi jalan-jalan ke gunung atau laut cocok banget masuk jurusan kehutanan, karena di gunung sendiri banyak hutan, ada hutan tropis, di pantan ada hutan mangrove. Di kehutanan juga belajar tentang pemetaan hutan, pembukaan wilayah hutan, dan kondisi hutan di negara kita sendiri untuk turut membantu memperbaiki dan menjaga hutan kita.

Mitos yang sekarang ini banyak beredar, penggunaan kertas banyak membabad hutan, padahal kertas itu diproduksi dari hutan tanaman industri, dimana hutan tersebut ditanam dan dipanen berulang kembali di lahan tertentu, bukan hutan belantara atau hutan inti, jadi kelestarian hutan masih bisa di jaga dan produksi kertas masih bisa di jaga juga. Di semester awal aku masuk dikira jurusan kehutanan nanti bertemannya sama orang hutan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Kehutanan Universitas Sumatera Utara?

Awalnya pas kelas 1 suka searching jurusan yang jarang diketahui orang atau jarang di universitas, kebetulan juga aku suka belajar tentang tanaman, jadi mulai cari tahu jurusan kehutanan itu gimana, belajar apa, dan akhirnya pada SNMPTN aku memutuskan apply ke sini dan Alhamdulillah keterima.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Salah satunya ada mata kuliah ekologi hutan semester 4, kita belajar tentang ekosistem hutan dari awal sampai akhir, tentang bagaimana hutan itu bisa ada, bagaimana hutan itu bisa di babad, bagaiama kita menghitung wilayah hutan dan memprediksikan tanaman apa saja yang ada di dalam sana, praktikumnya akan ada field trip yang mengharuskan kita terjun ke lapangan selama 3 hari, dan itu kita masuk ke dalam hutan, nginep di hutan sampai melakukan identifikasi ekosistem yang ada, mulai dari tanaman bawah seperti rumput, pohon-pohon, sama satwa liarnya juga.

schooters

Di semester 2 ada mata kuliah silvika dan dendrologi, silvika ada praktikumnya dan kita disuruh untuk menanam biji pohon, kita punya kewajiban untuk memperhatikan biji tersebut sampai tumbuh di ukuran tertentu dengan berbagai perlakukan, kaya pot pertama itu perlakuan cahaya yang dibedakan. Terus dendrologi kita belajar tentang pohon dari mana dia benih hingga mati, belajar jenis-jenis daun, jenis-jenis batang, terus ada field tripnya juga, pas jaman aku masuknya di  Taman Nasional Gunung Leuser, di sana kita diberi kewajiban mengidentifikasi satu pot ukuran 20×20 m ,pohon apa saja dengan ciri apa saja, dnegan ilmu yang sudah kita dapatkan dari dari dosen dan kakak-kakak asisten. Setiap semester ada 1-2 mata kuliah yang mengaruskan field trip. Untuk PKL sendiri ada di antara semester 6 sampai 7, satu bulan lebih untuk PKL di temapat yang kita tuju.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 4 konsentrasi atau departemen, pertama manajemen hutan aku sendiri, ada teknologi hasil hutan, budidaya hasil hutan, dan konservasi hutan. Budidaya hutan belajar genetika hutan, bagaimana bibit-bibit pohon di sediakan dengan cara terbaik dan genetik terbaik. Untuk manajemen hutan belajar pemetaannya, pengelolaan, sistem distribusi. Teknologi hasil hutan belajar mengelolah hasil hutan baik itu kayunya, madu, atau hasil hutan bukan kayu lainnya. Terakhir konservasi hutan belajar tentang pelestarian hutan baik dari segi tanaman atau vegetasinya juga dari satuannya 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Jalurnya ada 3 jalur, SNMPTN, SBMPTN, dan jalur madiri. Jalur mandiri bisa di akses di kemahasiswaan Universitas Sumatera Utara.

Ada tips buat mahasiswa baru Kehutanan Universitas Sumatera Utara?

Untuk adik-adik Maba jangan mau kerja sendiri, karena di hutan kita ga bisa kerja sendiri harus rajin bangun relasi, kerja sama yang baik, jangan mau kerja sendiri, karena bakal cape, jadi harus leader yang baik dalam kelompoknya biar bisa bagi tugas dengan baik. Juga jangan terpaku sama tugas teori, langan juga harus, karena ada beberpa kondisi yang bukan hanya mengandalkan teori tapi juga harus tahu kondisi lapangannya seperti apa, belum lagi tentang fisik.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Ada lumayan banyak, bisa jadi ahli konservasi tanah dan air, kerja di balai konservasi pemerintahan atau swasta, ahli lingkungan atau pengawas hutan, ahli pemetaan, geospasial, dosen, atau yang mau jadi PNS bisa kerja di kementrian kehutanaan.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapan aku semoga diperlancar, diberikan hal-hal baik, aku pengen berguna untuk orang lain dan diri ku sendiri, aku pengen dapat pekerjaan yang layak atau mau lanjut ke pendidikan S2.

Q&A

  • Kalo lulusan kehutan gelarnya apa?

Jawaban: Gelarnya S.Hut, kayanya banyak yang bingung untuk gelarnya ini.

Kode konten: C507

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *