Kehutanan, Universitas Tadulako

Kehutanan Universitas Tadulako (Baso)

Kehutanan Universitas Tadulako (Baso)

Halo sobat intipers! Aku Baso Angin Paribek dari Kehutanan Universitas Tadulako angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Kehutanan Universitas Tadulako?

Jurusan kehutanan bisa dibilang jurusan paling asik, kita mempelajari yang semua yang ada di alam. Kita belajar air, sungai, tumbuhan, hewan, perubahan iklim dan berkaitan dengan makhluk hidup.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Kehutanan?

Alasannya ga ada sih, pertama kan saya asalnya dari Sulawesi Selatan, jadi saya tertantang untuk belajar diluar wilayah saya makanya saya memilih Universitas Tadulako. Selain itu prospek kerja Kehutanan juga bagus makanya saya memilih jurusan ini.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Kehutanan?

Ada beberapa sih, seperti inventarisasi dimana kita akan menghitung volume pohon dan turun kelapangan langsung. Ada juga gematika dimana kita harus mencari titik koordinat pohon dan turun ke beberapa lokasi.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Kehutanan Universitas Tadulako?

Ada konsentrasi disemester 5 nanti. Ada konservasi, budidaya, manajemen dan teknologi hasil hutan. Untuk manajemen terbagi sosial, perencanaan dan ekonomi. Aku sendiri ambil konsentrasi konservasi dimana kita belajar kebakaran hutan, flora fauna dan perubahan iklim. Aku memang tertarik dengan flora dan fauna.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Berdasarkan tahunku waktu itu ada jalur SNMPTN (undangan), SBMPTN dan Mandiri. Aku sendiri masuk melalui jalur SBMPTN.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Kalau untuk tips yang pertama teman-teman harus memperbanyak informasi mengenai Kehutanan itu sendiri, lalu jangan ragu untuk bertanya kepada kakak tingkat maupun dosen.

Prospek kerja dan alumni jurusan Kehutanan Universitas Tadulako seperti apa?

Secara umum biasanya kerja di Dinas Lingkungan Hidup, Badan Pengolahan Daerah Aliran Sungai, Dinas Kehutanan. Ada beberapa juga yang bekerja ditempat-tempat kehutanan lainnya.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Harapan aku sendiri setelah lulus nanti aku ingin cari kerja dengan mencoba mendaftar di Badan Pengolahan Daerah Aliran Sungai (Bappedas)

 

Kode konten: C907

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.