Tips

Kenali Tipe Belajar Sebelum Pilih Jurusan Kuliah, Cocok yang Mana?

Kenali Tipe Belajar Sebelum Pilih Jurusan Kuliah, Cocok yang Mana?

Tanyakan pada dirimu sendiri, kamu belajar dengan tipe seperti apa? Hal ini penting kamu lakukan sebelum memilih jurusan kuliah.

Menjadi siswa kelas 12 merupakan masa dihadapkan dengan banyak persiapan yang menentukan masa depan. Dari ikut ujian, ikut belajar bimbel di luar, maupun ikut tes kemampuan sudah menjadi opsi untuk bisa meraih perguruan tinggi impian. Namun sebelum semua proses itu ditempuh, penting mengetahui terlebih dahulu tipe belajarmu untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai.

Temukan tipe belajarmu di sini sebelum memilih jurusan kuliah.

Tipe Belajar dan Jurusan Kuliah yang Sesuai

Jurusan Kuliah untuk Tipe Belajar Visual

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Kenali Tipe Belajar Sebelum Pilih Jurusan Kuliah

Kamu tergolong tipe ini jika memiliki kemampuan belajar dengan melihat. Memiliki indera pengelihatan yang tajam dan teliti. Mampu mengingat kata-kata, peta, bagan, simbol- simbol, dan lainnya yang berkaitan dengan bentuk.

Dari sini sudah bisa ditebak jurusan apa yang sesuai. Jika kamu memiliki tipe belajar visual, kamu bisa memilih jurusan seni seperti Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual (DKV), Perfilman, Multimedia, dan Game dan Animasi.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Baca juga: Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Simak Tips Ini!

Kamu juga bisa memilih jurusan yang berkaitan dengan fashion seperti jurusan Fashion Design atau Tata Busana, Tata Rias.

Tak ketinggalan jurusan teknik seperti Teknik Arsitektur, Tata Kota, dan sebagainya. Biasanya memang beberapa jurusan teknik rata-rata kalian akan belajar menggambar teknik (gamtek).

Jurusan Kuliah untuk Tipe Belajar Auditori

Kenali Tipe Belajar Sebelum Pilih Jurusan Kuliah

Kamu yang tergolong auditori memiliki indera pendengaran yang lebih baik dan lebih terfokus. Mampu memahami sesuatu lebih baik dengan cara mendengarkan. Hal ini berkaitan dengan proses menghafal, membaca, atau memahami soal cerita.

Jika kamu memiliki tipe belajar auditori, kamu bisa memilih jurusan Seni Musik. Jurusan ini ada yang pendidikan dan ada pula yang seni musik murni.

Perbedaannya jika di pendidikan, kamu juga akan mendalami ilmu bagaimana cara mengajar musik yang baik. Nantinya kamu akan ada mata kuliah Praktik Keterampilan Mengajar (PKM). Kalau yang murni, kamu akan belajar lebih mendalam dari sejarah dan seluk beluk musik.

Namun tidak menutup kemungkinan kamu juga memiliki opsi untuk memilih jurusan sastra. Dalam jurusan sastra kamu juga akan mempelajari fonologi, apresiasi drama, dan lainnya yang berkaitan dengan suara serta pendengaran.

Jurusan Kuliah untuk Tipe Belajar Kinestetik

Kenali Tipe Belajar Sebelum Pilih Jurusan Kuliah

Kamu yang tergolong tipe ini akan efektif jika belajar dengan melibatkan gaya gerak. Kamu sensitif menyerap pelajaran melalui gerakan, sentuhan, tekstur dan indra perabaan. Hal ini berkaitan seperti olahraga, menari, memainkan musik, dan lainnya.

Kamu bisa menambahkan dalam daftar pilihan jurusanmu seperti jurusan Olahraga. Jurusan Olahraga sendiri memiliki cabang seperti Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Olahraga Rekreasi, Kepelatihan Kecabangan Olahraga, Ilmu Keolahragaan, dan lain-lain.

Baca juga: List Jurusan dan Universitas

Jika kamu senang menari, di beberapa kampus dalam negeri ada jurusan Seni Tari maupun Pendidikan Tari. Di jurusan musik pun tipe belajarmu juga cocok. Sebab untuk memainkan alat musik dibutuhkan kemampuan motorik yang mumpuni.

bagi kamu yang lebih suka menjelajah, ada pilihan jurusan Geografi dan Geologi. Nantinya kamu akan sering menjelajah untuk penelitian di luar. Baik menyelam laut maupun naik gunung.

Jurusan Kuliah untuk Tipe Belajar Global

Kenali Tipe Belajar Sebelum Pilih Jurusan Kuliah

Kamu yang termasuk tipe pelajar global memiliki kemampuan memahami sesuatu secara menyeluruh. Kamu bisa  memahami gambaran yang besar dan juga keterkaitan antara satu objek dengan yang lainnya. Mampu memaknai hal-hal yang tersirat dengan bahasanya sendiri secara jelas.

Jika kamu cenderung mudah menangkap materi belajar dengan menyimpulkan keseluruhannya, maka kamu wajib menambahkan daftar pilihan jurusan ini. Ada jurusan sastra, baik jurusan Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Korea, Sastra Prancis, dan lain sebagainya.

Adapula jurusan Pendidikan Bahasa yang tidak jauh dengan sastra. Jurusan ini juga berfokus pada ilmu kependidikan untuk bekal mengajar kelak.

Selain sastra, jurusan humaniora lainnya juga cocok untuk kamu yang bertipe belajar global. Misalnya ada jurusan Filsafat, Psikologi, Sosiologi, Antropologi, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa pilih jurusan Komunikasi dan juga Jurnalistik lho.

Jurusan Kuliah untuk Tipe Belajar Analitik

Kenali Tipe Belajar Sebelum Pilih Jurusan Kuliah

Kamu yang tergolong tipe belajar analitik berkecenderungan dalam memandang sesuatu akan ditelaah terlebih dahulu per bagian secara terperinci, spesifik, dan teratur. Orang yang memiliki tipe belajar akan mengerjakan suatu hal secara bertahap dan urut. Penilaian kamu terhadap sesuatu berdasarkan fakta- fakta dan fokus pada satu masalah atau tugas sampai selesai.

Baca juga: Jurusan IT Paling Diminati dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Jurusan kuliah yang sesuai dengan tipe belajar global cenderung cocok dengan jurusan Matematika maupun IPA. Misalnya seperti jurusan Fisika, Matematika, Kedokteran, Farmasi, Ilmu Gizi, dan lain sebagainya.

Namun tidak menutup kemungkinan kamu bisa memilih jurusan Psikologi dan juga Teknik. Tidak dipungkiri selama kuliah jurusan ini sering melakukan analisis terhadap seuatu objek penelitian. Baik IPA maupun humaniora, kuliahmu akan dipenuhi dengan membuat paper atau laporan praktik.

Jurusan IT juga cocok dengan tipe belajar ini seperti Teknik Komputer, Software Engineer, Teknik Informatika, dan sebagainya.

Itulah 5 jenis tipe-tipe belajar dan jurusan kuliah yang sesuai. Semoga bisa membantumu untuk memilih pilihan masa depanmu.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.