STAN

Kenapa sih harus PKN STAN?

Kenapa sih harus PKN STAN?

Hola! Salam dari saya buat kalian para pencari ilmu. Sebelumnya, perkenalkan, saya Agustine Catur Setiawati. Kalian bisa memanggil saya Agustine. Sebenarnya saya sudah menjadi alumni di kampus ali wardhana atau yang biasa dikenal PKN STAN. Sudah pada tau dong ya, PKN STAN itu kampus apa. Buat yang belum tahu, PKN STAN adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan. Dulu sih, namanya bukan PKN STAN tapi STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). Tetapi, pada tahun 2015, nama STAN diganti menjadi Politeknik Keuangan Negara – STAN. Ada 6 Jurusan di PKN STAN antara lain, Akuntansi, Pajak, Penilai, Kepabeanan dan Cukai, Kebendaharaan Negara, dan Manajemen Aset. Saya dulu mengambil prodi D3 Pajak pada tahun 2015, dan lulus Oktober 2018 kemarin. Kurang lebih saya bekerja baru 7 bulan. Btw, judul artikel ini bukan clikbait ya temen-temen! Tentunya, di tulisan ini bercerita tentang  ‘apa yang beda dari PKN STAN dan kampus lainnya’. Barangkali, tulisan ini pun akan ada part 2 nya ya kalo misal temen-temen pada antusias, hehe.

Jadi, Kenapa harus PKN STAN?

-Lulusan PKN STAN Langsung Kerja

Percaya dengan sub judul di atas? harus percaya dong. Buktinya saya yang merupakan lulusan PKN STAN dan langsung ditempatkan di salah satu kantor pajak, heheh. (jangan kepo ya unit kerjanya di mana) Dari dulu bahkan sampai sekarang, lulusan PKN STAN itu ikatan dinas. Bedanya, dulu, STAN mungkin ikatan dinas hanya dengan Kementerian Keuangan. Namun, saat ini, PKN STAN bekerja sama dengan Kementerian lain, tidak hanya Kementerian Keuangan. FYI, Lulusan PKN STAN juga dicari dan dibutuhkan oleh banyak Kementerian. Maka dari itu, ikatan dinas PKN STAN diperluas bahkan sampai ke pemerintah daerah juga loh!

unisa

-Kuliahnya gratissss tiss tisss

Kalo ini tidak usah diragukan lagi. Kuliah di PKN STAN tuh tanpa dipungut biaya. Tapi, biaya hidup di sana harus ditanggung sendiri seperti kosan, makan, pokoknya kebutuhan sehari-hari deh. Oleh karena PKN STAN sudah dipusatkan di Bintaro, Tangerang Selatan, harga indekos area bintaro melonjak naik. Dulu sih, PKN STAN ada di beberapa kota tertentu, namanya sih Balai Diklat Keuangan. Tapi, karena reformasi organisasi, PKN STAN pun dipusatkan menjadi satu wilayah. Intinya, di PKN STAN tidak dipungut biaya apa-apa. malahan nih ya, kita dapat merchandise dan ATK penunjang belajar.

-Jaringan pertemanan seluruh Indonesia

Kalo yang ini juga bener banget! Percayalah, kuliah di PKN STAN akan menemukan kita dengan orang-orang baru di seluruh pelosok negeri. Bahkan, saya sendiri pun punya sahabat dekat dari Lombok, Wonosobo, Bekasi, Purworejo, dan masih banyak lainnya.

-Jenjang karier yang terjamin

Di PKN STAN, kita juga bisa memilih prodi D1 yang artinya kita hanya membutuhkan waktu satu tahun untuk kuliah kemudian langsung kerja. Tetapi, meskipun lulusan D1, mereka bisa melanjutkan kuliah lagi di PKN STAN sebagai pegawai tugas belajar dengan syarat minimal kerja dua tahun sejak CPNS.

pmb2-min

Kurang lebih, poin di atas adalah alasan singkat kenapa harus milih PKN STAN sebagai kampus kalian 🙂 Tapi, perlu kalian ketahui bahwa di PKN STAN yang paling menyeramkan adalah sistem dropoutnya. Hmm. mungkin diksi menyeramkan akan bikin takut ya. hahaha. Saya ralat, sistem dropout PKN STAN membuat jantung kita berdebar tiap semesternya ahahah. Kuliah di PKN STAN itu santai, tapi ketika ujian, rasanya seperti mau berperang hingga titik darah penghabisan. Sebab, nilai integritas dijunjung tinggi di PKN STAN. Tidak ada contek-menyontek. Tidak ada membuka buku. Tidak boleh lirik sana-sini. Kalo ketahuan melakukan hal tersebut, sudah dipastikan kalian akan didropout saat itu juga. Tidak hanya itu, IP kurang 2,75 akan menyebabkan kalian terancam dropout.

‘Ah itu mah untuk nakut-nakutin aja kali ya kak?’ NO! Ini serius. Aturan di PKN STAN sangat tegas. Banyak temen-temenku bahkan kating kosku kena DO gara-gara salah satu kejadian tersebut. Lewat tulisan ini, saya tidak memaksa kalian untuk masuk ke PKN STAN karena dijamin ikatan dinas. Tapi, lewat tulisan ini, saya harap teman-teman dapat membuat keputusan yang tepat demi masa depan.  Kalian tidak akan kena DO kalo teman-teman mengikuti aturan, belajar ketika seharusnya belajar, dan bersenang ketika waktu mengharuskan. Jadi, sudah yakin untuk memilih PKN STAN?

Kode Konten : KL018

Komen dibawah! 5

  1. Rizal Eka

    apakah jurusan IPS bisa masuk STAN kak?dan apa saja jurusannya

    • agustinecaturs

      Halo Rizal!
      Terimakasih sudah bertanya yaaaa..
      Untuk syarat seleksi USM PKN STAN, jurusan apapun baik jurusan ips maupun ipa diperkenankan untuk mengikutinya kok! jadi ga ada batasan buat satu jurusan aja. Yang penting adalah syarat nilai rapor dan ijazahnya terpenuhi yaa!

  2. Deti Susanti

    Ka dulu cara untuk masuk pkn stan kaka pake cara apa? Terus kaka bimbel dulu ga ka? Terus saya ga banyak prestasi apakah ada kemungkinan bisa masuk pkn stan? Terus harus banget ya ka tingginya 155 cm? Keadaan nilai kaka dulu stabil apa pernah tiba tiba turun?

    • agustinecaturs

      Halo Desti!
      Terimakasih sudah bertanya yaa. By the way, maksudnya ‘pake cara apa masuk STAN itu’ gimana ya, Dest? Intinya kalo mau jadi mahasiswa PKN STAN, ya ikut Ujian Saringan Masuk (USM)nya dan cuman itu satu2nya cara ya! Engga ada yang namanya “jalur belakang” atau apapun itu. Dulu sih, saya sempet bimbel di kota saya. Kalo ditanya harus bimbel atau engga ya tergantung masing-masing orang sih. Aku ambil bimbel soalnya biar fokus aja ada waktu khusus buat belajar. Kalo belajar sendiri tuh sering kedistraksi soalnya.
      Tapi, banyak kok temen2ku yang lulus USM PKN STAN tanpa bimbel. Karena itu balik lagi ke orangnya sih. Jadi bukan tergantung bimbel atau engganya.
      terus, pertanyaan kedua, syarat administrasi untuk mengikuti USM STAN cuma nilai rapor dan ijazah. Jadi, ga diliat tuh prestasi lainnya misal harus rank 1 lah, nilai stabil, menang lomba lah atau apapun itu. karena yang akan dinilai dari USM adalah hasil ujiannya nanti. Tapi nilai rapor dan ijazah itu menjadi salah satu syarat agar bisa mengikuti USMnya.
      Pertanyaan ketiga, utk syarat tinggi badan itu hanya diperuntukkan apabila kamu memilih jurusan bea cukai yah! jadi, selain jurusan itu, tinggi badan bebas ga ada syarat minimalnya.
      Mungkin itu dari aku, semangaaat berjuangg yaaaa!!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *