Keperawatan

Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang (Lucia)

Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang (Lucia)

Halo sobat intipers! Bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu, eitss jangan lupa jaga kesehatan ya! Perkenalkan saya Lucia Arita Ayu mahasiswa jurusan keperawatan program studi Sarjana Terapan dan Profesi Ners Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang. Dalam kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui selama 4 semester di jurusan keperawatan ini. Yuk intip lebih lanjut dengan baca artikel dibawah !

Apa saja sih yang dipelajari di Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang ?

Nah teman-teman intipers secara umum pasti sudah tahu dong “Keperawatan” itu apa. Menurut Undang-undang Nomor 38 tahun 2014, definisi keperawatan adalah kegiatan pemberian asuhan kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat, baik dalam keadaan sakit maupun sehat. Perawat mengembangkan rencana asuhan keperawatan, bekerja sama dengan dokter, terapis, pasien, keluarga pasien serta tim lainnya untuk fokus pada perawatan penyakit dan meningkatkan kualitas hidup. Nah di Jurusan kami ini mahasiswa dididik untuk menjadi perawat yang profesional. Kami dituntut untuk menjadi perawat yang dapat melayani masyarakat secara holistik (menyeluruh). Selain itu kami juga mempelajari upaya penanganan dan pencegahan yang terkait dengan kesehatan. Baik dengan metode perkuliahan yang bersifat teoritis, praktikum laboratorium, penelitian, pengabdian masyarakat, dan yang tak kalah penting yaitu praktik kerja lapangan.

Nah yang special di kampus kami adalah hampir setiap semester mahasiswa diterjunkan langsung di rumah sakit dalam kata lain dalam satu tahun pembelajaran mahasiswa mendapat teori yang langsung diterapkan di lapangan. Wah pasti seru kan !

Slide5

Apa perbedaan Sarjana Terapan Keperawatan dan Sarjana Keperawatan ?

Sebernarnya Sarjana Terapan Keperawatan dan Sarjana Keperawatan merupakan jenjang pendidikan yang setara. Karena baik Sarjana Terapan maupun Sarjana Keperawatan tetap wajib melanjutkan pendidikan profesi yaitu Profesi Ners. Namun, hal mencolok yang membedakan Sarjana Terapan Keperawatan dan Sarjana Keperawatan adalah perolehan materi. Seperti pada umumnya Sarjana Keperawatan memperoleh presentase dominan materi teoritis daripada praktika umumnya 75% teori dan 25% sisanya adalah praktika. Sedangkan materi yang didapat ketika menempuh pendidikan Sarjana Terapan Keperawatan adalah seimbang antara teori dan praktika yaitu masing-masing 50%. Dalam Sarjana Terapan Keperawatan setiap teori yang dipelajari wajib diterapkan dalam segala praktika. Teori dan praktika mendapat porsi yang seimbang karena satu sama lain harus saling berkaitan. Jadi, kurang tepat apabila selama ini Sarjana Terapan dianggap hanya andal dalam praktika. Nyatanya segala sesuatu yang di praktikan harus punya dasar teori yang tentunya dipelajari secara mendalam.

Nah, oleh karena itu di Poltekkes Kemenkes Semarang mahasiswa pasti sering diterjunkan di lapangan seperti yang sudah saya jelaskan tadi.

Mata kuliah favorit di Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang ?

Dalam jurusan keperawatan di Poltekkes Kemenkes Semarang mencakup banyak mata kuliah keperawatan secara holistik. Misalnya seperti Kebutuhan Dasar Manusia, Keperawatan Pediatrik (Anak), Keperawatan Jiwa, Keperawatan Medikal Bedal, Psikologi dan masih banyak lagi. Jadi kalau kalian selama ini mengira keperawatan hanya mempelajari hal-hal berkaitan dengan perawatan fisik itu kurang tepat. Dalam keperawatan tidak hanya memberikan perawatan fisik tetapi juga psikis. Eits tentunya juga berkolaborasi dengan profesi lain.

Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang

Selama menempuh 4 semester ini, mata kuliah yang jadi favorit saya adalah Keperawatan Medikal Bedah. Hal yang menarik dari Keperawatan Medikal Bedah ini adalah mengetahui lebih dalam tentang serba-serbi terkait organ dalam tubuh manusia. Seperti mempelajari struktur dan fungsi jantung, penyakit yang menyerang jantung, penanganannya baik melalui cara operasi maupun cara lain, perawatan pasca operasi, dan perawatan jantung agar tetap sehat. Pada semester tertentu mahasiswa juga akan diterjunkan langsung di ruang operasi loh !

Pengalaman yang paling berkesan untuk saya dalam Praktik Kerja Lapangan Keperawatan Medikal Bedah adalah mendapat kesempatan membantu dokter dalam prosedur biopsi sumsung tulang pasien leukimia (CML/Chronic Myelanoid Leukemia). Pokonya seru deh !

Apa aja sih Program Studi di Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang?

Di jurusan kami keperawatan terbagi menjadi fokus 3 bidang studi yaitu :

  • Diploma 3 :  Pada program studi ini mahasiswa dididik untuk lebih terampil dan difokuskan pada bidang praktika keperawatan.
  •  Sarjana Terapan : Pada program studi ini mahasiswa dididik untuk fokus pada dua hal, yaitu teori dan praktika keperawatan yang tentunya saling berkaitan
  • Profesi Ners : Nah untuk yang ini di jurusan kami, bagi mahasiswa yang menempuh Program studi Sarjana Terapan wajib melanjutkan pendidikan Profesi Ners  yang mana mahasiswa dididik untuk menjadi lulusan dengan profesi keperawatan yang lebih dalam.

Tips untuk Maba (mahasiswa baru)

Jika kalian sudah terjun dalam jurusan keperawatan ini. Pasti deh, akan mendapat tugas yang bejibun. Mulai dari menghafal anatomi tubuh manusia hingga membuat laporan kasus dan penelitian. Eitss tenang saja, sebenarnya belajar keperawatan itu tidak perlu diambil pusing apalagi dijadikan beban. Karena pada dasarnya ilmu-ilmu keperawatan tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang pasti akan sangat bermanfaat buat kamu dan sekitar.

Prospek kerja setelah lulus dari Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang

Prospek kerja lulusan keperawatan tentunya di bidang-bidang kesehatan, seperti rumah sakit, Puskesmas, Balai Pelayanan Masyarakat, perawatan Home Care maupun di perusahaan. Oh iya, kamu juga bisa membuka praktik keperawatan mandiri loh. Yang tentunya memenuhi syarat-syarat seperti sudah lulus Profesi Ners dan mendapat izin dari lembaga kesehatan terkait.

Harapan setelah lulus

Untuk saya Pribadi, harapan setelah lulus Sarjana Terapan Keperawatan dan Profesi Ners adalah melanjutkan pendidikan spesialis bedah. Agar bisa mendalami ilmu keperawatan medikal bedah lebih lanjut dan bekerja sesuai passion saya. Tak lepas dari itu saya ingin mengabdikan diri dengan melakukan pelayanan masyarakat dengan ilmu-ilmu yang sudah saya peroleh.

Kode Konten: X118

Komen dibawah! 3

  1. Ninik Wijayanti

    Kak kuliah di poltekes kemenkes semarang bisa sambil kerja?

  2. Jjaa

    Kak boleh minta uname ig kakak? Pengen banget tanya” lebih lanjut :((

  3. niha

    Kan kakak mau melanjutkan pendidikan spesialis bedah,nah itu juga di Poltekkes Kemenkes Semarang juga apa gimana?soalnya aku kurang paham soal itu

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *