Keperawatan

Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang (Rahayu)

Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang (Rahayu)

Halo sobat intipers! Aku Rahayu Septian Auliana jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang itu seperti apa?

Jadi keperawatan itu lebih ditekankan kepada implementasi, keperawatan memiliki diagnosa sendiri berbeda dengan diagnosa kedokteran dan juga dari tenaga kesehatan yang lain. Kita lebih ditekankan kepada implementasi seperti cara menangani pasien, memandirikan pasien.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang?

Tentunya yang pertama emang dari hati sendiri karena kalau kita gak suka ngapain masuk di jurusan ini? Terus dari orang tua dan keluarga juga mendukung, pastinya saya memilih jurusan keperawatan itu tugas yang mulia aja pikirnya, 24 jam sama pasien, melayani pasien, mendampingi pasien seperti itu. 

Kalau enggak keinginan dari sendiri nanti takutnya kita kuliah setengah-setengah, nanti jatuhnya salah jurusan, pasti banyak yang mengalami salah jurusan gitu fikirnya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang khas itu banyak banget ya. Hampir sama seperti kedokteran tentunya. Kaya ada anatomi fisiologi, dan paling khas itu ada keperawatan dasar, keperawatan medical bedah, keperawatan anak, keperawatan jiwa. Jadi kita semua dipelajari sama seperti dokter tentunya lebih kompleks juga. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Jadi kita di poltekkes itu kan vokasi ya. Jadi vokasi itu lebih ditekankan pada praktiknya, 60% praktik 40% teori. Nah, jadi kita lebih ditekankan pada praktiknya dan implementasinya untuk menghadapi pasien. Kita belajar merawat pasien, dan lebih banyak ditekankan implementasi ke pasien. 

Kalau di Universitas biasanya kan kita praktik nya belakangan kaya satu tahun. Kalau di politeknik itu bisa kita tiga tahun udah sama praktiknya. Kaya aku ada praktik di rumah sakit tentang keperawatan dasar, dan keperawatan medical bedah 1. Jadi lebih banyak praktiknya kalau di politeknik itu.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau dulu waktu aku masuk cuman ada 2 yaitu ada PMDP sama jalur umum tes tulis biasa. Itupun masih dikelola sama pihak poltekkes kemenkes Semarang sendiri. Setelah tahun 2020 kemarin itu sudah dikelola sama Kementrian Kesehatan pusat dengan nama simama. Simama itu nanti tetep ada dua jalur, namanya PMDP sama jalur uji tulis. 

Kemudian waktu aku kan gak ada yang namanya beasiswa bidik misi, kalau 2020 itu banyak keuntungan banget kaya ada namanya jalur bidik kamu. Buat orang-orang yang berpikir sekolah kesehatan itu mahal bisa banget sih daftar beasiswa itu, kalau dapet beasiswa bidik kamu itu cuman bayar 25% dari kita bayar UKT, dan beasiswa itu juga ada syaratnya, yang pertama dari mahasiswa kurang mampu, buat mahasiswa yang berprestasi minimal tingkat provinsi seperti itu. 

Jangan mikir sekolah kesehatan itu mahal, enggak sih kalau kita cari beasiswa dan jalur-jalur pasti ada, kaya aku kan dapet beasiswa sendiri, jadi jangan berpikir kalau kuliah kesehaan itu mahal, susah, enggak sih kalau kita jalani dengan ikhlas dan udah niat, insya Allah dari tuhan pun kaya udah mengizinkan.

Ada tips buat mahasiswa baru Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang?

Buat kalian yang baru masuk poltekkes dimana aja khususnya keperawatan, jangan lupa sering-sering baca, latihan praktik, kaya aku sendiri masih semester empat. Semester empat kita pandemi dan jarang praktik tentunya kita harus sering-sering latihan sendiri, inget-inget pelajaran yang dulu, liat tutorial di youtube, terus buat kalian kalau mau masuk poltekkes itu gak harus piter biologi, IPA, dari IPS juga bisa, caranya dengan masuk tes tulis yang lebih di tekanin matematika, IPA, bahasa indonesia, bahasa inggris. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kita otomatis dibawah kementrian kesehatan, pasti udah dapet nama lah karena kita lulusan dari kemenkes gitu istilahnya. Tentunya tenaga kesehatan luas banget karena kan kita sekarang tenaga kesehatan dibutuhkan karena namanya tenaga kesehatan itu pasti profesi yang tidak akan mati, terus kedepannya dibutuhkan. Enggak cuman rumah sakit negeri, kita bisa di klinik, buka praktik mandiri, jadi kalau kalian gak mau kerja di klinik, di rumah sakit dan pengen kerja di rumah, bisa banget masuk di keperawatan nanti kalian buka praktik sendiri. Tentunya dibarengi dengan tidak malas ya, kita harus tetep cari info.

Kode konten: C388

Komen dibawah! 2

  1. aliya

    kak masuk poltekkes susah ngga? maksudnya berat ngga saingannya, kaya saingan sebanyak masuk PTN favorit kah? atau sedikit berbeda?

    • rseptianauliana

      haiii aliya, kalau dibilang susah ya susah ya. Tapi kalau kita niat diimbangi belajar dan berdoa insyaAllah kita bisa kok. Begitu dengar kalo susah jangan down yaaa, harus lebih semangat. Apalagi kita juga harus lihat akreditasi ya. Misal aku masuk poltekkes semarang prodi ini juga harus lihat akreditasi dan juga prospek kerja dengan alumni yang udah lulus dari sini. More info bisa dm instagram aku ya

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *