Keperawatan

Keperawatan STIKes Cahaya Bangsa (Siska)

Keperawatan STIKes Cahaya Bangsa (Siska)

Holaa Intipers! Gimana nih kabarnya? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan yaa! Tak kenal maka tak sayang. So, kenalin saya Siska Lestia kalian boleh panggil Siska atau Lestia atau apa saja senyaman kalian, dipanggil sayang juga boleh hehehe. Saya Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cahaya Bangsa Banjarmasin jurusan Keperawatan. Saya sekarang di semester 4, angkatan 2018. Untuk kalian yang ingin mengenal lebih dalam tentang jurusan Keperawatan, yuk simak artikelnya! 

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Keperawatan?

Ayo, apa nih yang teman-teman pikirkan ketika mendengar jurusan ini? Perawat itu yang kerjaannya masang infus sama nyuntik-nyuntik? Asisten dokter? Seragamnya putih-putih? 

Menurut Undang-undang Nomor 38 tahun 2014, definisi keperawatan adalah kegiatan pemberian asuhan kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat, baik dalam keadaan sakit maupun sehat. Perawat mengembangkan rencana asuhan keperawatan, bekerja sama dengan dokter, terapis, pasien, keluarga pasien serta tim lainnya untuk fokus pada perawatan penyakit dan meningkatkan kualitas hidup.

Jadi teman-teman, perawat itu adalah sebuah profesi. Tugasnya adalah memberikan asuhan keperawatan kepada pasiennya. Perawat juga punya diagnosa keperawatan lho dalam memberikan perawatan kepada pasiennya. Ada lingkup kerja sendiri yang berbeda dengan paramedis. Perawat, dokter dan tenaga kesehatan lainnya bekerja sama dalam meningkatkan derajat kesehatan pasiennya dalam wewenang profesi masing-masing. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa Bedanya dengan Kedokteran dan Kebidanan?

Kedokteran adalah suatu ilmu dan seni yang mempelajari tentang penyakit dan cara-cara penyembuhannya.

Kebidanan adalah satu bidang ilmu yang mempelajari keilmuan dan seni yang mempersiapkan kehamilan, menolong persalinan, nifas dan menyusui, masa interval dan pengaturan kesuburan, klimakterium dan menopause, bayi baru lahir dan balita, fungsi–fungsi reproduksi manusia serta memberikan bantuan atau dukungan pada perempuan, keluarga dan komunitasnya.

Dari definisinya saja sudah beda ya teman-teman. Kalau lagi praktek di Rumah Sakit, perbedaan tugas pokok dan fungsinya akan terlihat lebih jelas teman-teman. Sebagai contoh dalam instalasi bedah, Dokter adalah eksekutor yang menentukan diagnosa penyakit, dan tindakan pembedahan apa yang akan dilakukan pada pasien. Sedangkan Perawat menjamin kelancaran pembedahan, serta menyiapkan dari A sampai Z instrumen/peralatan pembedahan. Serta memberikan asuhan keperawatan secara menyeluruh kepada pasien mulai dari masuk kamar operasi hingga pasien keluar dari kamar operasi (total care). Jika dengan profesi Bidan, Bidan memberikan asuhan kebidanan, seperti antenatal care hingga menolong persalinan. Sedangkan Perawat, bagaimana cara perawatan si ibu pasca melahirkan.

Mata Kuliah di Keperawatan STIKes Cahaya Bangsa?

Di kampus saya, kami menggunakan sistem satuan kredit semester (SKS). Jadi, pada semester satu ada mata kuliah keperawatan dasar 1, nanti di semester dua akan ada mata kuliah keperawatan dasar 2. 

Untuk mata kuliahnya, ada Ilmu Keperawatan Dasar, Keperawatan Dasar, Konsep Keperawatan Dasar, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Anak, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Gawat Darurat dan masih banyak lagi yang lain. Karena kami adalah Mahasiswa S1, jadi lebih difokuskan ke teori. Untuk praktek di Rumah Sakit, dikenal dengan nama Pengenalan Praktek Klinik Keperawatan (P2K2). P2K2 ini sampai tahap 4 di semester 8, P2K2 1 dimulai di semester 4. Jadi setelah Ujian Akhir Semester 4, kami akan pembekalan untuk P2K2 ini, kemudian praktek klinik di Rumah Sakit, kurang lebih selama 2 Minggu teman-teman.

Keperawatan ada Spesialisasi?

Di Keperawatan juga ada spesialisasinya lho teman-teman. Ada perawat spesialis Maternitas, spesialis Anak, spesialis Medikal Bedah, spesialis Jiwa, dan spesialis Komunitas. Jadi bagi teman-teman yang mau fokus di satu bidang keperawatan yang teman-teman sukai, teman-teman bisa ambil spesialisnya. 

Tips-tips untuk Maba di Keperawatan STIKes Cahaya Bangsa!

Mata kuliah keperawatan itu sangat berkaitan erat dengan manusia itu sendiri. Karakter manusia yang unik, menjadi tantangan bagi para calon perawat untuk memberikan asuhan keperawatan secara holistik kepada pasien. Bukan hanya perawatan sakit fisiknya, namun juga secara biologis pasien. Perilaku caring dan komunikasi terapeutik sangat diperlukan bagi calon perawat. Kita akan menghadapi kasus-kasus yang berbeda tentunya dengan karakter pasien yang beragam pula. Kita harus melatih komunikasi yang baik (terapeutik) dengan pasien, apalagi ketika praktek di Rumah Sakit, pasien kita tidak hanya orang-orang yang satu bahasa dengan kita, satu budaya dengan kita. Disinilah kita wajib menanamkan komunitas terapeutik tersebut. 

Ikut Organisasi Supaya Tidak hanya Jago Akademik!

Di Keperawatan SCB, ada beberapa organisasi yang bisa teman-teman ikuti. Seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Jurusan Keperawatan (HMJ Kep), Nursing Emergency Team (NET), dll. Ikut Organisasi itu sangat bermanfaat banget, selain menambah pengalaman dan relasi, kita juga bisa mengembangkan skill kita. Ikut kepanitiaan, ikut lomba-lomba. Kita bisa mengasah kemampuan kita dari organisasi yang kita ikuti. Pengalaman baru, pergi ke tempat baru, bertemu orang baru dan tentunya juga sambil berprestasi. Ikut organisasi tidak selalu bikin kita lalai dengan kewajiban akademik kok, yang penting teman-teman bisa memanajemen waktunya dan menentukan prioritas yang akan dilakukan. 

Salah satu kegiatan UKM nama UKM-nya adalah Nursing Emergency Team. Organisasi mahasiswa keperawatan yang memiliki spesifikasi khusus dalam bidang kegawatdaruratan.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek Kerja Lulusan Keperawatan STIKes Cahaya Bangsa?

Saat kita sudah lulus dari Keperawatan atau jadi sarjana keperawatan. Ijazah kita belum diakui, kita wajib mengambil pendidikan profesi ners selama 2 semester. Saat pendidikan profesi ners, kita full di Rumah Sakit. Berhadapan langsung dengan para pasien, asyik banget pastinya. Setelah lulus dari profesi ners, kita akan ikut Ujian Kompetensi Perawat dulu. Jika sudah lulus UKom, kita akan mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR). Kalau ditotal lama pendidikan seorang perawat itu, kurang lebih 5 tahun.

Sepengetahuan saya, lulusan dari Keperawatan itu jadi perawat di rumah sakit, puskesmas, klinik dan pelayanan kesehatan lainnya. 

Bagi teman-teman yang membuka praktek keperawatan mandiri juga bisa lho. Atau teman-teman ingin jadi perawat home care juga bisa banget. 

Menjadi seorang perawat juga memungkinkan kita untuk go internasional lho, karena perawat merupakan salah satu profesi yang diikutsertakan dalam pasar bebas ASEAN. 

Setelah Lulus Nanti Saya akan?

Setelah lulus Keperawatan, yang pasti saya lanjut ke profesi ners dulu. Saya punya cita-cita jadi dosen keperawatan, berbagi ilmu dengan teman sejawat itu menyenangkan. Namun saya juga ingin menjadi perawat spesialis Maternitas yang fokus dengan pasien-pasien saya, di klinik keperawatan mandiri milik saya sendiri tentunya.

Kode konten: X343

siskalestia
Halo, perkenalkan Aku Siska Lestia, umurku 19 Tahun. Aku berasal dari Barito Kuala yang sekarang sedang menempuh pendidikan di Universitas Cahaya Bangsa, Banjarmasin. Program Studi yang ku pilih adalah Ilmu Keperawatan dan sekarang aku sudah berada di semester 5 :)

Komen dibawah! 4

  1. Lathipah

    Assalamualikum ka,besok saya bakalan jadi maba di Cahaya bangsa banjarmasin,dan besok ospek,saya sedang dalam mencari informasi dan mendalami materi untuk besok,karya tulis kaka disini sangat membantu saya,karna saya benar-benar mulai dari 0 untuk ilmu kesehatan,sekali lagi,makasih banyak ilmu dan pengetahuan kaka disini,semoga impian kaka terwujud dan saya juga bisa punya motivasi sebesar kaka dalam ilmu keperawataan kedepannya 🙂

    • siskalestia

      Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh, mohon maaf baru membalas ya.
      Baru buka email hehehe. Selamat bergabung di STIKes Cahaya Bangsa yang sekarang sudah menjadi Universitas Cahaya Bangsa. Terimakasih banyak sudah membaca artikelnya ya ❤️

  2. Jejeeeee

    Hallo kaka, wah artikel nya sangat bagus dan menarik

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *