Keperawatan

Keperawatan Unair (Amin)

Keperawatan Unair (Amin)

Halo intipers. Perkenalkan saya Muchammad Nurul Amin, mahasiswa jurusan Keperawatan Unair angkatan 2018. Disini saya membagikan pengalaman kuliah saya setelah 4 semester di Jurusan Keperawatan. Yuk disimak pengalaman saya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

APA ITU KEPERAWATAN UNAIR?

Keperawatan adalah suatu program study yang didalamnya diajarkan cara memberikan perawatan kesehatan yang berfokus pada individu, keluarga dan masyarakat sehingga dapat memulihkan kesehatan secara maksimal, sehingga diharapkan dapat mencetak perawat profesional untuk menjadi garda terdepan kesehatan Indonesia.

promo-web

BERAPA LAMA MASA PENDIDIKAN KEPERAWATAN UNAIR?

Untuk jenjang Diploma menghabiskan waktu selama 3 tahun atau 6 semester dan mendapatkan gelar ahli madya Keperawatan (Amd.Kep) sedangkan untuk jenjang Strata 1 menghabiskan waktu selama 4 tahun atau 8 semester dan mendapatkan gelar (S.Kep) lalu dilanjutkan lagi dengan program profesi keperawatan selama 2 semester dengan gelar Nurse (Ns). Ada lagi tahap spesialis, Magister dan Doktor Keperawatan

KEPERAWATAN ADALAH JURUSAN UNTUK PEREMPUAN, BENAR APA TIDAK?

Ini yang sering ditanyakan para calon mahasiswa, khususnya Laki-laki yang memang passion nya ada di kesehatan. Memang jurusan keperawatan itu lebih dominan perempuan, tetapi tidak sedikit juga laki-laki yang masuk di jurusan keperawatan . Tidak ada ruginya kalau laki-laki masuk di jurusan keperawatan, karena pada saat lulus akan banyak rumah sakit merekrut laki-laki karena kurangnya tenaga yang terlatih dan profesional

APA SAJA MATER YANG DIPELAJARI DI KEPERAWATAN UNAIR DAN BAGAIMANA SISTEM PEMBELAJARANNYA?

Di Keperawatan ada banyak hal yang dipelajari didalamnya, yang utama adalah tentang anatomi manusia. bukan hanya itu saja, di keperawatan juga diajari tentang bagaimana melakukan komunikasi yang baik kepada pasien atau keluarga, lalu juga diajarkan tentang psikogi juga dan masih banyak lagi yang dipelajari di jurusan keperawatan yang pastinya sangan menarik untuk dipelajari.

Untuk sistem pembelajaran di jurusan keperawatan, saya bagi menjadi 3 bagian. Yang pertama yakni pembelajaran teori yang dilakukan di kelas, selanjutnya ada praktikum di laboratorium keperawatan. Untuk apa sih praktikum? Tujuannya adalah agar kita dapat mengetahui kondisi yang sebenarnya terjadi dan melakukan pengaplikasian sesuai dengan teori yang sudah diajarkan, apakah sesuai atau ada yang harus dilakukan penyesuaian. Mengingat objek kita adalah manusia, yang notabene adalah unik, karena satu orang dengan yang lainnya sangat berbeda. Baik dari segi fisik atau psikologisnya. Bagian terakhir dan inilah yang paling ditunggu oleh mahasiswa keperawatan, yakni praktek kerja. Baik di rumah sakit, puskesmas, atau tempat kesehatan yang lainnya. Karena pada bagian inilh mahasiswa dapat mempraktekkan secara langsung apa yang didapat saat pembelajaran dikelas serta dapat langsung berinteraksi dengan pasien pasien yang ada.

APA YANG MENJADI PENILAIAN DIRI SENDIRI SEHINGGA MERASA YAKIN SESEORANG PANTAS DI JURUSAN KEPERAWATAN?

Sebenarnya tidak ada penilaian khusus bahwa seseorang pantas atau tidaknya masuk di jurusan keperawatan, hanya saja kita harus menyiapkan diri untuk menjadi seorang perawat yang profesional, diantaranya adalah :

  1. Dapat menyeimbangkan antara empati dan pengetahuan

Menjadi seorang calon perawat berarti sepenuhnya kita mendedikasikan diri dan keahlian untuk merawat dan mendampingi orang yang sakit, disamping juga dibekali dengan ilmu pengetahuan yang baik. Karena keduanya sangat penting agar dapat menangani pasien hingga pulih

  1. Belajar komunikasi dengan baik

Ini sangat penting bagi seorang calon perawat,karena dibalik komunikasi yang baik akan meningkatkan interaksi yang cukup berkualitas sehingga dapat mengetahui problem dai masing masih pasien, sehingga dapat mempercepat pasien untuk pilih kembai.

  1. Mengutamakan kebersihan diri

Bagi yang masih malas malasan untuk menjaga kebersihan diri, sebaiknya dilatih mulai sekarang dalam menjaga kebersihan diri sendiri. Kondisi ini sangat penting sekali, karena yang akan kita tangani adalah pasien dengan kondisi berbagai macam penyakit yang diderita sehingga menjaga kebersihan diri sangatlah penting.

Kegiatan praktikum di rumah sakit

TIPS UNTUK MAHASISWA BARU

Nah bagi kalian yang sudah terjun di jurusan keperawatan, ada banyak hal nih yang harus dilakukan saat kalian menjadi mahasiswa keperawatan agar bisa menyesuaikan diri dan menunjang kegiatan kalian selama di jurusan keperawatan.

  1. Jalin hubungan komunikasi antar teman dan kakak tingkat

Hal ini sangatlah penting bagi kalian, karena akan mendapatkan informasi tentang hal-hal yang belum diketahui dari dunia keperawatan, baik dari teman atau kakak tingkat kalian, sehingga bisa diajak diskusi untuk menambah wawasan tentang materi-materi keperawatan

  1. Seringlah berdiskusi dan belajar kelompok

Melanjutkan point yang pertama, apabila kita sering berdiskusi dan belajar kelompok, maka semakin luas wawasan kalian tentang materi-materi yang ada di dunia keperawatan dan saling bertukar informasi tentang hal-hal yang belum diketahui. Bisa juga berkelompok untuk melakukan praktek sendiri diluar jam mata kuliah sehingga dapat mengasah kemapuan kalian yang sudah didapatkan sebelumnya

  1. Jangan malu bertanya apabila belum faham

Ini yang sering tejadi didalam proses pembelajar, apabila kalian menjadi mahasiswa keperawatan. Ini sebaiknya jangan menjadi kebiasaan dan harus dihindari. Karena objek kita adalah manusia, dan apabila ada pemahaman yang tidak sesuai, maka akan terjadi kesalahan yang fatal. Baik ke pasien atau diri kita sendiri.

PROSPEK KERJA

Prospek kerja jurusan keperawatan lebih banyak menjadi seorang perawat, baik di rumah sakit atau klinik. Bisa juga menjadi seorang tenaga pendidik, teller bank, dan masih banyak yg lainnya.

RENCANA DAN HARAPAN SETELAH LULUS

Setelah lulus, saya berharap bisa melanjutkan pendidikan S2 keperawtan dan mengambil spesial Keperawatan jiwa. Lalu dapat bekerja di Rumah Sakit milik pemerintah atau menjadi dosen.

Kode konten: X293

Komen dibawah! 15

  1. Hajry

    Ada berapa ahli kperawtan indonesia?

  2. nurulamin15

    Kalau di lihat dari gelar nya dibagi menjadi 5 bagian besar.
    Yg pertama ada Diploma, unk pendidikan D3 dan sarjana terapan.
    Kedua, ada sarjana dan profesi ners.
    Ketiga, ada magister
    Keempat, ada spesialis
    Kelima adalah program doktor

  3. Bila

    Kak kalo anak SMK kesehatan bisa nggak masuk jurusan keperawatan? Persaingan nya seketat apa?

  4. Ima

    Selamat malam kak, apakah di universitas airlangga yang sekarang atau di tahun-tahun sebelumnya menerima linjur? Dikarenakan saya siswi SMA dari jurusan IPS sangat ingin melanjutkan ke jurusan Keperawatan🙏🙏

    • nurulamin15

      Halo, terimakasih sudah bertanya.
      Keperawatan Unair menerima lintas jurusan, apabila proses Masuk PTN dari Nasional menyediakan jalur IPC. Semisal tahun ini tidak buka Linjur, maka bisa coba di Prodi D3 Keperawatan Unair

  5. Sri warih w

    Biaya kuliah per semester th 2020 kira2 berapa utk keperawatan S1

    • nurulamin15

      Halo, terimasih sudah bertanya.
      Untuk bisa melihat biaya perkuliahan di Universitas Airlangga, khusus nya prodi Keperawatan. Bisa cek di website resmi nya di www.ppmb.unair.ac.id

  6. Poppy Candra

    Assalamualaikum kak..
    Mau tanya..saya kan dari SMA IPS bisa nga ya masuk ke prodi keperawatan lewat jalur SNMPTN ?mohon jawab an nya kak

  7. Maria Wanda Permana

    Kak ijin bertanya ya,untuk cara mendaftar d3 keperawatan unair itu bagaimana ya?
    sblmnya terimakasih kak

  8. Ika

    Ass.
    Bisa tany apa di Unair bisa terima yg dari D3 ke S1….?
    Trima kasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *