Universitas Pelita Harapan

Keperawatan Universitas Pelita Harapan (Putri)

Halo sobat intipers! Perkenalkan aku Putry dari Keperawatan Universitas Pelita Harapan angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Keperawatan Universitas Pelita Harapan seperti apa?        

Jadi seperti yang sudah aku jelaskan kalau di ilmu keperawatan itu kita dibentuk untuk ahli di bidang keperawatan baik secara kompleks maupun biopsiko. Di ilmu keperawatan ini kita juga belajar bagaimana memahami kondisi dari apa yang dialami pasien, kita juga belajar ilmu komunikasi, kerja sama dalam tim, teliti, detail dan cara menyelesaikan masalah. Banyak yang beranggapan bahwa ilmu keperawatan hanya mengandalkan keahlian dan pengetahuan, padahal kita belajar banyak banget lebih dari itu saja tapi juga belajar tentang kemampuan softskill. Dalam memberikan keperawatan ada beberapa tahap yaitu pengkajian, memberikan diagnose keperawatan, melakukan perencanaan intervensi keperawatan, penerapan intervensi dan evaluasi mengenai intervensi yang sudah diberikan kepada pasien.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Keperawatan Universitas Pelita Harapan?

Motivasi aku mengambil jurusan ini pertama aku tuh punya motivasi menjadi orang yang bisa diandalkan, jadi aku merasa dengan mengambil studi ini aku bisa bermanfaat bagi banyak orang. Selanjutnya aku tertarik dengan dunia kesehatan, aku selalu penasaran bagaimana cara kerja obat yang diberikan kepada pasien. Di dunia keperawatan ini tidak hanya belajar tentang fisik tapi juga mental dari pasien. Ketiga saya merasa terpanggil untuk menjadi seorang perawat.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Jadi mata kuliah khas di prodi ini yaitu prinsip dasar dunia keperawatan tentang ilmu fital, selanjutnya yaitu anatomi, introduction, HPB, Komunikasi, Spiritual, Fundamental, Medical Nursing 1,2 dan 3, maternitas, keperawatan komunitasn, keperawatan gawat darurat. Metode pembelajaran sendiri teori dan praktek itu sejalan bersama dengan lecture.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasinya sendiri itu tidak ada, jadi dari semester satu sampai akhir kita belajar tentang hal-hal yang sama.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Satu-satunya jalur masuk yaitu program bantuan pendidikan meliputi biaya 100% untuk perkuliahan dan fasilitas mencakup olahraga, perpustakaan, asrama. Tahapannya mengikuti presentasi dari fakultas keperawatan seperti tutorial cara pendaftarannya. Setelah itu kalian akan mendaftar dan mengikuti ujian perjanjian masuk. Untuk semua tahapan pendaftaran bisa diakses di instagram fakultasnursinguph.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Tipsnya itu tentunya setiap orang punya cara belajar yang beda-beda kalau aku sendiri cara belajarnya adalah secara praktikal aku harus melihat dosen caranya mengajar, apa yang dosen tulis. Kemudian aku akan mempelajari materi-materi sebelum pembelajaran berlangsung, selain itu aku akan mereview materi bersama teman-teman agar saat praktikum aku sudah tau apa yang akan aku lakukan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Selain bantuan biaya bantuan perkuliahan kita juga mengikuti program kedinasan jadi setelah lulus kita akan mengikuti program kerja di rumah sakit yang bekerja sama dengan hospital grup.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Jadi saya tertarik dengan keperawatan medical medah dan komunitas, setelah ini saya akan menekuni di bidang tersebut dan saya akan meningkatkan kemampuan saya dalam bidang keperawatan saya juga tertarik untuk menjadi dosen keperawatan yang kompeten biar nanti saya bisa mendidik mahasiswa untuk menjadi calon perawat yang kompeten dan rendah hati.

Q&A

  1. Pengalaman berkesan saat kuliah di jurusan keperawatan?

Pengalaman yang berkesan itu bersyukur bisa berkuliah di jurusan ini, karena selain program beasiswa aku juga mendapatkan lingkungan yang positif dari dosen dan teman-teman. Selain itu saat melaksanakan praktikum aku mendapatkan pengalaman yang berkesan yang terjadi di semester satu saat turun di klinik, saat itu aku hanya sendirian yang bertugas bersama pasien yang sudah usia paruh baya, disitu aku masih punya rasa takut kalau tertular dengan penyakit yang dideritanya. Akhirnya aku diberikan arahan dari clinical educater. Yang paling berkesan dengan mata kuliah komunitas, karena disini aku menemukan hal penting yaitu kita tidak bisa mengira-ngira apa yang terjadi di lingkungan pasien, kita harus peka bagaimana pola kehidupan merasa secara kompleks dan kita juga belajar untuk turun langsung ke masyarakat.

Kode konten: C673

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.