Kesehatan Lingkungan

Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Tanjungkarang (Siska)

Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Tanjungkarang (Siska)

Hallo intipers! Tabik pun. Perkenalkan nama saya fransiska Kurniawatii jurusan Kesehatan Lingkungan,Politeknik Kesehatan Tanjungkarang angkatan 2018. Pada kesempatan ini,saya akan membagikan pengalaman kuliah saya yang telah saya lalui selama 4 semester ini di jurusan Kesehatan Lingkungan. hayuk yang pada penasaran silahkan di intip pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Jurusan Kesehatan Lingkungan itu apa si?

Dari nama jurusannya sepertinya masih asing di dengar. Jadi jurusan kesehatan lingkungan adalah jurusan yang mempelajari segala aspek yang berkaitan dengan kesehatan, lingkungan, dan manusia. Lalu upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mewujudkan lingkungan yang sehat? Upayanya yaitu dengan melakukan pengelolaan lingkungan, agar Lingkungan tetap lestari dan bersih sehingga aman untuk kehidupan manusia. Jurusan kesehatan lingkungan juga mempelajari keterkaitan antara kelestarian lingkungan dengan kualitas hidup manusia yang diukur dari kesehatannya. Menurut Teori H.L.BLUM ada empat faktor utama yang mempengaruhi derajat kesehatan. Keempat faktor tersebut terdiri dari faktor perilaku/gaya hidup (life style), faktor lingkungan (sosial, ekonomi, politik, budaya), faktor pelayanan kesehatan (jenis cakupan dan kualitasnya) dan faktor genetik (keturunan). Keempat faktor tersebut saling berinteraksi yang mempengaruhi kesehatan perorangan dan derajat kesehatan.

Sering saya mendapatkan pertanyaan perbedaan kesehatan lingkungan dengan kesehatan masyarakat? Kedua jurusan tersebut memang benar sama-sama tujuannya untuk meningkatkan derajat kesehatan. Hal yang membedakan adalah Kesehatan masyarakat itu ilmu dan kiat untuk mencegah penyakit, memperpanjang harapan hidup, dan meningkatkan kesehatan dan efisiensi masyarakat melalui usaha masyarakat yang terorganisir. Sedangkan Kesehatan Lingkungan adalah dinamika hubungan interaktif antara masyarakat dan segala macam perubahan komponen lingkungan hidup. Seperti berbagai spesies kehidupan, bahan, zat, atau kekuatan di sekitar manusia, yang menimbulkan ancaman, atau berpotensi mengganggu kesehatan masyarakat, serta bagaimana mencari upaya-upaya pencegahannya.

[Tonton versi videonya di bawah ini. Klik tombol play]

kesehatan lingkungan poltekes tanjung karang

Apa saja yang didapat di jurusan kesehatan lingkungan?

Banyak hal yang didaptkan dari jurusan kesehatan lingkungan yaitu kita jadi tahu bagaimana cara mengelola lingkungan dengan beberapa teknik. Dimulai dari melakukan penyehatan lingkungan, penyehatan air, penyehatan tanah, dan penyehatan udara. Bukan itu saja, kami diajarkan untuk melakuan upaya pencegahan penyakit dengan mempelajari mata kuliah pengendalian vektor. Mata kuliah pengendalian vektor merupakan mata kuliah yang melakukan pengendalian terhadap vektor(serangga), seperti yang kita ketahui salah satu faktor penyebab penyakit yang datang dari lingkungan adalah serangga contohnya nyamuk. Apabila kita tidak melakukan upaya pegendalian tersebut dikhawatirkan vektor dapat menyebabkan individu sakit.

Apa sih yang berat kuliah dijurusan kesehatan lingkungan?

Kalau ditanya apa yang berat dulu saat pertama kali masuk kuliah rasanya berat karena belum tahu apa-apa, apalagi fase peralihan dari SMA ke Perguruan Tinggi, Namun setelah berjalan menjadi mahasiswi dan menemukan pelajaran yang sebelumnya  tidak ada di SMA ngerasa senang karena mendapat wawasan ilmu yang baru dan tambah hari tambah pelajaran baru dan semakin penasaran begitu seterusnya sampai akhirnya saya sekarang semester 4,saya cuma mau bilang segala sesuatu yang saat pertama kali kamu dengar kamu merasakan susah selanjutnya akan merasa susah,tetapi apabila kita bilang ini mudah dan saya pasti bisa,yakinlah bahwa semua akan tampak lebih mudah oleh sebab itu saya mau bilang di jurusan kesehatan lingkungan tidak ada yang berat.

Kemana ajasih jalan-jalannya anak Kesehatan Lingkungan?

Hmm kemana ya? baiklah saya mau menceritakan jurusan kesehatan lingkungan di Politeknik Kesehatan Tanjungkarang biasanya setiap akhir semeter kami mengadakan kunjungan ke Balai pengendalian vektor di salatiga jawa tengah,nah ini merupakan salah satu jalan-jalannya anak kesehatan lingkungan politeknik kesehatan tanjungkarang,tapi tidak hanya jalan-jalan loh kami disana,jadi disana kami juga melakukan kuliah,praktikum serta kunjungan ke museum serangga. dan luarbiasa menakjubkan karena dimuseum serangga kami dapat melihat berbagai serangga yang telah di awetkan dari berbagai tempat dan daerah.

Setelah jadi sarjana kesehatan lingkungan prospek kerjanya dimana?

kalau bicara prospek kerja lulusan kesehatan lingkungan tentu banyak prospeknya ,karena lulusan jurusan kesehatan lingkungan di sebut sebagai tenaga sanitarian, tentunya tenaga sanitariaan memiliki prospek kerja yang luas diantaranya bisa bekerja di balai Pengendalian Penyakit Berbasis Binatang (P2B2),an, Konsultan Air Bersih dan Sanitasi (WISLIC), Konsultan Persampahan.  dan saya  pribadi berharap setelah saya lulus saya dapat bekerja disalah satu prospek kerja yang saya sebutkan.

Nah setelah membaca cerita saya apakah mulai tertarik dengan jurusan kesehatan lingkungan? Semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat bagi pembaca yang membacanya.

Kode Konten: X207

Komen dibawah! 2

  1. Review & Pengalaman Kuliah di Kesehatan Lingkungan Poltekkes (Hawa)

    […] Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Tanjungkarang (Siska) […]

  2. DERRY WIDIYANTO PRAMONO

    Assalamu’alaikum

    Hay kak mau tanya nih setelah lulus apakah bisa bekerja di PT, Perusahaan, Perkantoran dan Pemerintahan?

    Sekian terimakasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *