Kesehatan Masyarakat, Universitas Dian Nuswantoro

Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro (Elsa)

Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro (Elsa)

Halo sobat intipers! Aku Elsa Anggreani Putri dari Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro?

Banyak yang bilang jurusan ini isinya orang-orang yang galolos kedokteran, padahal kalo kedokteran kan untuk ngobatin, kalau kesmas itu mencegah supaya penyakit gatimbul. Terus secara garis besar jurusan kesmas ini mempelajari mencegah suatu penyakit dan mempelajari lifestyle, karena lifestyle itu sendiri yang jadi penyebab penyakit. Contohnya nih, orang Indonesia suka jajan-jajan sembarangan kan, nah itu harus dikurangi. Lalu juga harus melakukan 5M untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Kesehatan Masyarakat?

Alasannya itu, sebenarnya dari awal aku pengennya DKV sih. Cuma mamaku bilang kalau galolos negeri, mamaku mau daftarin aku kejurusan kesehatan. Tapi dikesmas sendiri ternyata materi DKV nya banyak, karena disini ada promosi kesehatan. Jadi kita banyak bikin poster. Kesmasnya Udinus juga terkenal bagus dan unggulan loh. Disini juga dibutuhkan public speaking yang bagus, jadi kita akan belajar public speaking disini.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro?

Kalau dikesmas sendiri banyak mata kuliah khasnya, kebanyakan tentang penyakit sih kayak epidemiologi, sosiologi dan antropologi kesehatan, lalu ada juga promosi kesehata, lalu kita juga mempelajari postur tubuh masyarakat misalnya terlalu bungkuk atau postur tubuh lainnya, karena itu berpengaruh kekesehatan juga.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian yang ada di Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro?

Kalau dikampus aku ada 5. Yang pertama konsentrasi MIK dimana mempelajari rekam medis, klaim asuransi dan teknologi supaya penanganan kesehatan bisa lebih baik. Kedua ada konsentrasi AKK peminatannya tentang konsep dasar, misalnya administrasi manajemen. Epidemiologi melakukan pengamatan penyakit misalnya virus corona, K3 mempelajari tentang mengontrol kondisi lingkungan kerja,

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuknya ada langsung ke gedung rektorat maupun reguler serta online seperti PMDK untuk mahasiswa yang berprestasi.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Dikesmas Udinus itu kita perlu ngertiin materinya aja sih, berusaha paham materinya. Kalau dihafal kan suka lupa ya, lebih enak dipahami sih. Terus kalau secara umumnya kalian ikut organisasi biar banyak relasi, mempermudah pengerjaan tugas kuliah juga.

Untuk yang baru mau masuk kuliah, kalian pasti pengen masuk jurusan yang kalian mau kan. Aku pun dulu sedih waktu gadapat SBMPTN, tapi jalan yang baik untuk kita gaada yang tau. Kalau Tuhan ga berkehendak, ya nikmatin aja. Nanti pasti banyak kesenanga yang akan timbul, berkat yang timbul setelah kamu menjalaninya. Jangan kelamaan down, bangkit dan cari lagi apa yang mau dijadikan tempat kuliah.

Prospek kerja dan alumni jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro seperti apa?

Kalau K3 bisa kerja diindustri atau proyek pembangunan, maupun konstruksi perumahan. Lalu kebanyakan juga alumni bekerja di puskesmas atau rumah sakit. Kalian bisa juga melamar kerja dipemerintahan maupun swasta.

Harapan dan rencana kedepan setelah lulus nanti?

Rencana aku tuh aku pengen lanjut kerja dulu baru S2 diluar. Mungkin mengikuti IISMA juga, program exchange ke luar negeri. Aku pengen cari pengalaman ditempat yang jauh dari rumah.

Kode konten: C963

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.