Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Keselamatan dan Kesehatan Kerja UNUSA (Hanifah)

Halloo, kenalin aku Hanifah salah satu mahasiswa prodi K3 UNUSA angkatan 2018. Saat ini aku sedang menempuh semester 6, Yuk yang pengen tahu lebih lanjut tentang prodi ini.

Apa sih K3 ?

Banyak sekali yang ga tahu jurusan ini, padahal jurusan ini memiliki prospek yang cukup luas loh ?? kok bisa sih kan ga terkenal.  jadi K3 itu adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengelola potensi bahaya ditempat kerja. Dann ga mungkin dong di tempat kerja tidak memiliki bahaya dan lagi pemerintah sedang membuat program wajib berbudaya k3 ditempat kerja

Apa sih yang dipelajari ?

Nggak hanya mempelajari tentang keselamatan dan kesehatan saja, jurusan ini juga mempelajari cara pengelolaan lingkungan salah satunya limbah. Misalnya di keselamatan salah satunya mempelajari proteksi kebakaran dimana mata kuliah ini mempelajari tentang melakukan pengendalian terhadap kebakaran. Pada kesehatan salah satu mata kuliah yang dipelajari adalah kesehatan kerja. Nah disini kita tidak hanya teori aja, di jurusan ini banyak sekali praktikum yang menunjang mahasiswanya. Tidak hanya di praktikum dikelas atau di laboratorium, jurusan ini juga melakukan praktikum di beberapa instansi pemerintah dan juga di RS.

Tak hanya praktikum, mahasiswa juga mempelajari mata kuliah yang masih jarang ada di kampus lain loh, apa itu ?? “Safety base technology”. Mata kuliah dimana memadukan antara teknologi dalam bidang K3

Konsentrasi K3 di UNUSA ?

Karena jurusan K3 di UNUSA termasuk K3 umum tidak ada konsentrasi di dalamnya. Semua mata kuliah dipelajari baik di bidang keselamatan, Kesehatan maupun lingkungan. Jadi untuk Tugas akhir / skripsi mahasiswa bisa memilih mata kuliah tertentu sesuai minat yang diinginkan.

schooters

Tips untuk mahasiswa baru

Mata kuliah dari tiap semester saling berkaitan, untuk semester awal mungkin masih basic dan masih mudah dipelajari. Praktikum sudah akan dimulai pada semester 2. Karena jurusan ini termasuk diploma, jadi 60% perkuliahan kebanyakan praktik. Gausah takut karena UNUSA kampus swasta, jurusan K3 ini ketika lulus sudah memiliki sertifikasi ahli K3 Madya yang bisa menambah nilai + yang berguna untuk di dunia kerja. Dan jugaa mahasiswa akan PKL selama 1 bulan dan magang selama 6 bulan sehingga dapat menambah hardskill dan softskill di bidang K3.

Selain aktif diperkuliahan, jangan lupa untuk aktif di organisasi, kalian bisa mengikuti UKM, Himpunan Mahasiswa, BEM dan lain-lain sesuai dengan minat dan bakat kalian. Ini penting banget selain menambah pengalaman berorganisasi juga bisa menambah relasi yang akan sangat berguna

Alumni dan prospek kerja

Untuk alumni UNUSA masih belum meluluskan mahasiswanya. K3 di UNUSA memang baru berdiri di tahun 2017, Tapiii tenang aja, prodi ini telah memperoleh akreditasi “B” dari LAM-PTKES. Jadii baik kampus maupun prodinya sudah akreditasi B.

Prospek kerja K3 sangat-sangat besar, kita bisa bekerja sebagai safety officer, safety supervisor, hygenist dan lain-lain di BUMN, perusahaan swasta, Rumah sakit dan lain-lain sesuai dengan sertifikasi yang akan kita ambil. Apalagi pemerintah akan menerapkan wajib berbudaya K3 jadi peluang dan prospek kerja K3 cukup menjanjikan.

Kode Konten: X491

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *