Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan, Politeknik Maritim Negeri Indonesia

Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Febiola)

Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Febiola)

Halo sobat intipers! Aku Febiola Purnamasari jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Febiola) angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan Politeknik Maritim Negeri Indonesia itu seperti apa?

Jurusan ini adalah yang mempelajari dari kapal itu datang sampai berangkat. Semuanya kita mengurusi, dari mulai administrasinya, serta muatan-muatannya sampai di bongkar dan di pergudangan. Jadi cakupan jurusan ini sangat luas, tidak hanya tentang kapalnya saja, muatannya juga dan dokumennya, bahkan sampai muatan kapalnya sampai kepada masing-masing pihaknya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan Politeknik Maritim Negeri Indonesia?

Kalau saya boleh saya jujur, awalnya saya gak milih jurusan ini, tapi setelah melalui berbagai proses dan akhirnya saya memilih jurusan ini karena pertama itu memang faktor dorongan dari orang tua. Saya juga paham memang maritim di Indonesia itu sangat dibutuhkan, kita memerlukan SDM untuk membangun maritim kita, karena maritim kita lebih besar dibanding daratan. Jadi memang kita harus bergerak dan terjun langsung untuk membangunnya, jangan sampai negara lain yang mengambil alihnya. 

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau ditanya mata kuliah yang khas, mungkin ada mata kuliah yang mengatur misalnya kapalnya itu mau berangkat dari Indonesia ke Amerika, kita yang ngatur. Dari mulai transitnya dimana, bongkar muatnya dimana, semuanya kita yang ngatur. Kemudian kalau di semester dua itu udah ketemu sama kepabeanan, tentang dokumen-dokumen ekspornya.

Ada juga pergudangan, kita juga mengatur pergudangannya. Kemudian ada OPTK (Operasi terminal peti kemas), dimana kita bisa mengatur muatan misalnya kita ambil contoh kontainer, kontainer itu diletakkan dimana di bagian kapal agar kontainer tersebut jangan sampai menambah pengeluaran uang lagi ketika tertimbun. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Sampai saat ini yang saya tau emang gak ada konsentrasi.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Kalau di jurusan say aitu ada tiga, ada SNMPN, BMPN, sama mandiri. Tapi disini ada tambahan lagi tesnya yaitu ada Samapta, psikotes, sama kesehatan. Untuk yang Nautica nya itu sekarang udah pindah ke SNMPTN.

Ada tips buat mahasiswa baru Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan Politeknik Maritim Negeri Indonesia?

Berhubung sekarang daring, karena sebenarnya kampus saya iniadalah kampus semi militer, jadi disini pas di semester satu bener-bener dilatih mentalnya untuk menjaid mental kuat. Tapi sekarang posisinya daring, jadi untuk pembentukan fisik dan mentalnya itu udah turun, tapi Insyaa Allah semoga pas masuk ditingkatkan lagi 

Kemudian untuk adik-adik yang masih baru, semangat dulu belajarnya dan tingkatin nilainya dulu, intinya harus rajin belajar dan suka membaca informasi-informasi. Soalnya kita juga harus update informasi tentang kemaritiman di Indonesia.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau prospek kerjanya itu kita bisa memilih juga, mau bekerja di perusahaan yang nasional atau multinasional. Kalau di nasional itu kita bisa di Pertamina, Pelindo. Ddi perusahaan multinasional itu, kita bisa kerja di perusahaan-perusahaan pelayaran, bongkar muat, pelabuhan, dan lain-lain yang swasta. Atau bahkan kita juga bisa bekerja di pertambangan, jadi yang bisa kita kerjakan ada di ekspor hasil pertambangannya. Contohnya di Sulawei ada perusahaan nikel, kita terjun kesana dalam mengurusi untuk administrasi ekspor dari nikel tersebut. 

Harapan dan tujuan kamu setelah lulus

Kalau ditanya harapan saya, saya pengennya kerja dulu buat nambah pengalaman dan skill dulu. Kemudian setelah itu, saya mau lanjut kuliah lagi untuk mengupgrade ilmu yang saya punya, sambil menulis karena saya juga suka menulis.

Kode konten: C492

Komen dibawah! 2

  1. Lina Safira

    Hai kak, perkenalkan saya Lina Safira, alhamdulillah saya lolos tahap awal snmpn di polimarin kak, tinggal ikut tes kekhususannya minggu ini.
    Mau tanya boleh kak?
    Klo tb ku kurang 2cm lngsung gugur atau hanya dpt pengurangan nilai ya?
    Terimakasih kak, semoga di respon sm kak febiola ya hehe

    • Febiola Purnamasari

      wahhh selamat ya dek, kalo boleh tau tinggi kamu berapa de?untuk cewek minimal 155cm, untuk tinggi badan itu kamu tidak langsung gugur tapi ada pengurangan nilai dan itu ga banyak de, yang penting semangat dan tunjukin kelebihan kamu di tes selanjutnya. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan, semangat kalo udah jalannya pas masuk .

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *