Akuntansi

Keuangan Syariah Polban (Dais)

Keuangan Syariah Polban (Dais)

Hallo intipers. Perkenalkan saya Aditya Dais Gumara, biasa dipanggil Dais, mahasiswa jurusan Akuntansi konsentrasi Keuangan Syariah Polban / Politeknik Negeri Bandung angkatan 2018. Di sini saya akan membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 4 semester di jurusan Akuntansi konsentrasi Keuangan Syariah. Yuk, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Akuntansi konsentrasi Keuangan Syariah POLBAN?

Sebelumnya, perlu saya paparkan dulu bahwa pendidikan di POLBAN ini termasuk pendidikan vokasi yang mana bobot mata kuliah praktiknya lebih banyak dibandingkan mata kuliah teorinya. Jika diangkakan bisa disebut 60% praktik dan sisanya teori. Hal lainnya yang membedakan dengan universitas pada umumnya adalah pada pemilihan konsentrasi di jurusan. Jika di universitas pemilihan konsentrasi baru dilakukan di semester-semester akhir, maka di politeknik pemilihan konsentrasi langsung dilakukan di awal semester. Seperti saya yang mengambil konsentrasi Keuangan Syariah sejak semester awal.

Slide5

Sesuai namanya, di jurusan akuntansi kita diajarkan bagaimana menyajikan laporan keuangan dalam suatu entitas bisnis atau perusahaan. Namun,  di awal-awal perkuliahan kita akan dibekali mata kuliah-mata kuliah yang akan menunjang jurusan ini seperti Dasar-Dasar Akuntansi, Matematika dan Statistika Bisnis, Ekonomi Mikro dan Makro, dan rumpun ilmu ekonomi lainnya. Di setiap konsentrasi ada mata kuliah yang menjadi ciri khasnya, seperti di Keuangan Syariah kita akan dibekali mata kuliah Fiqih Muamalah hingga Bahasa Arab. Untuk informasi, konsentrasi ini hanya diisi oleh mahasiswa beragama Islam.

Apa bedanya akuntansi dengan keuangan?

Mungkin sebagian besar menganggap akuntansi dan keuangan itu sama saja. Walaupun konsentrasi keuangan termasuk ke dalam lingkup jurusan akuntansi, sebenarnya ada hal mendasar yang membedakan keduanya. Dari segi pengertian akuntansi merupakan suatu ilmu dalam hal pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan suatu bisnis. Sedangkan keuangan merupakan ilmu dalam pengelolaan dana suatu bisnis. Dari segi tujuan akuntansi bertujuan memberikan informasi keuangan pada pihak internal maupun eksternal perusahaan. Sedangkan keuangan bertujuan memberikan informasi tentang keuangan pada pihak internal perusahaan untuk kepentingan strategi di masa depan. Jadi, begitu ya sobat intipers. Sebenarnya akuntansi dan keuangan itu memiliki perbedaan mendasar.

Mata kuliah Keuangan Syariah POLBAN dan Dosen Favorit?

Mata kuliah yang dipelajari banyak sekali, seperti Akuntansi Pengantar, Akuntansi Jasa Keuangan, Fiqih Muamalah, Bahasa Arab, Ekonomi Mikro dan Makro, Dasar Prosedur Bank Syariah, dan masih banyak lagi. Selain mata kuliah teori, di setiap semester pun kita dibekali mata kuliah-mata kuliah praktik di laboratorium komputer, seperti Keterampilan Mengetik, Pengantar Aplikasi Komputer, Aplikasi Kuantitatif Bisnis, hingga Aplikasi Pengolahan Data Keuangan. Fyi, konsentrasi Keuangan Syariah ini dikenal juga dengan Perbankan Syariah karena ruang lingkup pembelajarannya adalah usaha perbankan berbasis syariah. Mata kuliah favorit saya ada dua, yaitu Fiqih Muamalah dan Dasar Prosedur Bank Syariah.

Mata kuliah Fiqih Muamalah

Yang pertama, mata kuliah Fiqih Muamalah. Hal menarik yang dipelajari dalam mata kuliah ini adalah bagaimana kita menganalisis akad-akad transaksi ekonomi dari sudut pandang Islam, khususnya transaksi-transaksi yang ada di perbankan. Musyarakah, Mudharabah, Murabahah, Istishna, ini adalah istilah-istilah yang akan dijumpai di mata kuliah ini. Banyak studi kasus yang akan menjadi bahan diskusi dalam mata kuliah ini. Contohnya bagaimana hukum menjadi dropshipper? Apakah membeli barang di toko swalayan sudah memenuhi akad transaksi secara Islam? Bagaimana bank mempraktikkan suatu transaksi yang bebas dari riba? Nah, ini beberapa contoh studi kasus yang akan dikaji dengan berlandaskan pada berbagai literatur Islam dan pandangan berbagai mazhab.

Dasar Prosedur Bank Syariah

Mata kuliah kedua yang menarik, yaitu Dasar Prosedur Bank Syariah. Di mata kuliah ini diajarkan tentang alur transaksi yang terjadi di perbankan. Misalnya, ada nasabah yang ingin membuka rekening simpanan berupa tabungan. Kita akan diajarkan bagaimana alur yang akan dilalui nasabah ini dari awal kedatangannya ke bank hingga rekening tabungannya dapat digunakan. Kita juga diajarkan perhitungan-perhitungan yang ada di perbankan, seperti perhitungan bagi hasil, pengenaan denda kepada nasabah, dan sebagainya. Kedua mata kuliah ini sangat menunjang saya yang ingin memperdalam pengetahuan tentang transaksi ekonomi dan perbankan dari sudut pandang Islam.

Sebenarnya ada mata kuliah andalan yang menjadi ciri khas konsentrasi Keuangan Syariah, yaitu mata kuliah Laboratorium Bank Syariah. Singkatnya, ini adalah mata kuliah tentang simulasi praktik bekerja di sektor perbankan. Karena mata kuliah ini diberikan mulai dari semester 5 sedangkan saya baru selesai semester 4, jadi tidak bisa menceritakan secara detail tentang mata kuliah ini.

Sementara itu, untuk dosen favorit saya adalah Pak Destian dan Pak Hasbi. Menurut saya keduanya memiliki metode unik dalam mengajar sehingga materi yang disampaikan menjadi mudah dipahami oleh mahasiswa. Merekapun memiliki sifat teladan yang sangat layak dijadikan panutan seperti disiplin, tepat waktu, dan sabar dalam mengajar mahasiswa.

Konsentrasi di Akuntansi POLBAN?

Ada lima konsentrasi di jurusan Akuntansi, yaitu D3-Akuntansi, D4-Akuntansi, D4-Akuntansi Manajemen Pemerintahan, D3-Keuangan Perbankan (bank konvensional), dan D4-Keuangan Syariah (bank syariah). Secara umum, mata kuliah yang dipelajari memiliki kesamaan seperti mata kuliah yang mendalami ilmu akuntansi itu sendiri, maupun ilmu-ilmu penunjangnya. Di setiap semester, semua konsentrasi selalu dibekali mata kuliah praktik laboratorium komputer yang mendalami aplikasi-aplikasi penunjang akuntansi maupun keuangan. Sedangkan perbedaannya yaitu pada mata kuliah yang menjadi ciri khas setiap konsentrasi serta jenjang pendidikan yang dipilih. D3/Diploma III durasi pendidikannya 3 tahun, sedangkan D4/Diploma IV/ Sarjana Terapan durasinya 4 tahun. Fyi, Diploma IV ini setara dengan S1 di universitas maupun institut ya sobat intipers.

Tips-Tips untuk Maba di Jurusan Keuangan Syariah Polban

Kalo di jenjang sekolah menengah, politeknik ini bisa diibaratkan seperti SMK. Pembelajaran praktiknya lebih dominan. Maka, sudah barang tentu perkuliahannya padat. Perkuliahan di POLBAN full dari pagi hingga sore. Bisa dikatakan waktu mahasiswa di sini tidak sefleksibel mahasiswa di universitas. Jadi, keterampilan manajemen waktu harus sudah dilatih sedini mungkin. Tips lainnya adalah perkuat pondasi yang akan menunjang jurusan ini yaitu pemahaman mata pelajaran Ekonomi khususnya Akuntansi dan mata pelajaran Matematika Dasar. Karena ketika pondasinya kurang kuat, bisa dikatakan akan keteteran mengikuti perkuliahan yang penuh dengan berbagai analisis dan perhitungan. Tapi selagi masih mampu menjaga semangat dan terus mau belajar, semuanya tidak akan terasa berat. Justru akan menyenangkan. Jangan lupa juga, kembangkan skills di luar akademik. Jangan hanya mengisi perkuliahan dengan kegiatan di dalam kelas saja. Kembangkan dan asah kapasitas diri dengan bergabung ke berbagai kegiatan, seperti organisasi dalam kampus, organisasi luar kampus, kegiatan voluunter, magang, dan sebagainya.

Prospek Kerja dan Alumni Keuangan Syariah Polban biasanya kerja di mana?

Sepengetahuan saya, sebagian besar alumni lulusan Akuntansi konsentrasi Keuangan Syariah POLBAN menyebar ke berbagai sektor pekerjaan, seperti perbankan, perusahaan asuransi, leasing, perusahaan swasta, usaha berbasis syariah, hingga menjadi akademisi. Islamic Financial Dealer and Broker, Islamic Trasurer, Manager of Islamic Banking adalah contoh prospek pekerjaan bagi lulusan Keuangan Syariah. Jurusan akuntansi dapat dikatakan fleksibel. Bisa bekerja di perusahaan dengan jenis dan ruang lingkup apapun, selama perusahaannya menggunakan uang dalam menjalankan bisnisnya.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Jujur, setelah lulus saya belum memiliki keinginan terjun ke dunia pekerjaan baik itu perbankan maupun jenis usaha lainnya. Saya ingin fokus memperdalam ilmu keuangan syariah dan menjadi expert di bidang tersebut. Berencana melanjutkan kuliah S2 di Durham University, Inggris. Bisa dikatakan di sana adalah pusat studi keuangan syariah terbaik di dunia. Saya ingin menjadi Islamic Finance Spesialist yang mampu menjadi praktisi sekaligus akademisi. Saya melihat potensi perkembangan industri keuangan syariah, khususnya di Indonesia sangatlah tinggi, sedangkan orang yang ahli di bidang tersebut masih dikatakan sedikit.

Kode Konten: X420

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *