Ekonomi Syariah

Keuangan Syariah Polban (Sheila)

Keuangan Syariah Polban (Sheila)

Halo sobat intipers! Aku Sheila Nur Azijah dari jurusan Keuangan Syariah Polban / Keuangan Syariah  Politeknik Negeri Bandung angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Keuangan Syariah Polban itu seperti apa?

Jadi, sebenernya jurusan ini sama seperti jurusan lain. Kalau di universitas kan adanya fakultas lalu jurusan, kalau di Polban itu disebutnya jurusan lalu program studi. Saya sendiri jurusan Akuntansi dan program studinya itu Keuangan Syariah. Di Polban jurusan Akuntansi itu ada 5 prodi, D3 Akuntansi, D4 Akuntansi, D4 Akuntansi Manajemen Pemerintahan, D3 Keuangan Perbankan, D4 Keuangan Syariah. Keuangan Syariah ini mencakup keuangan dan perbankan, tetapi perbankan syariah. Oh ya, karena D4 gelarnya itu S.Tr.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Keuangan Syariah Polban ?

Saya dulu basic di IPA, tapi memang ada minat di keuangan. Kalau lihat orang ngitung uang itu kaya keren gitu. Dulu saya ikut SNMPTN di Ekonomi Syariah IPB, ternyata Alhamdulillah lolos di Polban. Emang dari dulu sih tertarik juga, dan kalau ke bank itu liat pegawainya itu kaya keren aja.

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Keuangan Syariah Polban ?

Mata kuliah yang khas itu lab bank, jadi ini matkul praktik di miniatur bank nanti kita di sana belajar seperti simulasi per kelompok, ada yang menjadi nasabah, pegawai bank, dan di posisi lain. Jadi, nanti ada nasabah yang nabung, ada yang ambil uang, dsb nanti di akhir harus balance neracanya.. Itu jadi tantangan karena kita hitung manual meskipun sekarang itu sudah ada sistem. Hitung manual ini agar kita tahu dasar perhitungannya. Itu bobotnya 3 sks selama 2,5 jam.

Oh ya di kita juga ada Bahasa Arab, belajar dasar-dasarnya aja, malah itu yang jadi mata kuliah yang khas di kita. Selain itu ada mata kuliah dasar-dasar akuntansi seperti pengantar akuntansi, akuntansi biaya, kalau ekonominya kita belajar pengantar ekonomi, ekonomi moneter, ekonomi syariah. Kita belajar dasar-dasar prosedur bank, manajemen dana bank syariah, lembaga keuangan syariah.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Gak ada konsentrasi, kita belajar semuanya.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 3 yaitu PMBK yang lewat jalur rapot, ada UMPM dan SMB Polban. UMPM itu semacam SBMPTN tapi khusus politeknik. SMB Polban itu seleksi mandiri Polban untuk mahasiswa baru. Rata-rata kuota per angkatan itu 63-66 orang dengan jumlah pendaftar itu 800-1000 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Di Polban itu kita belajar dari awal lagi, tipsnya ya harus mau belajar dan mau berusaha. Kita itu sistemnya kaya sekolah, kita yang diam di kelas, dosennya yang nyamperin kita. Beda sama universitas yang pindah-pindah kelas dan kita yang nyamperin dosen bahkan sampek rebutan sks, sedangkan di Polban itu udah dipaketkant mata kuliahnya sudah ditentukan dari awal sampai nanti lulus. Saya juga dulu IPA gak ada pelajaran akuntansi, tapi karena mau belajar, mau ngikutin sekarang sudah semester terakhir di Polban.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kita itu cakupannya luas karena keuangan dan perbankan, semua bidang itu membutuhkan bagian keuangan, jadi kita bisa masuk ke situ. Kita ada basi perbankan, otomatis bisa kerja di bank tetapi bank Syariah. Alumni ada yang di bank, instansi pemerintahan, di berbagai perusahaan juga ada.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Karena pandemi ini, agak terhambat untuk sidang akhir. Selanjutnya saya ingin S2 di Polban dan mau coba apply di bank.

Kode Konten: Y251

Komen dibawah! 14

  1. Reina

    Ka mau nanya kalo jurusan keuangan syariah bisa kerja di bank biasa bukan syariah?

    • sheilanur

      Hallo, untuk program studi keuangan syariah, prospek pekerjaannya bisa di selain bank syariah, yaitu di perusahaan, instansi pemerinta, dll, termasuk bank konvensional

  2. dinial

    Hallo kak kalo boleh tau dulu rata rata rapot kakak berapa ya? soalnya aku juga pengen linjur dari ipa ngambil ips. Makasii

  3. indah adhianty

    kak aku msh ragu daftar pmbk jalur raport, kira kira nilai rata-rata rapotku 84 ktrima gak ya? dan umpm tuh dipelajari apa saja?

  4. Mhumam

    kak bagaimana kalau saya suka dengan keuangan namun lemah dengan MK seperti matematika……apakah nanti bisa saya memahami matakuliah-matakuliah tsb????

  5. Ihwan Husaeni

    Ka gimana cara daftar nya 😁

  6. Triana Oktariani

    Izin bertanya kak, kira-kira nilai rata-rata raport untuk jalur snmptn / pmdk masuk polban berapa yaa kak?
    Terimakasih kak>_<

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *