Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia

Kewirausahaan UPI (Pasya)

Kewirausahaan UPI (Pasya)

Halo sobat intipers! Aku Pasya Mutia Reflin dari Kewirausahaan UPI angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers.

Secara umum, jurusan Kewirausahaan UPI itu seperti apa?

Kewirausahaan UPI itu mempelajari bagaimana etika seorang pengusaha, mengatur keuangan bisnis, komunikasi bisnis, perilaku bisnis, Jadi bagaimana kita membangun bisnis dari awal sampai bisa berkembang.

Banyak yang bilang lulusan jurusan ini akan jadi guru pendidikan kewirausahaan di sekolah, sebenernya enggak begitu karena kalau mau jadi guru harus ikut PPG. Jadi jurusan ini kewirausahaan mumi bukan pendidikan.

promo-web

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Kewirausahaan UPI?

Sejak SMA emang pengen jadi pengusaha, gak pengen jadi pekerja dan gak pengen kerja pake seragam. Kalau misalnya gak ditakdirkan jadi pengusaha, bisa juga kerja dan karena jurusan ini langka di Indonesia jadi banyak dicari juga sama perusahaan.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah manajemen pemasaran itu jadi project angkatan yang mana kita ditugaskan untuk menjual produk bisnis mereka, mulai dari makanan, fashion, dll. Jadi selain ilmu, kita juga dapet uang. Ada juga bisnis start-up yang tugasnya itu kita presentasi tentang start up yang pas presentasinya itu menyesuaikan dengan start up tersebut.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 3, kewirausahaan teknologi, kewirausahaan sosial dan kewirausahaan pendidikan. Kewirausahaann teknologi itu bisnis berbasis teknologi seperti start up, web developer, dsb. Kewirausahaan sosial itu belajar bisnis dan mengutamakan kebaikan di sekitar lingkungannya, misalnya dengan mempekerjakan disabel, anak yatim. Kewirausahaan pendidikan itu lebih pada membuka bimbel atau sentra fotokopi. Konsentrasi bisa diambil di semester 5 atau 6.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 3 jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN dan SM UPI. Untuk info lebih lanjut di pmb.upi.edu atau Instagram BEM Rema UPI. Peminatnya tahun kemarin kurang lebih 500 orang dan kuota 41 orang untuk SBMPTN. Kuota tiap angkatan berbeda-beda mulai dari 80-100 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Harus bisa menerima kritikan dari orang lain, karena dalam mengembangkan usaha itu butuh masukan dari orang lain. Terus tuntut ilmu dari manapun gak hanya dari dosen.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kebetulan jurusan ini baru dibuka tahun 2018, untuk prospek kerjanya jadi pengusaha, praktisi bisnis perancang bisnis, akademisi, dan masih banyak lagi.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Pengen kuliah anut S2 atau melanjutkan usaha yang sudah saya jalani atau kerja di e-commerce.

Q&A

Kak jurusan ini adanya di UPI kampus Bandung, Tasikmalaya atau ada di dua duanya?Kewirausahaan itu ada 1 di kampus Tasikmalaya, gak ada di kampus Bandung.

Kode Konten: Y254

Komen dibawah! 2

  1. Siva

    Kalo tahun 2020 jalur snmptn peminat kewirausahaan di UPI Tasikmalaya banyak ga ka

  2. Husnul Kh

    Ka, saya InsyaAlloh akan memilih UPI Tsikmalaya ambil jurusan PGSD atau KWU pas di SNMPTN. Sekolah saya akreditasinya B, Belum ada alumni yang lolos SN apakah saya berpeluang?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *