Kimia, Universitas Gadjah Mada

Kimia UGM (Aulia)

Kimia UGM (Aulia)

Halo sobat intipers! Aku Aulia Rahmah Kurnianti dari Kimia UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik

Secara umum, jurusan Kimia UGM seperti apa?

Kimia murni secara garasi belajar mempelajari tentang struktur, susunan, komposisi, sifat, perubahan dan energi yang menyertai perubahan tersebut. Kalau di Kimia UGM itu dari semester awal sampai akhir didominasi dengan ilmu-ilmu kimia, khususnya yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semester 1 dan 2 kita belajar mata kuliah biologi, fisika, kalkulus, pemograman karena itu mata kuliah wajib. Mungkin di universitas lain berbeda ya.

Tentunya belajar kimia di sekolah sama di kampus itu beda. Kalau pas sekolah, kimia yang dipelajari itu bisa dibilang baru permukaannya aja. Sedangkan kalau pas kuliah itu mendetail banget. Contohnya, kemarin waktu ujian ada pertanyaan, kenapa daun berwarna hijau? Pas SMA kita kan jawabnya mungkin karena mengandung klorofil. Kalau di Kimia banyak banget faktor yang bisa menjelaskan kenapa daun warnanya hijau. Jadi enggak sekadar karena ada klorofil.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Kimia UGM?

Kalau dulu itu krang tua pengen aku di teknik, pas SMA itu udah kerasa kalau aku kurang berminat di pelajaran Fisika. Di kelas 3 aku membulatkan tekad, karena aku suka kimia jadi cari jurusan yang kimia juga. Sebenernya gak kepioniran kimia murni, cuma aku minta saran ke guru BK. Akhirnya disarankan ada beberapa pilihan itu farmasi dan kimia. Aku juga searching kira-kira lebih cocok yang mana. Kalau di kimia itu lebih luas dan farmasi itu lebih ke organik yang aku kurang suka, jadi aku ambil di Kimia murni.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Kimia UGM?

Kalau praktikum ada dari semester 1-6. Semester 1 – 2 kita praktikum kimia dasar. Semester 3 dan 4 itu ada 3 praktikum, kimia analitik, kimia organik dan kimia fisik. Nah, di semester 5 dan 6 ada 2 praktikum, kimia analitik dan anorganik, sama praktikum kimia anorganik sama organik. Sebenernya lingkupnya itu kimia dasar, kimia, fisik, kimia organik sama kimia analitik, cuma dibagi-bagi aja. Praktik kerja lapangan juga ada, bisa diambil di semester 5 atau 6 asal sudah memenuhi lebih dari 80 sks.

schooters

Mata kuliah yang menarik itu di semester ini ada mata kuliah Elusidasi Struktur Senyawa Organik. Nah dari mata kuliah itu dari gambar garis yang ada di kertas kita bisa menganalisis struktur senyawa yang ada di garis-garis itu. Spesialisasinya anak kimia kata dosen aku itu kita bisa mensintesisi, menganalisis dan memodifikasi suatu senyawa atau molekul menggunakan instrumen-instrumen yang belum tentu didapatkan di jurusan lain.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Peminatan bisa diambil di semester 3, ada 5. Kimia lingkungan, material, hayati, industri sama komputasi. Kalau lingkungan lebih fokus ke pengenalan bahan kimia beracun (B3), gimana pengelolaannya, menganalisis polutan di lingkungan. Kimia material itu lebih kepada nano material, kaya komposit, polymere. Lalu ada kimia industri itu, nah buat cewe-cewe yang penasaran sama kosmetik-kosmetik yang kalian pake karena ini masuk ke lingkup kimia industri. Kimia komputasi itu bisa buat merancang obat. Terakhir, kimia hayati itu kimia pangan jadi nanti dia fokusnya ke biokimia, kimia organik hasil alam kaya essential oil.

Kalau misalnya di semester 3 kita ambil peminatan lingkungan, apa harus nanti skripsinya mencakup kimia lingkungan juga? Itu belum tentu karena selama dari semester 3-6 itu kan banyak yang dipelajari jadi kita bisa mencampur berbagai topik, dan karena kimia itu luas lingkupnya cuma ketika dispesifikkan itu harapannya kita jadi punya gambaran untuk tugas akhir. Gak harus sama sih sebenernya karena topik itu bisa diajukan oleh kita atau dosen, hanya memang harapannya itu memang bisa sama.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

UGM sama aja ya untuk jalur masuknya seperti yang lain ada SNMPTN, SBMPTN sama jalur mandiri itu UTUL dan PBU. SNMPTN itu kuotanya sekitar 35-40 orang, SBMPTN sekitar 49 orang. PBU atau penelusuran bibit unggul bisa untuk temen-temen yang punya prestasi di bidang akademik dan nun akademik. Info lebih lanjut bisa cek um.ugm.ac.id

Beda untuk jurusan kimia itu ada jalur internasional namanya International Undergraduate Program. Untuk kelas IUP biasanya pendaftaran dibuka di bulan Januari untuk gelombang I,  gelombang II Maret-April dan gelombang III di Mei-Juni. Kalian perlu sertifikat TOEFL, GMST itu Gadjah Mada Scholastic Test yang merupakan tes skolastik yang dibuat UGM dan berbahasa Inggris. Ada juga tes english proficiency dan interview. Info lanjut bisa cek di chemistry.ugm.ac.id/IUP.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Buat maba, jujur struggle banget karena ekspektasinya kimia itu kan kaya pas di SMA. Terus ada juga kan mata kiah Fisika, Kalkulus gitu kan. Makanya kalau kurang paham sama materinya kalian bisa tanya temen atau cari sumber belajar lain kaya Youtube.

Kalau bisa, kalau ada tugas itu dikerjain mandiri. Biasanya tugas yang  dikasih dosen itu nyicil materi yang akan dipelajari gitu. Jadi meskipun gak belajar, tapi ngerjain tugas secara mandiri at least udah nyicil 50% buat belajar. Kalau kesulitan boleh nanya caranya ke temen.

Misalnya kalian bingung sama materi, karena ada dosen yang ngejelasin secara detail, ada yang cuma ngejelasin poin-poinnya aja dan kita harus belajar sendiri. Kalau harus belajar sendiri terus kurang paham sama ebook bahasa inggris, kalian bisa searching di youtube karena semua materi ada kok. Aku sudah membuktikan karena akupun begitu. Kalau masih kurang paham bisa diskusi sama temen yang lebih paham atau kakak tingkat. Jadi jangan berputus asa ya apalagi kalau menyia-nyiakan 3 sks dan harus ngulang itu nanti IPKnya bisa anjlok.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kita bisa jadi peneliti di LIPI, quality control atau quality assurance di suatu perusahaan karena kita ada mata kuliah jaminan mutu dalam industri. Sebagai Research and Development gitu. Banyak juga yang ngira kita sama kaya teknik kimia, padahal itu enggak. Kalau anak teknik biasanya lebih merancang proses di bagian sistemnya kaya mesin-mesinnya. Nah akhirnya anak kimia memastikan produk yang dihasilkan kualitasnya itu selalu baik dan bisa mengembangkan produk. Bisa juga kerja di BPOM atau dinas lingkungan hidup.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Pengennya lanjut S2 dulu tapi lihat kondisinya atas berbagai pertimbangan mungkin bisa kerja dulu.

Q&A

  1. Lulusan kimia itu banyak diserap di bidang industri apa?

Industri itu kan banyak ya, kebanyakan di industri pangan karena kalau pangan itu bisa berkaitan dengan organik dan biokimia. Tapi tergantung nanti di posisi apa.

  1. Kesulitan selama jadi mahasiswa kimia UGM?

Lebih kepada beradaptasi, karena bayangannya kimia semenyenangkan belajar pas di SMA. Ternyata enggak, memang ada yang mirip tapi banyak yang dikembangkan. Ketika ketemu banyak praktikum juga belajar ngatur waktu. Terus juga ketemu dosen yang beraneka ragam cara ngajarnya. Gak semua dosen itu tipe ngajarnya kaya SMA yang semua yang dipelajari itu yang diujikan, kadang ada juga yang dosen yang ngajarnya A tapi pas ujian yang keluar itu soalnya beda. Kesulitannya adalah lebih kreatif gimana bisa belajar efektif. Tapi lama kelamaan nanti bakal terbiasa kok.

Kode konten: C179

Komen dibawah! 3

  1. heningratrialyadija

    Halo kak, nama aku Hening Ratri Alya Dija, bisa dipanggil Dija. Apa saja yang harus dipersiapkan ya kak untuk bisa masuk jurusan kimia? Saya pengen masuk kimia tp kadang masih goyah kak, mungkin bisa disharing juga pengalamannya kak. Terimakasih

  2. Annisa Taufiqah

    kakk sebenernya aku bukan yg bakat2 bgt di kimia, tp aku lumayan tertarik sm jurusan kimia. kira2 gimana ya kak, takutnya kalo udh terlanjur masuk nnt malah ga ngerti apa2:((
    kira2 kriteria orang yg cocok masuk jurusan kimia tu gimana ya kak pas SMA nya?

  3. Santi Dwi Kristiani

    kakk sebenernya aku bukan yg bakat-bakat bgt di kimia, tp aku lumayan tertarik sm jurusan kimia murni.Dan mnrtku aku agak kesusahan saat bikin laporan praktiktikum. kira kira gimana ya kak, takutnya kalo udh terlanjur masuk nnt malah ga ngerti apa2:((
    kira2 kriteria orang yg cocok masuk jurusan kimia murni tu gimana ya kak pas SMA nya?
    Makasih kak

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *